Ingin Merasa Lebih Bahagia? Yuk, Contek 5 Kebiasaan Harian Ini

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang
Artikel ini berisi:

    Diliputi kebahagiaan setiap harinya pasti menjadi keinginan semua orang. Pasalnya, kebahagiaan dapat membawa berbagai pengaruh positif pada kehidupan sehari-hari. Saat Anda bahagia, Anda akan lebih produktif dalam bekerja dan lebih banyak tersenyum sehingga aura positif akan terpancar. Tanpa Anda sadari, ada berbagai kebiasaan sederhana yang bisa membuat Anda selalu bahagia setiap hari. Ingin bahagia? Yuk lakukan kebiasaan ini.

    Berbagai hal yang bisa dilakukan agar lebih bahagia

    1. Belajar bersyukur

    cara merasa lebih bahagia

    Tahukah Anda hal termudah agar lebih bahagia tetapi tidak semua orang mampu melakukannya yaitu bersyukur. Bersyukur berarti berterima kasih atas semua yang Anda miliki, lalui, dan juga rasakan. Jangan bingung, tidak semua hal yang perlu disyukuri adalah hal-hal besar yang mengubah jalan hidup.

    Namun belajarlah untuk bersyukur untuk hal-hal kecil dan sederhana yang Anda alami sehari-hari. Misalnya, hari yang cerah sehingga Anda tidak perlu kehujanan saat berangkat bekerja atau tubuh yang sehat setiap harinya.

    Untuk membiasakannya, cobalah untuk mengingat tiga hal yang perlu Anda syukuri setiap harinya. Bisa Anda tulis di catatan harian atau sekedar mengingatnya sebelum Anda tidur.

    Selain membuat Anda lebih bahagia, penelitian yang dilakukan di tahun 2012 dan diterbitkan dalam Personality and Individual Differences, menyatakan orang yang bersyukur lebih jarang sakit. Selain itu, orang yang selalu bersyukur juga akan memiliki empati yang lebih pada orang lain, dapat tidur lebih nyenyak, hingga meningkatkan harga diri.

    2. Menjadi pribadi yang positif

    senyuman manis

    Salah satu penyebab Anda tidak bahagia ialah terlalu banyak hal yang kurang baik ‘menempel’ pada diri, entah itu perilaku atau kebiasaan yang negatif.

    Nah untuk melawannnya Anda perlu menumbuhkan sikap positif. Memiliki sikap yang lebih positif dapat menurunkan tingkat depresi, kecemasan, meningkatkan kesehatan fisik, dan berumur lebih panjang karena tak hanya fisik yang sehat tetapi juga mental Anda.

    Cobalah membuat komitmen dengan diri sendiri untuk melawan semua hal yang kurang baik dalam pikiran.  yang hingga di pikiran dengan sikap maupun pemikiran yang positif.

    Berpikir dan bersikap positif berarti mengatasi kendala yang Anda alami dengan cara yang lebih baik. Bukan berpikiran yang buruk-buruk, tetapi Anda justru memikirkan segala hal baik ditengah kesulitan yang sedang Anda alami. Untuk menjadi pribadi yang lebih positif, cobalah mulai hari Anda dengan memberikan senyuman pada orang-orang di sekitar Anda.

    3. Lakukan kebaikan

    mendukung pasangan yang sakit

    Tahukah Anda bahwa kebaikan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Kebaikan adalah keinginan untuk mengangkat beban dari orang lain atau sekedar membuat orang lain tersenyum karena keberadaan Anda.

    Saat Anda melakukan kebaikan, tubuh melepaskan zat kimia yang menghasilkan perasaan bahagia. Hormon bahagia yang disebut dengan oksitosin ini, juga dapat mengurangi berbagai rasa sakit dan tentu saja akan membuat Anda merasa lebih nyaman.

    Kebaikan tak hanya membuat Anda lebih bahagia tetapi juga dapat menyebar dan menular seperti rantai yang tidak terputus. Untuk membukanya, mulailah dari diri sendiri. Coba lakukan berbagai kebaikan sederhana seperti menyapa tetangga, membawakan cokelat untuk rekan kantor yang sedang dilanda masalah, dan memberikan duduk di angkutan umum pada yang lebih membutuhkan.

    4. Merawat dan memerhatikan diri

    terapi pijat terapi hipertensi

    Supaya lebih bahagia, gunakan waktu kosong Anda dengan merawat dan memerhatikan diri sendiri.  Jangan melulu memerhatikan dan menempatkan kebutuhan serta keinginan orang lain tanpa memikirkan diri sendiri.

    Melakukan berbagai cara untuk merawat diri seperti pergi ke tempat pijat, melakukan berbagai hobi yang sudah lama Anda abaikan, dan berbagai cara lainnya bisa membantu mengendalikan stres Anda. Dengan begitu Anda akan terhindar dari stres yang dapat merusak kesehatan.

    5. Bersenang-senang

    efek main video game

    Menjadi orang yang terlalu serius juga tidak baik untuk kesehatan Anda. Sesekali, luangkanlah waktu untuk bersenang-senang dan menghirup udara segar di taman. Cobalah untuk melonggarkan diri dari padatnya rutinitas harian yang dijalani dengan menyelipkan sedikit hiburan yang bisa membuat Anda senang dan juga rileks.

    Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Jangan Salah, Ini Bedanya Sikap Optimis dan Toxic Positivity

    Sikap optimis dan toxic positivity sering dikaitkan satu sama lain. Padahal, keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Apa saja contohnya?

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Hidup Sehat, Psikologi 3 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

    Pengaruh Kebahagiaan dengan Kesehatan Tubuh

    Ternyata, kebahagiaan tidak hanya memberi pengaruh pada kesehatan mental tapi juga pada kesehatan tubuh Anda secara fisik.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Winona Katyusha
    Hidup Sehat, Fakta Unik 7 April 2020 . Waktu baca 4 menit

    5 Hal yang Harus Dilakukan agar Menjadi Orangtua yang Lebih Positif

    Sikap orangtua bisa mencerminkan anak-anaknya. Lalu, bagaimana cara menjadi orangtua yang baik dan lebih positif terhadap anak? Berikut penjelasannya

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Riska Herliafifah
    Parenting, Tips Parenting 22 Januari 2020 . Waktu baca 4 menit

    Ternyata Marah-Marah Bisa Bikin Orang Bahagia, Ini Alasannya

    Beberapa orang mengakui bahwa marah bisa bikin bahagia. Bagaimana ceritanya Anda merasa bahagia saat marah? Apakah ini hal yang normal?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Hidup Sehat, Psikologi 27 November 2019 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    Berpikir negatif demensia

    Sering Berpikir Negatif Bisa Tingkatkan Risiko Demensia

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
    Dipublikasikan tanggal: 20 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
    good girl syndrome adalah perempuan wanita

    Mengenal Good Girl Syndrome, Tuntutan Jadi Orang Baik yang Bikin Tidak Bahagia

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Dipublikasikan tanggal: 20 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
    sumber stres dalam pernikahan

    6 Sumber Stres Utama dalam Pernikahan

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 19 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
    agar hidup bahagia

    5 Langkah Berpikir Positif Selama Menghadapi Pandemi COVID-19

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Dipublikasikan tanggal: 5 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit