backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Manfaat Unik Daun Sirih untuk Gigi dan Mulut

Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa · General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 07/09/2023

Manfaat Unik Daun Sirih untuk Gigi dan Mulut

Daun sirih merupakan tanaman yang dipercaya memiliki segudang manfaat, salah satunya untuk kesehatan gigi dan mulut. Hal itulah yang kemudian membuat orang-orang zaman dahulu memiliki kebiasaan untuk mengunyah daun ini. Apa saja manfaat yang bisa didapat?

Manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut

Manfaat daun sirih untuk kesehatan tak lepas dari kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Dalam daun ini, Anda bisa menemukan kalsium, kalium, serta vitamin C, A, B1, B2, dan B3.

Selain itu, daun sirih juga mengandung senyawa antibakteri yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Berikut sejumlah manfaat daun ini yang sayang untuk dilewatkan.

1. Menghilangkan bau mulut

Studi yang dirilis dalam Dentistry Journal menyebut, mengunyah daun sirih memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi air liur. Hal tersebut membantu mengatasi bau mulut akibat xerostomia (mulut kering).

Selain itu, daun ini juga mempunyai aroma yang segar ketika dikunyah. Hasilnya, napas yang semula bau akan menjadi lebih segar setelah mengunyah daun sirih.

2. Mengurangi risiko infeksi dalam mulut

manfaat daun sirih untuk gigi dan mulut salah satunya cegah kanker mulut

Daun sirih mengurangi risiko infeksi dengan cara melawan bakteri dalam mulut. Kemampuan tersebut berasal dari senyawa antibakteri yang terkandung dalam daun ini.

Jika pertumbuhan bakteri dalam mulut dapat dikontrol, risiko terkena penyakit infeksi seperti periodontitis akan berkurang. Selain itu, Anda juga akan terlindungi dari masalah gigi lainnya.

3. Mencegah gigi berlubang

Manfaat daun sirih untuk gigi berlubang berasal dari kemampuannya untuk meningkatkan produksi  air liur. Peningkatan produksi saliva tersebut akan terjadi ketika Anda mengunyah daun ini.

Air liur memiliki peranan penting dalam menetralkan asam di dalam mulut. Ketika kadar asam menjadi begitu tinggi akibat mulut kering, risiko gigi berlubang akan makin besar. 

4. Meredakan nyeri akibat sakit gigi

Daun sirih memiliki manfaat untuk meredakan sakit gigi yang disebabkan oleh radang gusi dan plak. Oleh sebab itu, bahan ini sering Anda temukan sebagai campuran pasta gigi.

Cara kerja daun ini dalam meredakan nyeri sakit gigi yaitu dengan membantu mengurangi plak. Plak gigi yang menumpuk diketahui dapat membentuk karang yang merusak gigi dan gusi.

5. Mengurangi risiko kanker mulut

Daun dengan nama latin Piper betle ini kaya akan antioksidan fenolik. Senyawa ini memiliki sifat antikanker yang berpotensi mengurangi risiko kanker rongga mulut.

Tak hanya fenolik, Anda juga bisa menemukan berbagai macam antioksidan lain dalam daun ini, di antaranya:

  • vitamin C, 
  • vitamin A, 
  • riboflavin, dan 
  • klorofil.

Khasiat yang bisa diperoleh dari daun ini mungkin akan berbeda pada masing-masing orang. Guna mengetahui manfaat daun sirih lebih lanjut untuk gigi dan mulut, konsultasikan ke dokter gigi.

Efek samping daun sirih yang perlu diperhatikan

manfaat dan bahaya menyirih

Manfaat mengunyah daun sirih untuk kesehatan memang banyak. Namun, jika dicampur dengan bahan seperti biji pinang, tembakau, dan kapur, aktivitas menyirih bisa berbahaya.

Berikut beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai.

1. Menimbulkan luka pada mulut

Bahan campuran saat menyirih bersifat keras sehingga bisa menimbulkan luka pada mulut. Dalam kondisi yang parah, aktivitas menyirih bahkan bisa membuat mulut dan rahang sulit digerakkan.

2. Meningkatnya risiko kecacatan janin

Beberapa penelitian melaporkan bahwa menyirih dapat mengakibatkan perubahan DNA pada janin. Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi bayi lahir dalam kondisi cacat.

3. Meningkatkan risiko kanker jika dicampur

Kombinasi antara daun sirih, biji pinang, kapur, dan tembakau dapat bersifat karsinogenik (meningkatkan risiko kanker). Jika terlalu sering dilakukan, menyirih bisa meningkatkan risiko kanker mulut dan tenggorokan.

Sebelum menggunakan daun sirih, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Nantinya, dokter akan menentukan apakah daun ini boleh digunakan sesuai kondisi Anda. Dengan begitu, potensi kemunculan efek samping dapat dikurangi.

Perlu diingat, menjaga kesehatan mulut dan gigi tidak cukup dengan menggunakan daun ini saja. Kebersihan mulut pun harus tetap dijaga.

Jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi setidaknya tiap enam bulan sekali.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan gigi dan mulut

  • Menghilangkan bau mulut.
  • Mengurangi risiko infeksi dalam mulut.
  • Mencegah gigi berlubang.
  • Meredakan nyeri akibat sakit gigi.
  • Mengurangi risiko kanker mulut.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa

General Practitioner · Universitas La Tansa Mashiro


Ditulis oleh Bayu Galih Permana · Tanggal diperbarui 07/09/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan