4 Resep Alami untuk Mencerahkan Warna Kulit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 April 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak cara mencerahkan kulit. Yang paling utaman adalah tentu dengan menggunakan tabir surya untuk menghindari paparan sinar matahari terlalu sering. Radiasi UVA dan UVB memicu produksi zat melanin lebih banyak, yang akan menggelapkan warna kulit Anda. Mengenakan topi dan baju berlengan panjang serta kacamata hitam disarankan saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Namun, adakah cara mencerahkan dan memutihkan kulit lewat ramuan bahan alami?

Cara mencerahkan kulit di rumah dengan bahan alami

Berikut adalah bahan-bahan alami yang aman untuk Anda coba. Namun sayangnya efektivitasnya belum teruji. Pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan-bahan tersebut sebelum Anda mencobanya.

1. Yogurt

Yogurt memiliki banyak nutrisi baik untuk kulit. Salah satunya adalah asam laktat yang memiliki sifat mencerahkan.

Caranya, gosokkan secara lembut yogurt tanpa rasa pada kulit Anda. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan sehari sekali selama beberapa minggu untuk melihat terjadinya perubahan pada kulit.

Alternatif lain, campurkan satu sendok makan yogurt segar dengan setengah sendok makan madu. Oleskan bahan tersebut pada wajah dan leher. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bersihkan dengan air. Lakukan ini setiap hari untuk meningkatkan warna kulit Anda.

Perawatan yogurt cocok untuk semua jenis kulit.

2. Madu

Madu bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mencerahkan kulit. Madu juga bertindak sebagai pelembap. Kulit kering umumnya adalah salah satu faktor yang berkontribusi pada ketidakmerataan warna kulit. Madu  memiliki sifat antibakteri yang bisa membantu menyamarkan tanda penuaan dan luka bekas jerawat.

Sebagai cara mencerahkan warna kulit, oleskan madu murni pada wajah, biarkan selama beberapa menit dan kemudian cuci dengan air hangat. Perawatan sederhana ini akan membantu menghilangkan sel kulit mati, membuat kulit tampak lebih cerah dan segar dari sebelumnya. Lakukan ini setiap hari secara rutin sebelum tidur.

3. Lemon

Sifat asam pada lemon bekerja sebagai pencerah alami untuk kulit dan tinggi akan vitamin C yang membantu pertumbuhan sel baru. Lemon juga merupakan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.

Untuk cara mencerahkan kulit, celupkan kapas pada cairan lemon yang baru diperas dan oleskan langsung pada wajah Anda. Anda bisa menggosok potongan lemon langsung pada bagian yang terinfeksi dan biarkan cairan tersebut terserap ke dalam kulit. Diamkan setidaknya satu jam kemudian  bersihkan wajah dengan air. Lakukan ini sehari sekali. Perawatan sederhana ini akan mencerahkan warna kulit Anda dan juga bisa mencegah perkembangan luka pada wajah.

4. Timun

Timun adalah salah satu satu bahan alami yang mampu mengikat kolagen dan memastikan bahwa kulit Anda kencang serta kenyal. Kulit kenyal dan kencang sering memiliki warna kulit rata dan cerah. Timun juga memiliki efek dingin pada kulit Anda. Sangat cocok untuk semua jenis kulit.

Untuk membuat warna kulit jadi lebih cerah, letakkan irisan mentimun langsung pada bagian kulit yang gelap. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas kulit Anda dengan air hangat. Lakukan dua kali sehari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Fototerapi, Terapi Cahaya untuk Penyakit Kulit dengan Sinar UV

Pengobatan penyakit kulit dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan fototerapi atau terapi cahaya. Apa itu?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Kesehatan Kulit 9 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Ragam Penyebab Eksim Beserta Faktor Pemicu Kekambuhannya

Eksim membuat kulit memerah, kasar, pecah-pecah, terasa amat gatal, dan sangat kering. Apa sebenarnya penyebab eksim alias dermatitis atopik?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan Kulit, Dermatitis 8 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit

Ciri Kulit Sensitif dan 8 Cara Jitu Mengatasinya

Ciri kulit sensitif termasuk ruam kemerahan dan gatal-gatal setelah memakai produk perawatan kulit atau produk wewangian. Bagaimana cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Kecantikan 7 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat ampas teh bagi kecantikan

7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
komplikasi dermatitis

Berbagai Komplikasi yang Mungkin Muncul Akibat Penyakit Dermatitis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
dermatitis numularis

Dermatitis Numularis (Eksim Diskoid)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 13 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
dermatitis atopik eksim

Dermatitis Atopik (Eksim)

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 9 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit