🔥 Diskusi Menarik

Vagina gatal

Dok,vagina saya gatal semakin lama semakin parah. Dan di mr p suami saya ada benjolan sebesar biji jagung ada jg yg kecil. Kata matri saya tertular oleh suami saya. Mau periksa ke spesialis blum ada dana. Mohon pncerahannya dok.

1
157k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat, terima kasih atas pertanyaannya.


Keluhan gatal di area vagina bisa disebabkan banyak hal salah satunya keputihan yang tidak normal, infeksi menular seksual dan sebagainya.


Kurangnya menjaga kebersihan organ vital atau adanya penularan infeksi saat berhubungan seksual juga bisa membuat gatal area vital tersebut.


apabila sering digaruk hingga luka atau muncul bentukan jengger maka evaluasi juga kebersihan di area tersebut seperti apa, apakah juga ada riwayat berhubungan seksual sebelumnya dengan pasangan atau tidak.


Keputihan atau leukorea adalah cairan yang diproduksi vagina secara berkala. Jadi wajar kalau setiap hari keluar keputihan pada wanita.



Keputihan merupakan

kondisi normal yang tak selalu perlu dikhawatirkan kecuali keputihannya tidak normal maka harus di cek ke dokter.


Keputihan adalah hal normal dialami wanita, keputihan yang normal ditandai dengan:

- tidak berbau, jikapun ada, maka tidak menyengat atau berbau lain tidak sedap

- berwarna putih kekuningan

- tidak gatal


Pada saat tertentu keputihan bisa keluar lebih banyak dari biasanya seperti waktu menjelang haid atau setelah selesai haid.


Karena pada dasarnya vagina wanita mengandung flora normal yang dapat terganggu apabila terjadi infeksi atau pemicu lainnya.


Beberapa sebab keputihan tidak normal (berubah warna, berbau beda dari biasanya lebih menyengat dan gatal) antara lain:

- infeksi jamur

- infeksi bakteri seperti pada bakterial vaginosis

- penyakit kelamin yang menular dari pasangan.


Tips menjaga agar keputihan tidak mengganggu :

- jika banyak, sering berganti celana dalam agar tidak lembab

- jaga higiene atau kebersihan organ intim terutama setelah buang air kecil dan besar, pastikan bersih dan kering

- hindari menggunakan celana berbahan panas dan ketat

- hindari penggunaan cairan pembersih vagina yang terlalu sering dan berlebihan.

- untuk pengobatan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter karena beda sebab akan beda terapi.


Jika dirasa mengganggu,

sebaiknya segera berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (SpDVE) di fasilitas kesehatan terdekat.


Terimakasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saya memahami kekhawatiran Anda. Gatal pada vagina dan adanya benjolan di area genital bisa disebabkan oleh berbagai kondisi, termasuk infeksi jamur, infeksi bakteri, infeksi menular seksual, atau masalah kulit lainnya. Sangat penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter untuk diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai. Jika Anda tidak memiliki dana untuk berkonsultasi dengan spesialis, Anda bisa mencari layanan kesehatan yang mungkin menyediakan layanan kesehatan reproduksi dengan biaya yang terjangkau atau bahkan gratis. Anda juga bisa mencari informasi tentang program kesehatan masyarakat yang mungkin dapat membantu Anda. Selain itu, hindari melakukan hubungan seksual sampai Anda mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat untuk mencegah penularan infeksi. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis secepat mungkin. Semoga Anda segera mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan