Mana yang Paling Ampuh Hilangkan Bulu, Teknik Laser Atau Elektrolisis?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Teknik laser dan elektrolisis adalah dua dari beberapa teknik menghilangkan bulu yang cukup populer. Pasalnya, kedua teknik tersebut bisa membuat bulu lebih lama tumbuh dengan cara menargetkan hancurnya folikel rambut yang berada di bawah permukaan kulit.

Menurut American Society for Dermatologic Surgery, semakin banyak orang yang menggunakan teknik laser sebagai salah satu metode menghilangkan bulu. Meskipun demikian, elektrolisis juga semakin populer di beberapa kalangan, walaupun caranya berbeda dengan teknik laser. Kira-kira, mana cara yang paling baik dan aman untuk menghilangkan bulu? Teknik laser atau elektrolisis?

Bagaimana cara menghilangkan bulu menggunakan teknik laser?

Cara menghilangkan bulu yang satu ini menggunakan sinar laser yang berfungsi untuk memotong dan menghentikan pertumbuhan batang rambut pada bulu di kulit. Biasanya laser digunakan untuk menghilangkan bulu bagian punggung, dada, perut, dan di bagian kaki.

Metode laser juga tidak mematikan folikel-folikel rambut pada kulit. Jadi secara teknis rambut masih bisa tumbuh di tempatnya, tapi mungkin agak sulit dan membutuhkan waktu lama untuk tumbuh kembali. Biasanya metode laser ini berlangsung sekitar 30-45 menit dan harus dilakukan oleh ahlinya. Akan tetapi, cara ini tidak permanen. Anda perlu melakukannya beberapa teknik laser jangka panjang berulang untuk hasil yang permanen.

Apa keuntungan melakukan teknik laser untuk menghilangkan  bulu?

Salah satu keuntungan melakukan teknik laser untuk mencukur bulu-bulu adalah bulu yang nantinya akan tumbuh tidak akan terlalu kasar dan tebal, akan menjadi sedikit halus. Cara menggunakan laser ini cenderung bekerja paling baik jika Anda memiliki kulit yang bagus dan warna rambut hitam.

Efek samping dan risiko perawatan laser

Teknik menggunakan sinar laser ini juga menimbulkan efek samping yang cukup berat, antara lain seperti iritasi, kemerahan, gatal, dan bakar luka bakar. Perlu diperhatikan juga, kalau sehabis melakukan laser, Anda wajib menutupi bagian tubuh yang dilaser dari terpaan sinar matahari langsung. Karena sesaat setelah laser, kulit akan menjadi lebih sensitif dan rentan menimbulkan masalah.   

Bagaimana dengan metode elektrolisis?

Cara menghilangkan bulu yang satu ini terbilang cukup menyakitkan dan mahal harganya. Elektrolisis adalah sebuah metode menghilangkan bulu dengan cara menusukkan jarum pada sel-sel di belakang sel kulit, yang bertugas untuk mematikan pertumbuhan bulu secara permanen dengan proses aliran listrik kecil.

Sekejap bulu rambut tak akan tumbuh lagi di tubuh Anda. Setelahnya, beberapa jarum akan ditusukkan lagi ke dalam kulit Anda, dan rasanya mungkin agak menyakitkan.

Apa keuntungan melakukan elektrolisis?

menghilangkan bulu dengan melakukan elektrolisis disebut-sebut bisa bersifat permanen. Hal ini disebabkan karena proses pengerjaannya yang bersifat merusak folikel rambut. Secara teori, folikel rambut yang rusak menandakan bahwa rambut tidak bisa tumbuh. Hasil permanen bisa tercapai dalam beberapa sesi perawatan tiap 1 hingga 2 minggu. Begitu rambutnya hilang, Anda tidak memerlukan perawatan elektrolisis lagi.

Efek samping dan risiko perawatan elektrolisis

Efek samping metode ini tidak terlalu berat, cenderung ringan karena bisa hilang rasa sakitnya dalam sehari.

Gejala yang paling umum adalah sedikit kemerahan akibat iritasi kulit. Sedangkan bagi beberapa orang, rasa nyeri nyeri dan bengkak jarang terjadi. Lalu, kemungkinan efek samping yang paling parah bisa disebabkan oleh infeksi dari jarum suntik yang tidak steril yang digunakan selama prosedur berlangsung, serta adanya bekas luka tusukan jarum.

Jadi metode mana yang paling baik?

Jika dibandingkan, antara elektrolisis dan teknik laser cukup menguntungkan karena bisa lebih awet menghilangkan bulu daripada mencukur biasa. Namun, setelah ditimbang-timbang, elektrolisis lebih sedikit menimbulkan efek samping dan bekerja baik dalam menghilangkan bulu secara permanen, meskipun Anda harus melakukannya berulang-ulang kali. Akan tetapi, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi kepada dokter dan pakar kecantikan terlebih dulu mengenai perawatan apa pun yang Anda lakukan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Bagi korban KDRT, meninggalkan pasangan yang abusive tak semudah itu. Ini dia alasan korban KDRT bertahan meski hubungannya sarat kekerasan dan kekejaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Perceraian memang bukan sesuatu yang tabu. Tapi keutuhan rumah tangga adalah cita-cita banyak orang. Bagaimana cara menghindari perceraian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Psikologi, Seks & Asmara 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Meski tampaknya selalu bersemangat soal urusan di ranjang, ada banyak juga masalah seks yang dapat mengganggu pria. Yuk, ketahui apa saja!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Meski sedang hamil, ibu tetap direpotkan untuk melakukan pekerjaan rumah. Namun, apakah semua pekerjaan rumah tangga saat hamil aman untuk dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Penyebab sakit pinggang

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
makanan pedas atasi migrain

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
arti warna dahak

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit