Jus Buah Bit, Obat Impotensi Alami yang Lebih Aman dari Viagra

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Buah bit sering dijadikan sebagai bahan pewarna sekaligus pengental untuk jus dan smoothies. Umbi berwarna ungu kemerahan ini mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah sebagai obat impotensi alami, yang tentunya menarik bagi kebanyakan pria.

Jus buah bit, obat impotensi alami yang sayang untuk dilewatkan

Impotensi alias disfungsi ereksi terjadi ketika penis tidak mendapatkan cukup aliran darah segar untuk membuatnya “berdiri” atau mempertahankan ereksi cukup lama. Impotensi umumnya disebabkan oleh penyakit yang menghambat sirkulasi darah seperti diabetes dan hipertensi, atau kondisi kesehatan tertentu yang menghambat kerja saraf otak untuk menciptakan gairah seperti depresi.

Buah bit mengandung nitrat  tinggi yag akan diubah menjadi oksida nitrat di dalam tubuh. Oksida nitrat ini kemudian akan dialirkan ke dinding pembuluh darah dalam penis untuk mengaktifkan enzim yang disebut siklik guanosin monofosfat (cGMP). Enzim cGMP menginstruksikan otot-otot halus penis untuk rileks agar aliran darah segar bisa mengalir bebas dan menciptakan ereksi. Semakin banyak jumlah cGMP, maka semakin deras aliran darah menuju penis. Semakin deras aliran darah ke penis, semakin cepat ereksi berkembang dan tahan lama.

Ingat bahwa salah satu penyebab impotensi yang paling umum adalah hipertensi, yang bisa merusak pembuluh darah sehingga menganggu aliran darah menuju penis? Nah, dilansir dari laman Healthline, sebuah studi tahun 2014 melaporkan bahwa minum satu cangkir jus buah bit setiap hari mampu melancarkan tekanan darah yang sama manjurnya seperti minum obat penurun tekanan darah.

Selain itu, penelitian dari Universitas Exter di Inggris menyatakan bahwa minum jus bit bisa meningkatkan stamina tubuh karena kandungan nitratnya mengurangi pembakaran oksigen selama Anda beraktivitas fisik. Sederhananya, minum jus buah bit membuat Anda tidak mudah loyo saat seks, yang notabene butuh dan membakar banyak energi.

Meski begitu, sejauh ini bukti-bukti medis yang ada belum cukup kuat untuk mendukung keamanan jus buah bit untuk dipakai sebagai obat impotensi alami.

Kebanyakan minum jus buah bit bisa bikin batu ginjal

Sebelum menggunakan buah bit sebagai obat impotensi alami, sebaiknya diskusikan dulu dengan dokter. Pasalnya, tidak semua orang dapat bebas menikmati jus bit tanpa efek samping. Kebanyakan minum jus buah bit bisa menyebabkan urin Anda jadi berwarna merah gelap, sebuah kondisi yang disebut bituria. Bituria adalah efek samping jus buah bit yang paling umum. Namun Anda tak perlu khawatir, karena kondisi ini tidak berbahaya dan akan segera hilang setelah Anda berhenti mengonsumsi buah bit.

Risiko efek samping yang perlu lebih Anda waspadai adalah pembentukan batu ginjal. Buah bit mengandung tinggi kalsium oksalat yang akan mengikat kalsium dan kemudian membentuk batu-batu kecil dalam ginjal.

Buah bit juga memiliki kadar gula yang cukup tinggi, maka orang yang memiliki diabetes dianjurkan untuk lebih bijak lagi mengatur porsinya. Pasalnya, saat buah bit diolah menjadi jus, sebagian besar kandungan seratnya hilang sehingga dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Pada intinya, sah-sah saja jika Anda ingin minum jus bit guna mengobati impotensi. Namun ingat bahwa buah bit bukanlah satu-satunya cara untuk mengatasi masalah seksual ini. Anda tetap perlu berobat ke dokter untuk mengobati kondisi penyebabnya serta menjalani gaya hidup sehat dan aktf berolahraga agar senantiasa tahan lama di atas ranjang.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Bagi korban KDRT, meninggalkan pasangan yang abusive tak semudah itu. Ini dia alasan korban KDRT bertahan meski hubungannya sarat kekerasan dan kekejaman.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Psikologi 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Rahasia Menghindari Perceraian dalam Rumah Tangga

Perceraian memang bukan sesuatu yang tabu. Tapi keutuhan rumah tangga adalah cita-cita banyak orang. Bagaimana cara menghindari perceraian?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Psikologi, Seks & Asmara 22 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Masalah Seks yang Paling Mengganggu Pria (Plus Cara Mengatasinya)

Meski tampaknya selalu bersemangat soal urusan di ranjang, ada banyak juga masalah seks yang dapat mengganggu pria. Yuk, ketahui apa saja!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Seks & Asmara 21 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Pekerjaan Rumah Tangga Ini Dilarang Bagi Ibu Hamil

Meski sedang hamil, ibu tetap direpotkan untuk melakukan pekerjaan rumah. Namun, apakah semua pekerjaan rumah tangga saat hamil aman untuk dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 21 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

proses inflamasi

Proses Inflamasi Ternyata Penting Bagi Tubuh, Begini Mekanismenya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Penyebab sakit pinggang

Cari Tahu Gejala, Penyebab dan Pengobatan untuk Sakit Pinggang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
makanan pedas atasi migrain

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
arti warna dahak

Warna Dahak Merah, Hijau, Atau Hitam? Cari Tahu Artinya di Sini

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 26 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit