Uban Tak Hanya di Kepala: Bagian Tubuh Mana Lagi yang Akan Tumbuh Uban?

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 06/09/2017
Bagikan sekarang

Ketika seseorang semakin bertambah umur, maka banyak perubahan tubuh yang terjadi termasuk perubahan warna rambut. Rambut beruban biasanya terjadi saat seseorang memasuki usia lanjut. Munculnya rambut uban sudah dimulai ketika Anda memasuki usia 30-40 tahunan. Jangan khawatir, perubahan warna rambut ini sangat wajar terjadi.

Tapi apakah Anda pernah membayangkan jika rambut beruban tak hanya pada rambut kepala saja? Ternyata semua rambut yang ada di tubuh Anda berubah menjadi keputihan. Bagaimana bisa?

Rambut uban tak hanya tumbuh di kepala saja

Rambut beruban atau rambut berubah warna menjadi putih sebenarnya terjadi akibat pigmentasi yang semakin lama semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Jadi begini, di dalam tubuh ada yang namanya sel melanosit yang berfungsi untuk mengantarkan pigmen ke rambut dan bulu-bulu di tubuh. Ketika Anda mengalami proses penuaan, maka sel-sel melanosit tersebut mati satu per satu, sehingga pigmen ke bagian rambut berkurang. Dan akhirnya rambut beruban secara perlahan.  

Mungkin selama ini Anda hanya berpikir jika rambut kepala saja yang akan beruban. Tetapi ternyata semua rambut dan bulu-bulu halus Anda akan berubah perlahan-lahan. Pada tubuh manusia terdapat beberapa bagian tubuh yang ditumbuhi oleh rambut dan bulu-bulu halus. Semua bagian tersebut tentunya akan mengalami perubahan warna, sebab warna tersebut yang mengatur adalah sel melanosit tersebut.

Lalu bagian tubuh mana saja yang akan ditumbuhi rambut beruban? Rambut kemaluan dan rambut di ketiak Anda juga bisa mengalami perubahan warna tersebut. Jadi jangan kaget jika suatu saat nanti melihat tiba-tiba rambut bagian tubuh tersebut sudah berubah warna.

Bahkan pada pria, bulu dada dan jenggotnya juga akan mengalami perubahan warna. Mungkin Anda sering melihat seorang pria tua yang memiliki jenggot yang berwarna abu-abu dan sudah tidak hitam lagi. Hal tersebut diakibatkan oleh penuaan yang ia alami.

Lalu apakah rambut beruban bisa dicegah?

Jika hal tersebut diakibatkan oleh penuaan, maka tidak ada hal yang dapat mencegahnya. Mau tidak mau, Anda akan mengalami fase tersebut di kemudian hari. bahkan penurunan jumlah melanin di dalam tubuh, tidak hanya mengakibatkan perubahan warna rambut saja. tetapi juga warna mata dan kulit Anda juga akan berubah – jika Anda perhatikan dengan seksama. Namun memang perubahan yang paling nyata terlihat hanya di bagian rambut saja.

Saat ini telah banyak penelitian yang berusaha untuk ‘mengakali’ gen agar tidak membuat sel melanosit rusak dan mati. Namun sampai saat ini belum ada yang berhasil melakukannya. Mungkin di kemudian hari nanti ada obat atau terapi yang bisa memperlambat kemunculan rambut ubanan tersebut.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Bakwan―gorengan khas Indonesia ini memang enak dan gurih. Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan lebih sehat. Simak resep membuat bakwan sehat berikut.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Berbagai Manfaat Daun Kale, Si Hijau yang Kaya Zat Gizi

Tak heran jika kale kini naik daun di kalangan para pecinta kesehatan. Sayuran hijau ini mengandung segudang manfaat, termasuk untuk kanker payudara.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi, Hidup Sehat 28/05/2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Mau punya berat badan ideal? Diet sehat jawabannya. Namun, agar diet yang Anda lakukan tidak sia-sia, simak dulu panduan lengkap berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Stres dan depresi tidak sama, keduanya memiliki perbedaan mendasar. Maka jika penanganannya keliru, depresi bisa berakibat fatal. Cari tahu, yuk!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri

Direkomendasikan untuk Anda

minyak esensial untuk meredakan stres

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 05/06/2020
warna rambut

Warna Rambut Sesuai Karakteristik Diri, yang Manakah Anda?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020