🔥 Diskusi Menarik

Haid terlambat

Dok sudah hampir 2 bulan saya tidak datang bulan, terakhir di bulan April lalu. Saya umur 25 tahun,single. Biasanya selalu normal rutin setiap bulannya dengan lamanya period 5hari. Apakah ini berbahaya dok ?

0
157k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat, terima kasih atas pertanyaannya.


Terlambat haid sering dialami oleh wanita bahkan hingga tidak haid sama sekali atau disebut juga istilahnya amenorea. Siklus haid juga bervariasi rata-rata 21-35 hari, bisa maju atau mundur dengan durasi 3-7 hari hingga 14 hari lama haidnya. apabila masih dalam range siklusnya (21-35 hari, misal hari ini haid, maka hari ke 21-35 dari hari ini akan haid lagi) apabila maju atau mundur tidak menjadi masalah jika masih dalam range normalnya.


jika sampai 2 bulan belum haid padahal sebelumnya lancar maka sebaiknya periksakan segera.


Apabila belum diketahui penyebabnya terlambat haid, maka perlu dicari tahu terlebih dahulu:

-riwayat penggunaan KB apabila sudah menikah dan sedang menggunakan KB

-faktor stress yang sedang dialami

-kelelahan

-keteraturan siklus haid yang berjalan selama ini

-apabila sudah menikah, pastikan dengan pemeriksaan testpack, yang paling mudah dilakukan untuk melihat apakah dari kehamilan atau bukan.

-apakah disertai dengan gejala lainnya.


Jika sudah aktif berhubungan seksual, silakan lakukan dulu testpack, Apabila hasil testpack negatif,.maka silakan evaluasi penyebab lain yang disebutkan diatas, apakah kelelahan, stress atau memang pola haid memang tidak teratur.


kondisi stress juga dapat memicu gangguan hormonal tubuh wanita sehingga mempengaruhi siklus menstruasi.


Terkait kondisi yang diceritakan, silakan pantau poin diatas dan sebaiknya lanjut berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan terdekat untuk diperiksakan langsung



Semoga membantu, terima kasih

3 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Telat datang bulan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk stres, perubahan pola makan, penggunaan alat kontrasepsi hormonal, dan kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes atau penyakit Celiac. Telat datang bulan selama 2 bulan bisa menjadi tanda masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Saya sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis untuk mengetahui penyebab pasti dari keterlambatan menstruasi Anda. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
3 minggu yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan