Pertajam Daya Ingat Dengan Berolahraga Ringan 10 Menit Saja, Yuk!

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 03/11/2018
Bagikan sekarang

Ada banyak sekali cara mempertajam ingatan. Namun, siapa sangka bahwa ternyata olahraga ringan saja bisa membantu Anda memiliki kekuatan memori yang lebih baik. Fakta telah dibuktikan oleh para peneliti dari the University of California, Irvine (UCI) dan the University of Tsukuba di Jepang. Lalu, olahraga yang seperti apa ya yang bisa mempertajam ingatan?

Olahraga ringan ternyata membantu mempertajam daya ingat

tai chi untuk pemula

Dr. Michael Yassa, dosen ahli saraf di University of California, Irvine, dan rekannya di University of Tsukuba, Jepang, melakukan sebuah riset  yang awalnya bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para lansia yang mengalami kekurangan fisik ataupun mental. Tujuannya agar para disabilitas tetap bisa melakukan olahraga sederhana yang tak hanya meningkatkan kebugaran tubuh tetapi juga mencegah penurunan kognitif otak.

Penelitian ini kemudian dilakukan terhadap 36 orang dewasa muda yang sehat. Setelah itu, para peneliti meminta mereka untuk melakukan 10 menit gerakan fisik ringan seperti tai chi atau yoga. Kemudian setelah sesi olahraga ini selesai, masing-masing orang dilihat aktivitas otaknya dengan menggunakan resonansi magnetik fungsional beresolusi tinggi (MRI).

Dari hasil pemeriksaan, ternyata para ahli menemukan bahwa orang  olahraga ringan selama setidaknya  10 menit memiliki kemampuan ingatan yang lebih baik. Bagian otak yang menjadi tempat penyimpanan ingatan, berfungsi lebih baik dan efektif setelah para peserta melakukan gerakan-gerakan sederhana.

Biasanya, bagian otak tersebut akan mengalami penurunan fungsi ketika usia bertambah. Maka itu para peneliti menyatakan bahwa hal ini bisa mencega demensia pada lansia.

Alternatif lain untuk meningkatkan daya ingat selain olahraga

cara tidur nyenyak

Selain melakukan olahraga ringan selama 10 menit, penelitian telah membuktikan berbagai cara mempertajam ingatan yaitu dengan:

Cukup tidur setiap hari

Orang yang kurang tidur cenderung memiliki kemampuan memori yang lebih buruk. Pasalnya, tidur berperan penting untuk memperkuat memori jangka pendek dan mengubahnya menjadi kenangan jangka panjang. Selain itu, tidur cukup juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu para ahli merekomendasikan Anda untuk tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malamnya demi kesehatan tubuh dan otak yang optimal.

Membatasi minum minuman beralkohol

Minuman beralkohol tak hanya merusak kesehatan tetapi juga memiliki dampak negatif pada ingatan. Penelitian menunjukkan bahwa alkohol memiliki efek neurotoksik pada otak. Apalagi jika Anda terbiasa untuk mengonsumsinya secara berlebihan.

Kebiasaan buruk ini ternyata dapat merusak hipokampus, yaitu bagian otak yang berperan penting dalam ingatan. Untuk itu, agar kesehatan dan ingatan tetap terjaga, ada baiknya untuk tak hanya membatasi tetapi menghindari minuman yang satu ini.

Mengurangi asupan gula

Mengurangi asupan gula mungkin menjadi salah satu cara mempertajam ingatan yang belum banyak diketahui. Penelitian menunjukkan ternyata mengonsumsi terlalu banyak gula dapat memperburuk ingatan dan mengurangi volume otak, terutama di area yang menyimpan memori jangka pendek.

Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 4.000 orang ini menemukan fakta bahwa orang yang sering mengonsumsi minuman manis seperti soda memiliki volume otak total yang lebih kecil dan memori yang lebih buruk. Oleh karena itu, kurangi asupan gula baik dari makanan maupun minuman yang Anda konsumsi sehari-hari demi ingatan masa tua yang lebih baik.

You are already subscribed to notifications.

Baca Juga:

Sumber

Rapid Stimulation of Human Dentate Gyrus Function With Acute Mild Exercise

http://www.pnas.org/content/early/2018/09/19/1805668115 accessed on October 24th 2018

Just 10 Minutes of Light Activity Can Boost Memory

https://www.medicalnewstoday.com/articles/323140.php accessed on October 24th 2018

More Evidence That a Little Bit of Exercise Goes a Long Way

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/the-athletes-way/201809/more-evidence-little-bit-exercise-goes-long-way  accessed on October 24th 2018

14 Natural Ways to Improve Your Memory

https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-improve-memory#section1 accessed on October 24th 2018

Yang juga perlu Anda baca

Meningitis (Radang Selaput Otak)

Meningitis adalah peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang (meninges). Bagaimana gejala dan cara mengobatinya?

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin

Benarkah Pil KB Bisa Mengubah Bentuk Otak?

Akhir tahun ini, sebuah penelitian menyebutkan bahwa pil KB bisa mengubah bentuk otak. Benarkah demikian dan apa saja dampak yang mungkin muncul?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu

Apa Itu Gangguan Mental Organik? Kenali Kondisinya di Sini

Anda mungkin tahu depresi atau gangguan bipolar, namun belum sepenuhnya paham dengan gangguan mental organik. Yuk, pelajari kondisi ini lebih dalam.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

5 Olahraga yang Sebaiknya Dihindari Penderita Spondilolistesis

Ada sejumlah olahraga yang perlu dihindari oleh penderita spondilolistesis. Pasalnya, olahraga ini bisa memperparah kondisi tulang belakang.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Diah Ayu

Direkomendasikan untuk Anda

Rutin Makan Buah Bermanfaat Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Rutin Makan Buah Bermanfaat Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 27/05/2020
Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

Agar Tetap Bugar Selama Liburan, Sontek 4 Tips Olahraga Mudah Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 25/05/2020
Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 10/05/2020
4 Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Sakit Kepala Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 27/04/2020