Apakah Benzyl Alcohol Aman Digunakan dalam Produk Kesehatan Gigi dan Mulut?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Benzyl alcohol dapat ditemukan pada produk-produk yang digunakan sehari-hari. Salah satunya adalah dalam pasta gigi. Mencari tahu bahan-bahan yang terkandung dalam sebuah produk yang tertera pada label kemasan merupakan sebuah keharusan.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Oral Health Foundation menemukan bahwa hanya seperempat dari konsumen produk kesehatan gigi dan mulut yang mengerti bahan-bahan yang terkandung dalam sebuah produk. Survei yang sama juga menunjukan, hampir 3 dari 4 orang tidak selalu percaya klaim yang dilakukan produk kesehatan oral.

Namun bisa dibilang wajar, karena ketika kita melihat daftar bahan-bahan yang terkandung pada pasta gigi atau obat kumur, terdapat berbagai nama-nama ilmiah yang membingungkan. Bahkan terkadang kandungan air dalam produk akan dituliskan sebagai “aqua” sehingga sebagian orang sering bertanya-tanya.

Untuk itu, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai benzyl alcohol yang perlu Anda ketahui.

Apa itu benzyl alcohol?

Benzyl alcohol adalah cairan tanpa warna atau bening sama seperti alkohol pada umumnya, tetapi memiliki fungsi dan aplikasi yang berbeda. Jenis alkohol ini termasuk senyawa organik, memiliki aroma berbeda dengan alkohol biasa yang menyengat dan digunakan dalam berbagai formulasi kosmetik sebagai komponen pewangi. Pada pasta gigi, cairan ini berperan sebagai pelarut dan pengawet.

Penggunaan senyawa ini sebagian besar digunakan di bidang medis. Selain pasta gigi, benzyl alkohol terdapat pada obat antijamur dan antiradang. Zat ini bersifat mengawetkan sehingga digunakan juga sebagai pengawet umum dalam berbagai jenis obat yang disuntikkan (injectable drugs).

Jika Anda berpikiran bahwa benzyl alcohol sama dengan alkohol seperti yang terkandung pada minuman, Anda keliru. Jenis dan penggunaan benzyl alcohol dengan alkohol biasa jauh berbeda.

Alkohol pada minuman yang Anda ketahui adalah berjenis etanol. Jenis alkohol ini diperoleh dari hasil fermentasi ragi, gula, dan pati, sedangkan benzyl alcohol secara alami terdapat pada beberapa jenis tanaman dan buah tanpa perlu melewati proses fermentasi sama sekali.

Apakah aman digunakan pada mulut?

Benzyl alcohol merupakan unsur alami dan ditemukan di beberapa tanaman. Misalnya pada sebagian jenis buah yang dapat dikonsumsi, senyawa ini dapat ditemukan hingga 5 mg/kg. Lalu pada teh hijau sebanyak 1-30 mg/kg dan teh hitam sebanyak 1-15 mg/kg.

Ditambah lagi, senyawa ini juga digunakan sebagai zat penambah rasa pada beberapa makanan dan minuman pada jumlah yang mencapai 400 mg/kg. Contohnya seperti digunakan pada permen karet yang menyentuh angka hingga 1254 mg/kg.

Benzyl alcohol dimetabolisme menjadi asam benzoat dan diekskresi atau dibuang sebagai asam hippuric pada urin oleh tubuh manusia. Asupan harian yang ditetapkan WHO (World Health Organization) untuk benzyl alcohol adalah sebesar 5 mg/kg. Apabila pasta gigi atau produk kesehatan gigi lainnya mengandung bahan ini, tetapi berada di bawah angka yang dianjurkan, berarti masih aman untuk digunakan.

Jika kembali dibandingkan dengan etanol (jenis alkohol pada minuman), seperti yang sudah dijelaskan, benzyl alcohol memiliki fungsi dan proses yang berbeda saat dicerna oleh tubuh. Hal ini membuktikan bahwa benzyl alcohol merupakan jenis alkohol yang berbeda dengan alkohol biasa.

Kesimpulan

Perubahan benzyl alcohol menjadi asam benzoat yang terjadi karena metabolisme manusia sudah diketahui dengan baik oleh para ahli.

Dapat dikatakan bahwa benzyl alcohol tidak memberikan efek samping yang berbahaya atau mengancam kesehatan jika hanya digunakan dalam pasta gigi. Pasalnya, Anda bahkan dapat mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung zat ini, asalkan tidak melebihi batas anjuran yang telah ditetapkan. Selain itu, pasta gigi dan obat kumur mengharuskan Anda untuk membuangnya dan tidak ditelan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Ampuh dan Efektif

Tanpa Anda sadari, makan es krim, minuman panas, dan makanan manis bisa bikin gigi ngilu. Simak pilihan obat dan cara mengatasi gigi ngilu berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi, Benarkah Efektif?

Bangun pagi, mendadak ada jerawat merah besar? Katanya sih, oles odol saja. Tapi apa benar kita bisa menghilangkan jerawat dengan pasta gigi?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Jerawat, Kesehatan Kulit 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Penyebab Gigi Ngilu yang Mengganggu

Gigi ngilu bikin bete dan tidak nyaman? Untuk mengetahui berbagai penyebab gigi ngilu atau sensitif, simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 3 November 2020 . Waktu baca 7 menit

Hati-hati, Malas Bersihkan Mulut Bisa Munculkan Penyakit Serius

Mulut merupakan jendela masuknya bakteri ke dalam tubuh. Tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik bisa menyebabkan masalah kesehatan serius ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
kebersihan mulut
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 27 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat sariawan

Benarkah Obat Kumur Bisa Mengobati Sariawan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
obat kumur antiseptik

Mengenal Kandungan Obat Kumur Antiseptik dan Manfaatnya untuk Kesehatan Oral

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 10 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
obat jamur kuku alami

Panduan Lengkap Obat Jamur Kuku Oral dan Oles

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Konten Bersponsor
manfaat obat kumur anak

Ketahui 4 Manfaat Penting Obat Kumur untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Nadhila Erin
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit