Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Catat, Berikut 8 Jenis Obat yang Bisa Membuat Mulut Kering

    Catat, Berikut 8 Jenis Obat yang Bisa Membuat Mulut Kering

    Obat bisa menjadi salah satu penyebab mulut kering. Saat mulut mengering, produksi air liur pun otomatis berkurang. Berikut ini daftar obat yang bisa membuat mulut Anda menjadi kering.

    Daftar obat yang menyebabkan mulut kering

    minum obat melebihi dosis

    1. Antibiotik

    Antibiotik berguna untuk menghilangkan infeksi akibat bakteri di dalam tubuh. Namun, antibiotik bisa memicu mulut menjadi kering. Biasanya antibiotik yang digunakan untuk mengobati radang paru, bronkitis, sinus, dan infeksi kulit inilah yang bisa menyebabkan mulut kering.

    2. Antidepresan

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa antidepresan trisiklik dan inhibitor monoamine oksidase bisa menyebabkan produksi air liur berkurang. Keduanya merupakan obat untuk mengatasi penyakit Parkinson.

    3. Bronkodilator

    Bronkodilator merupakan kumpulan obat yang digunakan untuk mengatasi penyakit paru. Bronkodilator mengandung agonis beta 2 atau antikolinergik yang bisa menghambat produksi lendir dan air liur di dalam mulut. Akibatnya, mulut terasa kering dan bibir pun mengalami pecah-pecah.

    4. Obat diare

    Meski bisa mengurangi kontraksi otot polos dan meredakan kejang, obat diare juga memiliki efek samping. Salah satu efeknya yaitu menyebabkan mulut menjadi kering. Untuk itu, Anda perlu minum lebih banyak air agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan mulut tidak kering.

    5. Antihistamin

    Antihistamin adalah obat yang membantu meringankan pilek, mata berair, dan alergi. Namun, obat ini menghambat sistem saraf parasimpatik untuk mengatur jaringan tubuh yang tidak disadari. Kondisi ini akhirnya mengakibatkan produksi air liur di dalam mulut berkurang.

    6. Obat penghilang rasa sakit

    Obat penghilang rasa sakit dari golongan narkotika dan opioid bisa merangsang penyerapan cairan dan elektrolit di dalam tubuh. Akibatnya, cairan yang tersisa di dalam mulut lebih sedikit dari biasanya dan membuatnya terasa kering.

    7. Diuretik

    Diuretik adalah obat yang membantu mengurangi jumlah air dan garam di dalam tubuh. Caranya dengan mengeluarkan kedua komponen ini melalui urine (air kencing). Jika Anda minum obat diuretik dengan dosis tinggi, cairan yang dikeluarkan pun akan semakin banyak. Berkurangnya cairan tubuh ini kemudian disertai dengan penurunan aktivitas kelenjar ludah. Akibatnya, mulut memproduksi lebih sedikit air liur.

    8. Obat antihipertensi

    Obat antihipertensi (obat darah tinggi) seperti alpha blocker dan beta blocker ternyata bisa menghambat produksi air liur. Selain itu, inhibitor ACE yang digunakan untuk mengatasi darah tinggi sekaligus diabetes dan ginjal juga ternyata bisa membuat mulut lebih kering dari biasanya.

    Bila Anda mengonsumsi obat-obatan di atas dan mengalami mulut kering, konsultasikan ke dokter. Dokter mungkin akan menyesuaikan lagi dosisnya atau mengganti obat Anda.


    Sering sakit gigi atau punya gigi sensitif?

    Yuk gabung Komunitas Gigi Mulut agar kamu bisa tanya dokter atau berbagi cerita bersama member lainnya.


    health-tool-icon

    Kalkulator BMI (IMT)

    Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    10 Medications That Cause Dry Mouth

    https://healthguides.healthgrades.com/understanding-oral-health-care/10-medications-that-cause-dry-mouth accessed on January 10th 2019

    Drug-Induced Dry Mouth

    https://www.pharmacytimes.com/publications/issue/2011/november2011/drug-induced-dry-mouth accessed on January 10th 2019

    Everything You Need to Know About Dry Mouth

    https://www.medicalnewstoday.com/articles/187640.php accessed on January 10th 2019

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui Jun 22, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita
    Next article: