🔥 Diskusi Menarik

haid lama

dok izin bertanya.

saya menstruasi dari tgl 11 mei sampe sekarang tgl 12 juni saya masih mengalami menstruasi..tapi darah haid nya tdk banyak seperti darah haid pada umumnya.

4 bln kebelakang pun saya mengalami menstruasi sampe 2 bln. tapi darahnya seperti flek saja. pertanyaannya apakah ini bahaya dok?

jujurly saya takut...

mohon jawabannya dok.

trimksiii

0
157k
2 komen

2 komentar

Halo sobat sehat, terima kasih atas pertanyaannya.


Haid atau menstruasi tidak teratur merupakan kondisi haid tidak sesuai dengan siklus yang seharusnya, mungkin memanjang atau memendek. Perlu diperjelas juga siklus haid yang berjalan selama ini seperti apa.


keluar flek berkepanjangan juga perlu diperhatikan apakah masuk siklus haid atau diluar siklus haid, jika diluar siklus haid maka perlu diwaspadai.


perubahan siklus haid tersering karena faktor hormonal hingga adanya penyakit atau gangguan di organ reproduksi wanita.


Siklus haid umumnya setiap 21-35 hari sekali (misalnya hari ini hari pertama mulai haid maka hari ke 21-35 dari hari ini akan haid lagi) dengan durasi 3-7 hari bisa memendek atau memanjang tergantung kondisi tiap individu. apabila lebih dari 14 hari maka sebaiknya dicek ke dokter kandungan.


Namun Apabila terjadi perubahan pola tiba-tiba pun perlu dicari tahu sebabnya.

Kondisi haid tidak lancar atau tidak teratur dipicu oleh berbagai faktor seperti:

- faktor kejiwaan misalnya stress

- kelelahan yang sangat

- ketidakseimbangan hormon akibat penyakit di saluran reproduksi

- berat badan yang terlalu rendah atau berat badan berlebih

- ada sebab lainnya misal kista dan lain sebagainya.

- penggunaan alat kontrasepsi atau KB misalnya kb suntik atau kb pil

- pada wanita usia menuju 40 tahun perubahan siklus mens bisa mengarah kepada proses menuju menopause


Dan sebagainya.


saran silakan evaluasi faktor lain seperti stress dan kelelahan yang anda rasakan, lalu apakah menggunakan KB atau tidak, karena penggunaan KB akan mengganggu siklus mens.

untuk memastikan kembali, sebaiknya periksakan langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan di fasilitas kesehatan terdekat


Semoga membantu, terima kasih

3 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Dari informasi yang Anda berikan, menstruasi yang berlangsung selama lebih dari satu bulan dengan darah haid yang tidak banyak dan seperti flek bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan. Beberapa kemungkinan penyebabnya termasuk gangguan hormonal, gangguan tiroid, endometriosis, fibroid rahim, atau kondisi lain yang memengaruhi siklus menstruasi Anda. Saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang tepat. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin juga tes tambahan untuk mengetahui penyebab dari masalah menstruasi yang Anda alami. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis agar Anda dapat mendapatkan perawatan yang sesuai dan mengatasi kekhawatiran Anda. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain yang ingin ditanyakan?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan