🔥 Diskusi Menarik

Saat berhubungan seks keluar darah lumayan banyak

Halo dok. Saya mau tanya. Saya 2 bulan terakhir ini sering terlambat mens. Nah bulan terakhir terlambat 2 Minggu jadi mens bulan ini sudah sekitar 1 Minggu lebih. Nah hari ini itu saya terakhir mens tidak ada darah sama sekali yang keluar. Hanya saja siang hari pada saat saya buang air kecil ada keluar sedikit sekali gumpalan darah. Setelah itu tidak ada darah sama sekali. Pagi juga tidak keluar darah. Hanya siang saat buang air kecil. Nah karena saya rasa mens sudah selesai malamnya saya dan suami berhubungan. Saat berhubungan sudah sekitar 20 menitan saya merasa ada yang aneh. Ternyata banyak darah yang keluar dok. Sama ada gumpalan kecil" seperti saat dapat mens. Itu kira" sisa mens atau bagaimana dok?

Saya sangat takut dok. Terima kasih🙏

0
157k
2 komen

2 komentar

Hallo Sobat sehat, terima kasih atas pertanyaan nya.

Ada beberapa kemungkinan penyebab perdarahan vagina setelah berhubungan intim, ada yang berbahaya ada juga yang tidak berbahaya. Kemungkinan penyebabnya antara lain:

  • Sisa darah menstruasi yang belum selesai betul.
  • Vagina kering karena berbagai sebab seperti kurangnya foreplay, atrofi vagina, gangguan keseimbangan hormon, dll
  • Gesekan penis terlalu kasar dan melukai mukosa vagina.
  • Infeksi di vagina, sialnya karena penyakit menular seksual, penyakit radang panggul, dll
  • Kanker leher rahim / serviks.

Bila perdarahan vagina Anda berupa sisa menstruasi, tentunya ini tidak terlalu berbahaya, apalagi bila suami Anda menggunakan kondom saat berhubungan intim. Tapi bila perdarahan disebabkan oleh kanker serviks tentu berbahaya bila tidak segera ditangani dengan sesuai. Jadi untuk mengetahui apakah kondisi yang Anda alami ini berbahaya atau tidak, dokter perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya, bisa dengan papsmear, biopsi, USG, dll.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya perdarahan vagina setelah selesai berhubungan sex:

  • Tunggu hingga menstruasi selesai betul
  • Lakukan foreplay yang memadai untuk istri, sehingga terdapat cukup lubrikan. Bila istri kesulitan menghasilkan lubrikan dapat digunakan lubrikan buatan yang berbahan dasar air.
  • Minta agar suami tidak terlampau kasar saat berhubungan intim agar tidak sampai terjadi perdarahan.
  • lakukan papsmear secara rutin sesuai anjuran (berdasarkan usia dan faktor risiko)
  • vaksinasi HPV
  • Jangan berhubungan sex dengan orang lain kecuali suami, demikian juga suami jangan berhubungan sex dengan orang lain kecuali Anda (exclusive monogamy)
  • Periksakan diri ke dokter bila keluhan Anda tidak membaik.


1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Tidak cukup data untuk memberikan jawaban yang akurat. Saya sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk evaluasi lebih lanjut. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan