9 Manfaat Kesehatan Bermain Alat Musik

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Bermain alat musik instrumental ternyata dapat memberikan manfaat untuk tubuh dan juga pikiran. Tak peduli dengan usia dan tingkat kemahiran, bermain alat musik merupakan bentuk latihan kognitif. Mengonsumsi makanan sehat memang dapat meningkatkan kesehatan, namun itu bukan satu-satunya pilihan Anda.

Ada beberapa metode yang terbukti dapat merangsang kesehatan fisik dan mental, dan di antaranya adalah bermain musik. Bermain alat musik instrumental, seperti gitar, telah terbukti memberikan rasa bahagia, meningkatkan kreativitas, serta merangsang telinga dan otot, terutama otak. Oleh karena itu, mari kita lihat berbagai manfaat gitar dan alat musik instrumental lainnya di bawah ini.

Manfaat bermain alat musik instrumental (piano, gitar, dan lain-lain)

1. Mempertajam pikiran

Sebuah studi di University of Kansas Medical Center menyimpulkan bahwa musisi tampil lebih baik pada tes kognitif dibandingkan dengan yang bukan musisi. Memainkan musik secara teratur adalah bentuk olahraga otak. Musik apapun yang Anda mainkan akan memicu beberapa bagian otak untuk bereaksi.

Khususnya jika Anda bermain gitar, Anda akan meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi fungsi kognitif. Hal ini karena ketika bermain gitar, Anda harus fokus pada beberapa hal seperti belajar membaca akord, menyeimbangkan nada, bahkan menekan dan memetik senar. Menurut beberapa penelitian, bermain gitar dapat mempertajam fungsi otak dan juga merangsang kekuatan otak dengan cepat.

2. Meningkatkan koordinasi

Musisi biasanya memiliki koordinasi yang bagus. Tindakan bermain instrumen mengharuskan Anda untuk memiliki koordinasi antara tangan dan mata yang tajam. Hal ini bahkan menguntungkan Anda dalam bermain basket, atau olahraga apapun yang membutuhkan koordinasi tangan dan mata yang baik.

3. Mengatur suasana hati

Penelitian menunjukkan bahwa bermain musik dapat mengurangi stres dengan menurunkan kadar kortisol. Bermain musik dengan kecepatan yang berbeda dapat lebih mempromosikan manfaat ini. Selain itu, kegiatan ini juga dapat bertindak sebagai pelampiasan emosi. Menciptakan musik Anda sendiri memungkinkan Anda untuk mengekspresikan kesedihan, sukacita, atau ketegangan sebagai sebuah karya seni.

4. Membuat olahraga lebih mudah

Kebugaran fisik sangat penting untuk kesehatan, dan untuk mencapainya Anda harus melakukan olahraga secara teratur. Oleh karena itu, banyak orang yang menghabiskan waktu dan uang untuk bergabung di klub kebugaran. Namun, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kita tidak harus menghabiskan uang untuk melakukan olahraga secara teratur, karena ada cara yang lebih efektif untuk melakukannya, seperti bermain gitar.

Ada beberapa alasan mengapa bermain gitar bisa menjadi cara yang efektif melakukan olahraga. Hal ini karena ketika bermain gitar kita akan duduk dalam waktu yang lama dalam menyesuaikan suara atau pitch, dengan duduk dan memegang gitar, kita dapat menyeimbangkan badan dengan baik.

5. Meningkatkan sistem pernapasan

Ini berlaku untuk alat musik instrumen yang ditiup, seperti seruling, klarinet, dan lain-lain. Hal yang pertama kali harus Anda ketahui adalah cara melakukan pernapasan dengan benar. Instrumen ini bergantung dengan getaran udara yang dibuat oleh musisi. Ini berarti bernapas dengan efektif dan efisien merupakan sifat kedua dari musisi.

6. Meningkatkan konsentrasi

Ada banyak unsur musik yang tidak boleh diabaikan saat bermain alat musik. Sebagai seorang musisi, Anda harus mampu untuk mendengarkan beat, ritme, tekstur, timbre, dan sebagainya. Satu-satunya hal yang lebih bermanfaat daripada mendengarkan suara musik Anda sendiri adalah mendengarkan suara musik dalam kelompok. Berada di dalam kelompok dapat meningkatkan keterampilan konsentrasi, dengan membuat Anda fokus pada harmoni kelompok secara keseluruhan.

7. Mengurangi nyeri

Beberapa penelitian tentang kesehatan mental telah menyatakan bahwa bermain gitar dapat mengurangi, bahkan menyembuhkan rasa sakit. Hal ini berkaitan dengan mendengarkan musik sebagai penyembuh rasa sakit. Bermain gitar tidak hanya sekedar hobi, tapi itu juga dapat menjadi cara yang efektif untuk menyembuhkan rasa sakit pada setiap orang.

8. Menjaga jantung tetap sehat

Beberapa peneliti medis telah menunjukkan bahwa bermain gitar dapat menjaga jantung sehat. Ketika orang bermain gitar, fungsi otak mereka pasti akan dapat mempengaruhi perasaan sedih atau patah hati, sehingga hal itu dapat memberikan efek positif untuk jantung dan juga perasaan. Menurut beberapa penelitian, musik itu sendiri bahkan dapat menyembuhkan serangan jantung atau stroke.

9. Membantu pengobatan Alzheimer

Stimulasi mental yang terlibat dalam bermain dan mendengarkan musik dapat mempromosikan memori yang lebih baik pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien Alzheimer, disimpulkan bahwa memori musik dapat diserap jauh lebih baik daripada kata yang diucapkan. Hal ini terutama disebabkan oleh gairah tinggi yang dibentuk musik, sehingga itu dapat meningkatkan perhatian dan memori.

 

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Diabetes Insipidus

Diabetes insipidus adalah kelainan yang dapat mengakibatkan frekuensi buang air kecil bertambah dan rasa haus yang berlebihan. Apa obatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Ginjal 6 Agustus 2020 . Waktu baca 12 menit

Berbagai Penyebab Anda Mudah Lupa serta Cara Mengatasinya

Anda sering lupa menyimpan barang atau nama orang yang baru kenal? Kenali berbagai penyebab Anda sering atau mudah lupa dan tips mengatasi dan mencegahnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Fakta Unik 22 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit

Ini yang Terjadi Pada Tubuh dan Pikiran Saat Kita Sedang Koma

Pernahkah Anda terbayang seperti apa rasanya koma? Anda juga mungkin penasaran, sebenarnya pasien koma masih sadar tidak? Yuk, cari tahu lebih jauh di sini.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

Saat lapar, rasanya hanya ingin marah sampai Anda mendapat yang Anda mau. Tapi, kok bisa begitu, ya? Kenapa kita mudah marah saat kelaparan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 10 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

mitos tentang tidur

Mengenal 4 Tahapan Tidur: Dari “Tidur Ayam” Hingga Tidur Pulas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 29 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
manfaat efek musik pada otak

5 Efek Musik Terhadap Kinerja Otak Manusia

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 29 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
gerakan senam otak

3 Gerakan Dasar Senam Otak untuk Tingkatkan Fokus dan Kreativitas

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit