5 Fungsi Antiseptik Cair Selain untuk Mandi

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Antiseptik cair merupakan produk pembunuh kuman yang bermanfaat. Selain terkenal digunakan untuk menjaga kebersihan tubuh, cairan antiseptik juga berguna untuk membersihkan lingkungan rumah dan tujuan medis. Lalu, apa saja fungsi antiseptik cair selain untuk mandi?

Apa itu antiseptik?

Antiseptik adalah jenis dari disinfektan yang mampu membunuh atau menghambat perkembangan kuman pada jaringan hidup. Antiseptik juga dikenal dengan istilah disinfektan kulit. Mengutip dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penggunaan antiseptik umumnya tidak berbahaya untuk kulit dan jaringan tubuh.

Akan tetapi, antiseptik tidak sama dengan disinfektan. Walaupun sama-sama berfungsi untuk melawan kuman, penggunaan disinfektan hanya untuk permukaan benda karena kandungan biosida pada disinfektan. Ini tidak ditujukan untuk kulit, karena kandungan biosida pada disinfektan lebih tinggi daripada yang ada di cairan antiseptik.

Jenis-jenis antiseptik

Antiseptik dapat dibagi menurut bahan yang digunakan. Jenis-jenis antiseptik cair umumnya terbuat dari:

  • Halofenol
  • Alkohol
  • Chlorexidine (klorheksidin)
  • Antibacterial dye
  • Peroksida dan permanganat

Jenis-jenis antiseptik juga memiliki tujuan penggunaannya tersendiri. Contohnya, suatu kandungan efektif untuk membersihkan kulit. Lalu kandungan lainnya lebih dianjurkan untuk mengobati luka ringan.

Fungsi antiseptik cair selain mandi

Sebagai larutan yang aman untuk tubuh dan juga dapat digunakan untuk permukaan benda mati, ada banyak manfaat cairan antiseptik untuk kehidupan sehari-hari.

Larutan untuk mencuci tangan

Keefektifan antiseptik dalam mencuci tangan bahkan turut digunakan dengan tujuan medis. Apabila Anda atau anggota keluarga sedang merawat seseorang dengan luka atau luka bakar, Anda dapat menggunakan cairan antiseptik sebelum merawat lukanya. Hal ini untuk meminimalisasi luka terkena infeksi jika disentuh tangan yang tidak steril.

Kemudian, cairan pembunuh kuman ini juga dapat digunakan sebagai disinfektan area tubuh yang akan dioperasi.

Cairan antiseptik melindungi tubuh dari kuman

Kuman dapat hidup di mana pun, seperti di tubuh, udara, makanan, tumbuhan, dan permukaan benda. Untungnya, manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang melindungi manusia dari kuman. Namun, terkadang kuman yang ada di sekitar tetap dapat menyerang tubuh dan menimbulkan gejala-gejala penyakit.

Salah satu cara terbaik dalam melindungi tubuh dari kuman adalah dengan menggunakan antiseptik. Seperti dijelaskan oleh Mayo Clinic, membersihkan permukaan benda yang sering disentuh merupakan cara mudah untuk menjauhkan diri dari penyakit. Untuk membersihkan permukaan benda mati, Anda dapat menggunakan cairan antiseptik.

Menyembuhkan luka ringan dengan cepat

Menurut DermNet NZ, penggunaan antiseptik dapat mengobati luka dan luka bakar ringan yang telah terinfeksi. Dengan begitu, antiseptik dapat digunakan pada kulit yang terluka akibat:

  • Lecet
  • Gigitan atau sengatan serangga
  • Luka bakar ringan

Fungsi antiseptik cair dapat meminimalisasi risiko infeksi dengan memusnahkan organisme atau mencegahnya masuk ke bagian yang terluka.

Pastikan jenis antiseptik yang digunakan sesuai dengan tujuan atau petunjuk penggunaan.

Membunuh kuman dari pakaian kotor

Sebagai jenis dari disinfektan, yang merupakan cairan untuk membunuh kuman penyakit, antiseptik cair dapat digunakan untuk mencuci pakaian.

Langkah ekstra dalam mencuci pakaian kotor adalah dengan mencampurkan antiseptik cair pada air yang digunakan untuk mencuci pakaian.

Produk antiseptik mengandung bahan kimia yang diambil dari halofenol kerap ditemukan pada jenis antiseptik yang dapat digunakan untuk membunuh kuman pada permukaan benda.

Membersihkan lantai

Produk antiseptik yang Anda punya juga dapat digunakan untuk membersihkan lantai di rumah. Menggunakan antiseptik cair pada untuk membersihkan permukaan lantai rumah memberikan perlindungan tambahan bagi Anda dan keluarga. Kandungan yang terdapat di antiseptik dapat membunuh kuman di lantai.

Catatan menggunakan antiseptik cair

Cairan antiseptik telah terbukti efektif dalam melawan kuman. Sebelum menggunakannya, perhatikan petunjuk penggunaan untuk memastikan fungsi antiseptik cair milik Anda. Pastikan produk antiseptik yang digunakan cocok dengan tujuan pemakaian. Larutan antiseptik sebaiknya hanya digunakan untuk kegunaan di luar tubuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tak Hanya Memutihkan Kulit, Ini 6 Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

Siapa yang suka makan bengkoang? Nyatanya, kandungan dan manfaat bengkoang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Khasiat Teh Chamomile yang Baik Bagi Tubuh

Pernahkan Anda mencicipi teh chamomile? Ternyata salah satu teh herbal ini banyak manfaatnya, lho! Simak manfaat teh chamomile bagi kesehatan tubuh.

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 25 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Sinar Matahari Pagi, Siang, dan Sore: Mana yang Paling Sehat?

Saat menjemur bayi yang baru lahir, atau sekadar berjemur meresapi sinar matahari pagi, Anda harus tahu kapan waktu yang terbaik untuk melakukannya.

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Fakta Unik 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Mengapa Perlu Matikan Lampu Saat Tidur?

Sebagian dari Anda mungkin lebih suka tidur dalam keadaan terang. Namun riset menunjukkan matikan lampu saat tidur itu lebih baik. Kenapa?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Hidup Sehat, Fakta Unik 24 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyebab bau mulut

Wajib Tahu 15 Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 9 menit
penyebab mulut kering

7 Penyebab Mulut Kering Selain Dehidrasi yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 6 menit
akibat sering main hp

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit
gingsul, salah satu jenis maloklusi

Fakta Seputar Gigi Gingsul yang Harus Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 November 2020 . Waktu baca 6 menit