🔥 Diskusi Menarik

Pengaruh menghirup tembakau pada ibu hamil

Halo dok, saya ingin bertanya.


Istri saya bekerja di pabrik rokok, dan di pabrik ada aturan bahwa wanita hamil tidak diperbolehkan bekerja dan harus keluar.


Apakah menghirup bau tembakau / rokok yang tidak di bakar berbahaya bagi ibu hamil dan janin? Apa dampaknya bagi ibu hamil dan janin? Terimakasih

0
173k
3 komen

3 komentar

Hallo Muh. Arif Ramadhan, terima kasih atas pertanyaan nya.

menghirup kombinasi asap dari pembakaran rokok dan asap yang dikeluarkan oleh perokok. Asap yang membakar habis rokok mengandung zat yang lebih berbahaya (tar, karbon monoksida, nikotin, dan lainnya) daripada asap yang dihirup oleh perokok.

Jika Anda terus terpapar asap rokok saat hamil, Anda akan memiliki resiko untuk keguguran, bayi dengan berat lahir rendah, bayi dengan cacat lahir, gangguan kognitif/ belajar pada anak, dan komplikasi kehamilan lainnya. Bayi dan anak-anak yang terpapar asap rokok juga dapat memiliki resiko asma, alergi, infeksi paru-paru dan infeksi telinga yang lebih sering, dan memiliki risiko lebih tinggi untuk sindrom kematian bayi mendadak.

Untuk info lebih lanjut nya anda bisa konsultasi kembali dengan dokter spesialis kandungan.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas
@Bidan Fani Mardliani Rohimah

Kalau di pabrik rokok, tidak terpapar asap rokok.

Tetapi hanya menghirup bau tembakaunya saja, itu bagaimana ya?

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Merokok saat hamil dapat memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Nikotin, karbon monoksida, dan berbagai racun lain dari rokok dapat terbawa ke aliran darah ibu hamil dan menuju ke janin dalam kandungan. Hal ini dapat menghambat penyerapan oksigen oleh tubuh, menyebabkan kekurangan oksigen yang dapat berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, menghirup asap rokok sebagai perokok pasif juga dapat meningkatkan risiko keguguran, kelahiran bayi mati, kehamilan tuba, berat badan lahir rendah, dan komplikasi lainnya dari kehamilan. Bayi yang terpapar asap rokok juga berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan seperti asma, alergi, infeksi paru-paru dan telinga, serta kematian bayi mendadak (SIDS). Jadi, sangat penting bagi ibu hamil untuk menghindari paparan asap rokok, baik dari merokok sendiri maupun sebagai perokok pasif. Jika istri Anda bekerja di pabrik rokok dan terpapar bau tembakau atau asap rokok, sebaiknya dia mengambil langkah-langkah untuk melindungi dirinya dan janin, seperti menggunakan masker atau meminta izin untuk bekerja di area yang bebas dari asap rokok. Jika Anda atau istri Anda memiliki kekhawatiran lebih lanjut tentang dampak menghirup bau tembakau pada ibu hamil dan janin, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan informasi dan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing.
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan