Apakah Benzyl Alcohol Aman Digunakan dalam Produk Kesehatan Gigi dan Mulut?

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Benzyl alcohol dapat ditemukan pada produk-produk yang digunakan sehari-hari. Salah satunya adalah dalam pasta gigi. Mencari tahu bahan-bahan yang terkandung dalam sebuah produk yang tertera pada label kemasan merupakan sebuah keharusan.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Oral Health Foundation menemukan bahwa hanya seperempat dari konsumen produk kesehatan gigi dan mulut yang mengerti bahan-bahan yang terkandung dalam sebuah produk. Survei yang sama juga menunjukan, hampir 3 dari 4 orang tidak selalu percaya klaim yang dilakukan produk kesehatan oral.

Namun bisa dibilang wajar, karena ketika kita melihat daftar bahan-bahan yang terkandung pada pasta gigi atau obat kumur, terdapat berbagai nama-nama ilmiah yang membingungkan. Bahkan terkadang kandungan air dalam produk akan dituliskan sebagai “aqua” sehingga sebagian orang sering bertanya-tanya.

Untuk itu, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai benzyl alcohol yang perlu Anda ketahui.

Apa itu benzyl alcohol?

Benzyl alcohol adalah cairan tanpa warna atau bening sama seperti alkohol pada umumnya, tetapi memiliki fungsi dan aplikasi yang berbeda. Jenis alkohol ini termasuk senyawa organik, memiliki aroma berbeda dengan alkohol biasa yang menyengat dan digunakan dalam berbagai formulasi kosmetik sebagai komponen pewangi. Pada pasta gigi, cairan ini berperan sebagai pelarut dan pengawet.

Penggunaan senyawa ini sebagian besar digunakan di bidang medis. Selain pasta gigi, benzyl alkohol terdapat pada obat antijamur dan antiradang. Zat ini bersifat mengawetkan sehingga digunakan juga sebagai pengawet umum dalam berbagai jenis obat yang disuntikkan (injectable drugs).

Jika Anda berpikiran bahwa benzyl alcohol sama dengan alkohol seperti yang terkandung pada minuman, Anda keliru. Jenis dan penggunaan benzyl alcohol dengan alkohol biasa jauh berbeda.

Alkohol pada minuman yang Anda ketahui adalah berjenis etanol. Jenis alkohol ini diperoleh dari hasil fermentasi ragi, gula, dan pati, sedangkan benzyl alcohol secara alami terdapat pada beberapa jenis tanaman dan buah tanpa perlu melewati proses fermentasi sama sekali.

Apakah aman digunakan pada mulut?

Benzyl alcohol merupakan unsur alami dan ditemukan di beberapa tanaman. Misalnya pada sebagian jenis buah yang dapat dikonsumsi, senyawa ini dapat ditemukan hingga 5 mg/kg. Lalu pada teh hijau sebanyak 1-30 mg/kg dan teh hitam sebanyak 1-15 mg/kg.

Ditambah lagi, senyawa ini juga digunakan sebagai zat penambah rasa pada beberapa makanan dan minuman pada jumlah yang mencapai 400 mg/kg. Contohnya seperti digunakan pada permen karet yang menyentuh angka hingga 1254 mg/kg.

Benzyl alcohol dimetabolisme menjadi asam benzoat dan diekskresi atau dibuang sebagai asam hippuric pada urin oleh tubuh manusia. Asupan harian yang ditetapkan WHO (World Health Organization) untuk benzyl alcohol adalah sebesar 5 mg/kg. Apabila pasta gigi atau produk kesehatan gigi lainnya mengandung bahan ini, tetapi berada di bawah angka yang dianjurkan, berarti masih aman untuk digunakan.

Jika kembali dibandingkan dengan etanol (jenis alkohol pada minuman), seperti yang sudah dijelaskan, benzyl alcohol memiliki fungsi dan proses yang berbeda saat dicerna oleh tubuh. Hal ini membuktikan bahwa benzyl alcohol merupakan jenis alkohol yang berbeda dengan alkohol biasa.

Kesimpulan

Perubahan benzyl alcohol menjadi asam benzoat yang terjadi karena metabolisme manusia sudah diketahui dengan baik oleh para ahli.

Dapat dikatakan bahwa benzyl alcohol tidak memberikan efek samping yang berbahaya atau mengancam kesehatan jika hanya digunakan dalam pasta gigi. Pasalnya, Anda bahkan dapat mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat ini, asalkan tidak melebihi batas anjuran yang telah ditetapkan. Selain itu, pasta gigi dan obat kumur mengharuskan Anda untuk membuangnya dan tidak ditelan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ini Manfaat Obat Kumur untuk Para Pecinta Makanan Pedas

Apa Anda tahu jika makanan pedas dapat berdampak negatif pada gigi? Temukan alasannya dan manfaat obat kumur untuk bantu mengatasi hal ini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
manfaat obat kumur
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Obat Kumur Antiseptik Disebut Dapat Membunuh Virus COVID-19, Ini Penjelasannya

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19. Baru-baru ini terdengar kabar bahwa obat kumur dapat mencegah COVID-19, benar atau tidak?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 8 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Tips Menjaga Mulut Tetap Segar Saat Puasa di Bulan Ramadan

Kondisi mulut saat puasa mungkin terasa kurang segar. Untuk menghindari hal ini, berikut tips yang dapat Anda lakukan agar mulut tetap segar saat puasa!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
mulut segar saat puasa
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 11 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Tips Memilih Obat Kumur yang Tepat untuk Gigi dan Mulut Anda

Obat kumur penting bagi kebersihan gigi. Namun, apakah obat kumur yang Anda pakai sudah tepat? Bagaimana cara memilih obat kumur yang pas?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 15 Februari 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
kebersihan mulut

Hati-hati, Malas Bersihkan Mulut Bisa Munculkan Penyakit Serius

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 27 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
Konten Bersponsor
asam penyebab gigi berlubang di mulut

Tips Mencegah Penumpukan Asam Penyebab Gigi Berlubang di Mulut selama Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 7 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
cara menjaga kesehatan gigi

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Masa Pandemi

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
menyikat gigi bersama merupakan salah satu cara mendorong minat si kecil dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak

5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 16 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit