Tantangan Olahraga 30 Hari, Apa Pasti Bikin Tubuh Jadi Ideal?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18 Juli 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

    Saat ini tantangan olahraga 30 hari sedang digandrungi. Kebanyakan dari mereka menginginkan bentuk tubuh ideal serta berat badan yang normal. Sebenarnya, apa saja yang harus dilakukan saat melakukan tantangan olahraga 30 hari ini? Apakah benar-benar efektif membuat tubuh jadi bugar dan bentuk badan ideal?

    Apa itu tantangan olahraga 30 hari?

    Tantangan olahraga 30 hari adalah tantangan yang dilakukan untuk mencapai satu target tertentu. Tantangan ini dilakukan secara konsisten selama 30 hari kedepan, diulang-ulang, dan terus menerus hingga kemampuan tertentu yang Anda inginkan bisa terwujud dan menjadi kebiasaan.

    Contohnya, gerakan plank yang bisa Anda jadikan tantangan selama 30 hari. Di mulai pada hari pertama mungkin tantangan yang dilakukan melakukan selama plank 10 detik saja. Selanjutnya di hari-hari berikutnya plank dilakukan dengan durasi yang semakin lama. Hingga akhirnya di hari ke-30 Anda bisa melakukan plank dengan durasi yang paling lama hingga 3 menit.

    Pada intinya, tantangan ini dilakukan untuk membuat perubahan yang lebih baik, dari yang tidak bisa jadi bisa. Dari yang bisa hanya sedikit jadi lebih banyak.

    Ada banyak aktivitas yang bisa Anda jadikan tantangan dalam melakukan tantangan olahraga 30 hari. Yang paling sering adalah tantangan untuk aktif berolahraga atau tantangan bisa menguasai salah satu gerakan. Contohnya seperti:

    • Tantangan yoga 30 hari
    • Tantangan pilates 30 hari dengan pilates
    • Tantangan squat 30 hari
    • Tantangan plank 30 hari

    Kenapa harus 30 hari?

    kardio tanpa alat

    Dilansir dalam laman Verywell Mind, beberapa penelitian telah dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya seseorang itu bisa berubah dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengubahnya.

    Sebuah studi akhirnya menemukan bahwa kebiasaan baru membutuhkan waktu selama 2 minggu hingga 2 bulan agar bisa terpatri dalam otak. Artinya, jika sebuah tantangan baru Anda masukan ke dalam hidup Anda selama waktu tersebut dan dilakukan secara teratur, Anda bisa terbiasa dengan tantangan tersebut dan tidak terasa berat untuk melakukannya lagi dan lagi.

    Maka itu, tantangan ini dilakukan untuk selama kurang lebih durasi 30 hari. Daripada harus berubah secara drastis, melakukan tantangan selama 30 hari perlahan-lahan justru membuat perubahan yang dilakukan semakin pasti.

    Apa tantangan ini pasti berhasil dan akan bermanfaat?

    menurunkan berat badan

    Berhasil atau tidaknya tantangan ini tergantung dari niat saat melakukan tantangan ini. Semua keberhasilan kembali pada keyakinan diri masing-masing orang.

    Jika dilakukan dengan rutin, tantangan ini bisa berhasil memberikan perubahan. Gerakan yang dilakukan dengan benar selama 30 hari,  akan memaksimalkan kemampuan otot untuk beradaptasi dan berubah. Alhasil, latihan terus menerus ini akan menghasilkan perubahan, misalnya jadi lebih banyak otot, lebih sedikit lemak, kaki lebih kuat, dan lain-lain.

    Manfaat pertama dari tantangan 30 hari ini adalah ini bisa jadi dorongan paling besar untuk memulai suatu perubahan. Tantangan ini memberikan Anda kesempatan agar bisa melawan rasa inersia (kecenderungan untuk sulit berubah) Anda dengan melakukan hal dari yang paling mudah dan diulang-ulang.

    Tantangan konsisten yang dilakukan ini juga kan memudahkan Anda untuk mengukur perubahan yang telah terjadi. Ini bisa jadi motivasi untuk terus melanjutkan kebiasaan baru dalam jangka panjang.

    Jika Anda melakukan tantangan olahraga 30 hari ini bersama teman, juga akan memberikan lebih banyak manfaat. Sebab, Anda akan memiliki teman yang bertujuan sama dalam 30 hari. Situasi ini akan membuat Anda lebih bersemangat untuk terus bergerak agar tidak tertinggal dan bisa mencapai tujuan.

    Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Hati-hati Serangan Jantung Saat Bersepeda Terutama untuk Pemula

    Bersepeda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi sebaiknya lebih berhati-hati karena bersepeda berlebihan bisa berisiko terkena serangan jantung.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Kebugaran, Hidup Sehat 24 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

    10 Jenis Cedera Olahraga yang Paling Sering Terjadi

    Saat berolahraga, tubuh Anda akan bergerak dan beraktivitas lebih intens dari biasanya sehingga Anda rawan mengalami 10 cedera olahraga berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kebugaran, Hidup Sehat 11 Juni 2020 . Waktu baca 8 menit

    Tidak Hanya Wanita, Inilah 7 Manfaat Yoga untuk Pria

    Siapa bilang yoga hanya untuk wanita? Banyak gerakan yoga yang bisa membantu pria membentuk otot idaman. Inilah manfaat yoga untuk pria.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Yoga & Pilates, Kebugaran, Hidup Sehat 10 Juni 2020 . Waktu baca 7 menit

    Manfaat Rutin Melakukan Yoga Bridge Pose pada Fisik dan Mental

    Bridge pose menjadi salah satu pose yoga yang memiliki banyak manfaat. Ragam manfaat tersebut mulai dari kesehatan fisik hingga menjaga kesehatan mental.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Yoga & Pilates, Kebugaran, Hidup Sehat 6 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    gerakan senam otak

    3 Gerakan Dasar Senam Otak untuk Tingkatkan Fokus dan Kreativitas

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    kebugaran jantung

    Cara Mudah Ukur Kebugaran Jantung dan Paru, Tak Perlu Periksa ke Rumah Sakit

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
    Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
    memaksa anak olahraga

    Memaksa Anak Jago Olahraga

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 9 September 2020 . Waktu baca 5 menit
    makanan sehat untuk orang sibuk

    13 Tips Makan Sehat untuk Orang yang Super Sibuk

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 22 Juli 2020 . Waktu baca 12 menit