🔥 Diskusi Menarik

Sakit perut

Hallo dok,, saya mau bertanya untuk masalah perut saya sudah beberapa hari ini sakit bagian bawah di tambah keputihan yang berlebih..

0
153k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat, terimakasih atas pertanyaannya.


Nyeri atau kram di perut bawah bisa disebabkan banyak hal. Nyeri mungkin dirasakan di perut kanan atas, tengah, bawah dengan sifat nyeri yang berbeda beda (sensasi ditusuk, diremas dan sebagainya) yang merupakan nyeri alih dari organ dalam perut. Tersering karena akan haid atau dispepsia (maag), untuk keluhan maag umumny setelah konsumsi obat penurun asam lambung, keluhan akan mereda.


Nyeri pada perut yang berpindah pindah seringkali sangat mengganggu kenyamanan, tentunya karena banyak sekali organ di dalam abdomen atau perut sehingga perlu diperjelas sumber nyerinya.


Penyebab tersering nyeri perut yaitu dari nyeri ulu hati akibat peningkatan asam lambung, nyeri tersebut dapat berpindah atau nyeri alih ke area sekitanya sehingga seringkali bisa dirasakan hingga ke perut kanan, kiri dan bawah.


Nyeri tersebut perlu dicari tahu penyebab pastinya yang mana, perlu dievaluasi lagi apakah terdapat gejala lainnya seperti demam, pendarahan dan lain sebagainya.


Beberapa poin penting, bahwa keluhan banyak sendawa, mual, perut begah itu mengarah ke Peningkatan asam lambung yang dapat dipicu oleh banyak faktor seperti pola makan yang tidak teratur, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung (pedas, asam, bersantan), dan stress.


Beberapa gejala yang dikeluhkan saat asam lambung meningkat antara lain:

- mual hingga muntah

- pusing

- nyeri kepala

- berkeringat dingin

- terkadang sensasi sesak (GERD, asam lambung naik hingga kerongkongan)

- nyeri ulu hati

- perut terasa penuh dan tidak nyaman

- banyak bersendawa


Apabila disertai keputihan yang tidak normal (warna berubah menjadi kehijauan, berbau menyengat beda dari biasanya, gatal) maka nyeri perutnya kemungkinan dari gangguan di saluran reproduksi


Perlu pemeriksaan langsung dengan dokter untuk kondisi ini.

Segera periksakan diri anda ke fasilitas kesehatan terdekat.


Semoga membantu, terima kasih

4 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Sakit perut yang berkelanjutan dan keputihan yang berlebihan bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang perlu ditangani dengan serius. Dokter akan dapat melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin tes tambahan untuk menentukan penyebab pasti dari gejala yang Anda alami. Jangan tunda kunjungan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
4 minggu yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan