6 Manfaat Kesehatan yang Mengejutkan di Balik Pedasnya Cabe Jalapeno

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Cabe jalapeno (jalapeños) adalah salah satu cabe terpedas di dunia yang memiliki tingkat kepedasan 2,500-8,000 dalam skor Scoville. Cabe satu ini memiliki bentuk yang mirip dengan cabe rawit, namun berukuran lebih besar. Penting untuk Anda tahu bahwa di balik rasa pedasnya, ternyata jalapeno memiliki banyak khasiat baik. Apa saja, ya?

Khasiat cabe jalapeno untuk menunjang kesehatan tubuh

1. Kaya nutrisi

jalapeno merah

Kandungan nutrisi jalapeno tak kalah dengan sayuran dan buah-buahan lainnya. Dengan makan satu buah jalapeno, dipastikan Anda akan mendapat berbagai nutrisi meliputi vitamin B6, vitamin K, folat, mangan, serat, serta kalori.

Tidak hanya itu, jalapeno juga menyumbang banyak vitamin C dan vitamin A. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melawan kerusakan radikal bebas, sedangkan vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata sekaligus membantu perkembang sel-sel baru dalam tubuh.

Salah satu senyawa paling unik di dalam jalapeno adalah capsaicin, yakni ekstrak alkaloid dari cabe yang memberikan rasa khas pedas. Capsaicin juga ikut menunjang berbagai manfaat kesehatan.

2. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berencana untuk menurunkan berat badan, ada kabar baik jika Anda doyan makanan pedas. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Biological Chemistry, capsaicin yang terkandung dalam cabe jalapeno bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara memperlancar kerja metabolisme, meningkatkan pembakaran lemak, dan mengurangi nafsu makan.

Temuan ini juga diperkuat dengan penelitian dari Journal of Nutritional Science and Vitaminology, yang menemukan bahwa capsaicin dan senyawa serupa lainnya yang disebut capsaicinoid dapat meningkatkan metabolisme, sehingga berpotensi untuk lebih mudah menurunkan berat badan.

Selain meningkatkan metabolisme, suplemen dengan kandungan capsaicinoid juga telah terbukti mampu mengurangi lemak pada perut dan nafsu makan.

3. Meredakan sakit perut

makanan yang harus dihindari sat sakit perut

Umumnya, semua jenis cabe bisa menyebabkan atau bahkan memperburuk sakit perut. Namun, penelitian dari American Journal of Gastroenterology menyatakan bahwa capsaicin bisa memberikan efek baik dalam mengurangi peradangan lambung, terutama yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Helicobacter.

Selain itu, cabe juga bisa membantu mengurangi kerusakan lambung yang diakibatkan penggunaan obat pereda nyeri NSAID dan alkohol yang berlebihan.

Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah jumlah capsaicin dalam jalapeno terbukti benar ampuh untuk meredakan sakit pada perut.

4. Mengatasi kontaminasi makanan

makanan dihinggapi lalat

Berbagai penelitian telah membuktikan keampuhan senyawa yang terdapat dalam cabe untuk memperlambat pertumbuhan bakteri dan khamir yang pada makanan.

Bahkan ekstrak cabe diyakini bisa menghentikan perkembangan racun yang dihasilkan bakteri kolera dalam makanan sehingga dapat mengurangi kemungkinan dampak buruk penyakit dari makanan yang bisa menyerang tubuh manusia.

Penting untuk Anda catat, bahwa penelitian tersebut tidak menggunakan cabe utuh. Melainkan masih menggunakan ekstrak cabe yang diuji di dalam tabung reaksi dan pengujiannya dikhususkan pada makanan.

5. Menjaga kadar gula tubuh

penyakit jantung boleh puasa

Sebuah penelitian yang mendukung hal ini, menyatakan bahwa makan 5 gram cabe sebelum makan makanan berkarbohidrat tinggi, bisa membantu menstabilkan kadar gula darah serta mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

kebiasaan sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh

Satu buah jalapeno bisa menyumbang sekitar 66 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Kandungan vitamin C yang tidak sedikit ini, dipercaya dapat membantu mengurangi kerusakan sel-sel tubuh yang diakibatkan oleh serangan radikal bebas.

Lebih dari itu, cabe jalapeno bahkan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara memperbanyak produksi sel darah putih guna mencegah penyakit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Manfaat Cumi-cumi untuk Kesehatan Tubuh (Beserta Efek Sampingnya)

Cumi-cumi merupakan menu favorit banyak pecinta seafood. Apa saja manfaat cumi-cumi untuk kesehatan, kalau tidak dimakan kebanyakan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Fakta Gizi, Nutrisi 8 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

Asupan makanan yang baik tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik saja, namun juga kesehatan mental. Simak makan terbaik untuk kesehatan jiwa di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Cara Menghitung Porsi Makan Ideal untuk Anda

Apakah selama ini Anda asal menyendokkan makanan ke piring? Jangan salah. Begini cara tepat untuk menghitung porsi makan ideal untuk orang dewasa.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 20 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Tak Hanya Segar, Ini 6 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

Tahukah Anda perasan air lemon itu banyak khasiatnya jika diminum di pagi hari? Agar tak bikin perut mulas, ini cara minum air lemon yang baik di pagi hari.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Tips Makan Sehat, Nutrisi 3 Agustus 2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

tangan panas

3 Trik untuk Hilangkan Rasa Panas di Tangan Akibat Mengolah Cabai

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
makanan tinggi antioksidan

7 Makanan Sumber Antioksidan Tinggi untuk Lawan Radikal Bebas

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 5 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
kwashiorkor adalah

Kwashiorkor, Masalah Gizi Anak karena Kurangnya Asupan Protein

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 29 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
kebutuhan karbohidrat

Berapa Batas Asupan Karbohidrat yang Ideal Per Hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit