Apakah Psoriasis Kuku Bisa Disembuhkan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Psoriasis adalah gangguan autoimun yang menyebabkan sel-sel kulit diproduksi sangat cepat. Akibatnya, sel kulit mati akan menumpuk dan menyebabkan kulit bersisik, gatal, dan meradang. Penyakit ini bisa juga menyerang kuku sehingga membuat kuku jadi rusak. Lantas, apakah penyakit psoriasis kuku ini bisa disembuhkan?

Apakah psoriasis kuku bisa disembuhkan?

Kuku merupakan bagian dari kulit karena sama-sama terbentuk dari protein keratin. Itulah sebabnya psoriasis juga bisa menyerang kuku Anda, tepatnya di area akar kuku di bawah kutikula.

Awalnya, psoriasis akan menyebabkan lekukan kecil di kuku. Warna kuku kemudian akan berubah menjadi kuning kecokelatan dan rapuh. Seiring berjalannya waktu, kuku bisa terangkat dan terlihat adanya darah di bawah kuku.

Tanpa perawatan, kuku akan semakin rusak. Akibatnya, aktivitas sehari-hari yang menggunakan tangan maupun kaki jadi terganggu.

Steve Feldman, MD, PhD, seorang dermatolog di American Academy of Dermatology mengatakan bahwa penyakit psoriasis bentuk apa pun, termasuk psoriasis kuku tidak bisa disembuhkan. Pasalnya, akar permasalahan dari penyakit ini berada pada sistem imun yang salah dalam menjalankan fungsinya.

Lantas, harus bagaimana mengatasi kondisi ini?

infeksi jamur vagina

Meskipun tidak bisa disembuhkan, pengobatan akan difokuskan untuk meredakan gejala psoriasis kuku dan mencegah keparahan. Konsultasikan dengan dokter mengenai perawatan yang sebaiknya Anda pilih.

Kuku yang rusak karena psoriasis masih bisa tumbuh. Namun, butuh waktu yang lebih lama dan Anda perlu merawatnya dengan telaten. Perawatan pada kuku tidak hanya dilakukan sekali, tapi berkesinambungan dan rutin.

Jika gejalanya cukup membandel, Anda mungkin memerlukan lebih dari satu perawatan, bahkan perlu penggabungan dua obat agar obat bisa bekerja dengan lebih cepat. Beberapa obat yang digunakan untuk mengobati psoriasis kuku, meliputi:

  • Kortikosteroid.  Obat yang bertugas untuk meredakan gejala psoriasis pada kuku. Biasanya obat ini digunakan sekali atau dua kali dalam sehari.
  • Calcipotriol. Obat ini sama efektifnya dengan kortikosteroid dalam mengobati penumpukan sel kulit mati di bawah kuku.
  • Tazarotene. Obat ini bisa membantu mengobati kuku yang terangkat naik dan perubahan warna pada kuku.

obat herbal penyakit hati

Obat di atas biasanya diberikan dalam bentuk tablet maupun salep. Pada beberapa kasus, perawatan di atas tidak begitu efektif. Dokter akan merekomendasikan perawatan lanjutan agar gejala psoriasis kuku bisa disembuhkan.

Perawatan tersebut meliputi penyuntikkan kortikosteroid dan obat lainnya langsung ke area kuku yang terkena. Suntikan ini bisa mengatasi penumpukan sel kulit mati di bawah kuku, penebalan kuku, dan kuku yang terangkat ke atas.

Jika pengobatan ini tidak menunjukkan hasil yang baik, perawatan akan diganti di bulan berikutnya, yakni perawatan laser. Pengobatan ini diawali dengan pemberian obat psoralen, kemudian bagian kuku yang terkena akan disinari laser UVA.

Bila psoriasis menyerang kulit tubuh lainnya, dokter akan meresepkan obat metotreksat, retinoid, siklosporin, dan apremilast. Bagian kuku yang sudah terinfeksi, dokter akan memeriksa kembali patogen apakah kondisi tersebut disebabkan oleh bakteri, jamur, atau parasit.

Selain pengobatan dari dokter, Anda juga perlu melakukan perawatan di rumah, seperti:

  • Menggunakan sarung tangan ketika menyentuh bahan-bahan iritan, seperti detergen, sampo, atau sabun.
  • Gunakan pelembap khusus untuk kuku dan jaga kuku tetap bersih serta kering.
  • Lakukan aktivitas dengan hati-hati supaya tidak menyebabkan kerusakan lebih parah pada kuku.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca