5 Cara Aman untuk Menghilangkan Bulu Kaki

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bulu-bulu di kaki yang sedikit lebat dan tumbuh panjang memang bisa mengganggu penampilan seseorang. Tidak jarang wanita dan pria banyak menggunakan berbagai cara menghilangkan bulu kaki.  Semakin banyak pilihan dan cara yang tersedia, beragam pula hasil yang ditawarkan. Apa saja cara untuk menghilangkan bulu kaki yang aman dan tidak berbahaya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

5 Cara menghilangkan bulu kaki

1. Teknik laser

Cara menghilangkan bulu yang satu ini menggunakan sinar laser yang berfungsi untuk memotong dan menghentikan pertumbuhan batang rambut pada bulu di kulit. Biasanya laser digunakan untuk menghilangkan bulu bagian punggung, dada, perut, dan bahkan di bagian kaki.

Metode laser juga tidak mematikan folikel-folikel rambut pada kulit. Jadi secara teknis rambut masih bisa tumbuh di tempatnya, tapi mungkin agak sulit dan membutuhkan waktu lama untuk tumbuh kembali. Biasanya metode laser ini berlangsung sekitar 30-45 menit waktu perawatan dan harus dilakukan oleh ahli.

2. Waxing

Waxing adalah cara menghilangkan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut dari akarnya. Rambut yang telah di-waxing  tidak akan tumbuh kembali hingga 1 sampai 2 bulan. Jika waxing dilakukan secara rutin, akan ada kemungkinan rambut menghilang secara permanen

Pada umumnya waxing dipraktikkan hanya dengan mengoleskan campuran lilin di atas kulit. Kemudian menempelkan handuk atau kain kassa di atasnya, ditekan-tekan, lalu ditarik dengan seketika sesuai arah tumbuhnya rambut. Namun, ada juga waxing yang tidak menggunakan teknik seperti di atas. Dalam kasus tertentu, khususnya bagi yang memiliki warna kulit sensitif, waxing dilakukan tanpa menggunakan alat bantu seperti handuk atau kain, dan harus dilakukan oleh ahli atau dokter kulit.

3. Elektrolisis

Cara menghilangkan bulu yang satu ini terbilang cukup menyakitkan dan mahal harganya. Electrolysis adalah sebuah metode menghilangkan bulu dengan cara menusukkan jarum pada sel-sel di belakang sel kulit, yang bertugas untuk mematikan pertumbuhan bulu secara permanen dengan proses aliran listrik kecil. Sekejap bulu rambut tak akan tumbuh lagi di tubuh Anda. Setelahnya, beberapa jarum akan ditusukkan lagi ke dalam kulit Anda, dan rasanya mungkin agak menyakitkan.

4. Bercukur

Dengan alat cukur listrik atau manual, bulu dapat dihilangkan selama beberapa waktu. Cara ini cukup efektif dan murah, namun tentunya Anda harus rutin melakukannya karena bulu akan selalu tumbuh. Pastikan Anda memilih dan membeli alat cukur yang aman dan tidak berkarat di pasaran. Jangan lupa juga aplikasikan pelembab atau gel lidah buaya setelah mencukur guna menghindari kulit terasa gatal, panas dan kering sesudahnya.

5. Pakai krim penghilang bulu

Anda bisa menggunakan krim berbahan kimia sebagai salah satu cara menghilangkan bulu kaki. Krim ini mengandung semacam zat kimia yang mencegah pertumbuhan bulu atau rambut. Walau tergolong murah dan mudah cara penggunaannya, setidaknya cara ini harus dilakukan tiap minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Menggunakan krim penghilang bulu juga bisa berdampak serta menyebabkan reaksi iritiasi tertentu pada kulit.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ciri-ciri Infeksi Jamur di Mulut Anda

Infeksi jamur di mulut biasa disebut juga oral thrush atau kandidiasis. Simak penyebab, tanda dan gejala, serta cara pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 30 November 2020 . Waktu baca 9 menit

Menjaga Tekanan Bola Mata Sebagai Langkah Pencegahan Glaukoma

Tekanan bola mata tinggi adalah penyebab penyakit glaukoma Apa saja langkah pencegahan tekanan bola mata tinggi agar tak kena glaukoma?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Mata, Glaukoma 30 November 2020 . Waktu baca 6 menit

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

Meski bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak, garam sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh manusia. Apa saja manfaat garam bagi kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Kalau menyangkut kesehatan kulit dan rambut, vitamin E selalu jadi idola. Padahal vitamin B untuk kecantikan tak kalah pentingnya. Untuk apa?

Ditulis oleh: Tiara Putri
Hidup Sehat, Kecantikan 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

krim perontok bulu

Menggunakan Krim untuk Menghilangkan Bulu, Amankah?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
tekanan darah normal berdasarkan usiaasarkan usia

Apa Perbedaan Tekanan Darah di Pagi, Siang, dan Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
fakta sarapan bubur ayam

5 Fakta Menarik Seputar Sarapan Bubur Ayam

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 1 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
mood swing saat menstruasi

Tips Mengendalikan Mood Swing Saat PMS

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Elita Mulyadi
Dipublikasikan tanggal: 30 November 2020 . Waktu baca 4 menit