🔥 Diskusi Menarik

Menstruasi

Halo dok, sudah beberapa bulan ini haid saya jadi tidak banyak dok. Untuk keluar haidnya masih sama 3-5 hari dok, yang 3 hari deras. Hari ke 4-5 sedikit. hanya saja volume darah nya jadi berkurang dok. Biasanya saya menggunakan pembalut itu yang 35cm sekarang hanya pakai yang 22cm apakah ada masalah dalam rahim saya dok? Saya juga sering begadang dok. Waktu bulan lalu di tensi, tensi saya rendah. Apakah kekurangan darah apa bagaimana. Dan gimana cara ngatasinya ya dok agar kembali normal? Terimakasih 🙏

0
157k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat,


Sedikit banyaknya darah haid yang keluar saat menstruasi bisa bervariasi, umumnya di awal dimulai dengan flek cokelat yang sedikit lalu lama kelamaan semakin bertambah volumenya lalu akan semakin sedikit sampai berhenti sesuai lama haid di tiap siklusnya. siklus normalnya setiap 21-35 hari dan lamanya 3-7 hari dan bisa sampai maksimal 14 hari. Jika masih dalam range nya maka tidak masalah.


Namun pada sebagian wanita justrus di awal haid keluar darah banyak dan itu tidak masalah jika tidak ada gejala lain yang mengganggu atau pencetus lainnya.


Jika terdapat kecenderungan naik turun volume darahnya namun masih dalam siklus nya maka tidak menjadi masalah, namun apabila terdapat perubahan pada volume yang berbeda dari biasanya perlu dievaluasi:


-apakah menggunakan alat kontrasepsi seperti kb suntik atau pil

-apakah sedang kelelahan dan stress yang sangat berat

-kemungkinan ada penyakit di saluran reproduksi (ini perlu pemeriksaan dahulu oleh dokter spesialis obgyn)

-perhatikan juga volume darah pada setiap kali siklus haid.


Jika haid memanjang lebih dari 15 hari dengan volume darah naik turun tidak berhenti maka periksakan langsung ke dokter spesialis kandungan di fasilitas kesehatan terdekat.


terima kasih

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan deskripsi Anda, penurunan volume darah menstruasi dan perubahan pola haid yang Anda alami bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kebiasaan begadang dan tekanan darah rendah. Kondisi ini mungkin mengindikasikan adanya ketidakseimbangan hormon atau kekurangan zat besi dalam tubuh. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut: 1. Konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat. 2. Perhatikan pola tidur dan hindari begadang untuk menjaga keseimbangan hormon. 3. Konsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti daging merah, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan. 4. Minum suplemen zat besi jika diperlukan, tetapi konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. 5. Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah. Jika masalah ini terus berlanjut atau memburuk, segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga Anda segera pulih dan kembali normal. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan