Nama Generik: Buah Pinang

Manfaat

Untuk apa buah pinang?

Pinang adalah jenis tanaman kelapa yang ditemukan di Tiongkok, India, Asia Tenggara, dan daerah tropis Afrika. Mengunyah biji pinang adalah aktivitas populer pada zaman dahulu, dan bahkan masih sering dilakukan bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan sampai saat ini.

Biji buah pinang biasanya digunakan untuk berbagai pengobatan dengan cara dimakan mentah, dikeringkan, direbus, dipanggang, ataupun dibakar. Beberapa manfaat biji buah pinang adalah :

Selain itu, biji tanaman ini juga dapat digunakan untuk pengobatan skizofrenia (gangguan jiwa) dan glaukoma. Beberapa orang menggunakan buah ini sebagai obat relaksasi karena efek sitmulasinya pada sistem saraf pusat untuk meningkatkan kewaspadaan dan stamina.

Bagaimana cara kerjanya?

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja tanaman herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa pinang memengaruhi zat kimia dalam otak dan bagian lain dari sistem saraf pusat, sehingga dapat menyebabkan:

  • Efek psikiatrik
  • Efek sistem saraf parasimpatik
  • Efek fungsi tiroid

Selain itu, penelitian lain menyebutkan bahwa biji pinang mengandung proantosianidin, yaitu suatu tannin terkondensasi yang termasuk dalam golongan flavonoid. Proantosianidin mempunyai efek antibakteri, antivirus, antikarsinogenik, antiradang, antialergi, dan vasodilatasi

Dosis

Informasi yang disediakan di bawah ini bukanlah pengganti rekomendasi medis. Selalu konsultasikan dengan herbalis atau dokter Anda sebelum mengonsumsi obat ini.

Berapa dosis yang biasa digunakan untuk buah pinang untuk orang dewasa?

Uji klinis yang ada saat ini belum bisa jadi petunjuk dosis. Aplikasi klinis yang tersedia pun terbatas.

Dosis dari obat herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Obat herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja pinang tersedia?

Obat herbal ini dapat tersedia dalam bentuk dan dosis sebagai berikut:

  • Daun
  • Kacang
  • Jus pinang
  • Atau dalam bentuk campuran tembakau, bubuk, pinang iris, dan kapur mati yang dibungkus dalam daun sirih

Efek Samping

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh buah pinang?

  • Kemerahan pada wajah, demam, pusing, kejang, psikosis akut, kecemasan, insomnia, dan gelisah.
  • Palpitasi jantung, detak jantung yang cepat (tachycardia), atau denyut jantung yang rendah (bradikardia).
  • Noda merah pada gigi, leukoplakia, sub-mukosa fibrosis oral, karsinogenesis oral (jika dikunyah).
  • Mual, muntah, diare atau sembelit, feses kemerahan, dan sakit perut.
  • Peningkatan gejala asma.

Tak semua orang mengalami efek samping tersebut. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter Anda.

Keamanan

Apa yang harus saya ketahui sebelum mengonsumsi buah pinang?

  • Anda harus melaporkan ke dokter semua obat-obatan dan herbal yang Anda gunakan, terutama: agen anti-glaukoma, beta-blockers, calcium channel blockers, glikosida jantung, cholinergics, monoamineoxidase inhibitor (MAOIs), dan neuroleptik.
  • Mengunyah daun sirih dengan biji pinang selama jangka waktu tertentu dapat menyebabkan fibrosis mulut dan karsinoma oral.
  • Karena biji pinang memiliki efek yang sama seperti tembakau atau kafein, Anda harus menghindari penggunaan alkohol sebelum menggunakan produk pinang.
  • Pinang bisa dikonsumsi mentah, dikunyah, atau digunakan sebagai obat kumur. Namun bisa saja ada banyak efek samping yang berbahaya yang belum diketahui.

Regulasi yang mengatur penggunaan obat herbal tidak seketat peraturan obat-obatan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanannya. Sebelum menggunakan, pastikan manfaat penggunaan obatherbal lebih besar dibandingkan risikonya. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Seberapa amankah buah pinang?

Jangan menggunakan sirih pinang pada anak-anak atau mereka yang sedang hamil atau menyusui.

Pinang dan daun sirih telah menyebabkan kerusakan DNA dan kanker pada sel-sel dan pada hewan percobaan. Ada hubungan antara dosis dan durasi mengunyah sirih dengan perubahan prakanker di mulut serta tenggorokan, laring, dan kanker kerongkongan.

Interaksi

Interaksi seperti apakah yang mungkin terjadi ketika saya mengonsumsi buah pinang?

Tanaman herbal ini dapat berinteraksi dengan pengobatan lain atau dengan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter sebelum penggunaan.

  • Pinang mengandung bahan kimia yang dapat memengaruhi otak dan jantung. 
  • Procyclidine dapat mempengaruhi zat kimia dalam tubuh. Pinang juga dapat memengaruhi zat kimia dalam tubuh. Namun, pinang memiliki efek sebaliknya dari Procyclidine. Menggunakan pinang bersama dengan Procyclidine dapat menurunkan efektivitas Procyclidine.
  • Pinang mengandung bahan kimia yang memengaruhi tubuh. Kandungan kimia ini mirip dengan beberapa obat yang digunakan untuk glaukoma, penyakit Alzheimer, dan kondisi lain.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 6, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 6, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan