🔥 Diskusi Menarik

Halo dok

permisi dok mau bertanya saya itu keluar flek coklat gtu tpi tidak kunjung haid trus pas kencing itu ada sedikit kerasa Kya habis nahan pipis gtu trus skrng malah pinggang saya sakit Kya nyeri saya sakit apa saya takut sekali mana baru lulus smk dok belum keluar ijazah pula saya gatau sakit apa

0
159k
2 komen

2 komentar

Hallo Sobat sehat, terima kasih atas pertanyaan nya.

Siklus haid yang datang terlambat dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan, diantaranya:

  1. Kehamilan: Jika anda sudah menikah dan aktif melakukan hubungan intim, maka kehamilan sangat mungkin terjadi saat haid terlambat.
  2. Alat kontrasepsi: Beberapa alat kontrasepsi seperti pil KB, KB suntik, implan dan IUD dapat membuat siklus haid menjadi tidak teratur dan terkadangan menyebabkan terjadinya flek atau bercak darah diluar siklus haid.
  3. Pola hidup sehari-hari: Olahraga terlalu berat dan berat badan turun atau meningkat drastis dapat mengganggu siklus haid menjadi tidak lancar. Selain itu stress juga dapat menyebabkan terganggunya siklus haid.
  4. Sindrom ovarium polikistik: Merupakan kumpulan gejala yang disebabkan oleh kista kecil didalam indung telur, sehingga membuat hormon menjadi tidak seimbang.
  5. Gangguan pada kelenjar tiroid

Jika anda sudah menikah maka sebaiknya menggunakan test pack terlebih dahulu untuk membantu mendeteksi adanya kehamilan. Jika hasil test pack positif, maka sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan kehamilan tersebut. Jika hasilnya negatif cobalah diulang satu minggu kemudian ya. Tips-tips yang dapat dilakukan untuk membantu siklus haid agar teratur diantaranya:

  • Makan makanan bergizi dan hindari makanan cepat saji maupun berpengawet.
  • Hindari dan kendalikan stress.
  • Cukup beristirahat.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Hindari rokok dan minuman beralkohol.
  • Menjaga berat badan tetap dalam batas ideal.

Mengenai keluhan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tersendat-sendat dan sering buang air kecil memang paling sering disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Pada umumnya infeksi saluran kemih tidak berhubungan secara langsung dengan siklus haid yang terlambat ya. Terkecuali infeksi sudah terjadi berulang dan sudah parah, barulah kemungkinan infeksi dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan mempengaruhi siklus haid atau menstruasi. Tetapi keluhan yang anda alami tidak hanya dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, kemungkinan penyebab lain diantaranya:

  1. Infeksi saluran kemih: Merupakan infeksi pada saluran kencing yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Gejala yang timbul yaitu nyeri saat BAK, tidak lampias, pancaran terputus putus, perlu mengedan, BAK keluar sedikit sedikit dan dapat disertai demam,mual dan muntah.
  2. Batu saluran kencing: Gejala yang ditimbulkan serupa dengan infeksi saluran kencing, tergantung letak dan ukuran batunya. Namun jarang menyebabkan demam, kecuali sumbatan tersebut sudah menimbulkan komplikasi infeksi saluran kencing.
  3. Kandung kemih yang terlalu aktif: Kondisi dimana otot kandung kemih berkontraksi secara tiba tiba dan tidak terkontrol, sehingga menyebabkan keinginan untuk BAK walaupun kandung kemih belum penuh.
  4. Kehamilan
  5. Faktor psikologis

Untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang dirasakan, sebaiknya anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi. Dokter akan melakukan anamnesa (wawancara) dan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang seperti urinalisa, ultrasonografi, tes darah bila diperlukan. Sehingga pengobatan dapat diberikan sesuai dengan penyebab dari keluhan tersebut. Tips-tips yang dapat dilakukan:

  • Tidak memakai sabun-sabun khusus pembersih alat kemaluan
  • Membersihkan kelamin dengan air mengalir setiap setelah BAK
  • Memakai celana dalam berbahan katun sehingga dapat menyerap keringat
  • Banyak minum air putih minimal 2 liter sehari
  • Jangan suka menahan kencing

Sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan gejala yang Anda alami, seperti keluar flek coklat, nyeri saat kencing, nyeri pinggang, dan ketakutan karena belum mengetahui penyebabnya, ada beberapa kemungkinan kondisi yang bisa menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah infeksi saluran kemih (ISK) yang dapat menyebabkan gejala seperti nyeri saat kencing dan nyeri pinggang. Namun, untuk diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan atau dokter umum. Jangan khawatir, segera temui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Jangan menunda-nunda kunjungan ke dokter karena kesehatan Anda sangat penting. Semoga segera mendapatkan penanganan yang tepat dan sembuh secepatnya. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan