🔥 Diskusi Menarik

Darah Kista, atau darah menstruasi?

Dok, saya mau tanya. Sebelumnya, usia saya 24thn. Nah, 2mnggu lalu saya divonis kista ovarium kanan berukuran 3,9cm berdasarkan hasil usg. Nah, rencananya tanggal 24 Juni ini, saya balik lagi ke rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Tapi, Dok, sudah seminggu pasca saya kontrol kedua, perut saya terus-terusan nyeri, melilit dari perut bagian bawah sampai ke pinggang. Bahkan kadang sampai keringat dingin. Lalu, jumat lalu saya menstruasi, biasanya saat mens, hanya 3-5hari saja, Dok. Sementara ini sudah hampir 10hari belum berhenti. Yang lucunya, tak ada darah yang keluar saat saya tidak buang air kecil. Tapi, saat saya buang air kecil, keluar darah memanjang seperti benang yang bisa ditarik. Itu kenapa ya, Dok? Rasanya nyeri sekali.

0
159k
2 komen

2 komentar

Hallo Sobat sehat, terima kasih atas pertanyaan nya.

Nyeri di perut bawah, mulas, nyeri pinggang, disertai menstruasi yang durasinya lama dan berdarah banyak sebagaimana yang Anda alami memang mungkin saja menandakan organ reproduksinya terganggu, semisal karena endometriosis, radang panggul, kista ovarium, adenomiosis, miom, kanker serviks, kanker rahim, dan sebagainya. Kondisi-kondisi ini tidak selalu berkaitan dengan riwayat keguguran dan penanganannya yang istri Anda jalani sebelumnya.

Bisa juga, sesungguhnya keluhan-keluhan yang dialami Anda tersebut muncul murni karena pencetus lain, seperti efek samping obat, pengaruh kontrasepsi, gangguan hormon, gastroenteritis, hernia, infeksi atau batu ginjal, sistitis, batu kandung kemih, kram otot, gangguan psikis, dan banyak lagi kondisi medis lainnya.

Menyikapi kondisi Anda, sebaiknya Anda tidak dulu khawatir. Bantu Anda mengatasi keluhannya dengan:

  • Mempersilakan istirahat cukup setiap hari
  • Kompres hangat perut dan pinggangnya yang terasa tidak nyaman, jangan sembarangan diurut
  • Himbau istri Anda agar rutin berolahraga, tenangkan diri agar tidak stres, dan jangan sembarangan meminum obat/ jamu tanpa saran dokter
  • Ingatkan istri Anda agar tidak gemar menahan buang air besar ataupun kecil, tidak pula berlebihan mengangkat beban berat
  • Beri istri Anda banyak minum air putih dan makan makanan bernilai gizi seimbang

Apabila dirasa nyeri yang muncul sangat tidak tertahankan, atau apabila muncul demam tinggi, perdarahan menstruasi lebih dari 2 minggu, perdarahan menstruasi masif (lebih dari 10 pembalut sehari), muntah-muntah, pucat, lemas, berkeringat dingin, atau keluhan lain yang lebih berat, jangan segan Anda dampingi ia periksa langsung ke dokter terdekat ya.. Jika dirasa perlu, nantinya dokter tersebut akan mengarahkan Anda agar menjalani pemeriksaan penunjang (seperti rontgen, tes urin, USG) bahkan merujuknya ke dokter spesialis yang tepat (seperti kandungan, penyakit dalam).

4 minggu yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan gejala yang Anda alami, seperti nyeri perut yang melilit dari perut bagian bawah hingga pinggang, menstruasi yang berlangsung lebih dari 10 hari dengan darah yang keluar saat buang air kecil, dan keringat dingin, serta riwayat kista ovarium kanan, ada kemungkinan bahwa Anda mengalami komplikasi dari kista ovarium atau masalah lain seperti endometriosis. Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di luar rahim, termasuk di ovarium. Saya sarankan Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk evaluasi lebih lanjut dan penanganan yang tepat. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik, USG, dan tes lainnya untuk menegakkan diagnosis dan merencanakan pengobatan yang sesuai. Jangan tunda kunjungan ke dokter, terutama jika gejala Anda semakin memburuk atau Anda mengalami nyeri yang tidak tertahankan. Semoga Anda segera mendapatkan penanganan yang tepat dan pulih dengan cepat. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan