🔥 Diskusi Menarik

Mengkonsumsi Asam Folat untuk penderita Endometriosis

Hi dok...Sy umur 35 tahun penderita Endometriosis dgn ukuran 4.7cm dan berencana untuk hamil. Sy skrg sudah mencoba untuk mengkonsumsi asam folat selama 2 bulan ini dengan dosis 1000mcg. Pertanyaaan saya, apakah dosis itu sudah memenuhi kebutuhan saya atau justru kelebihan? Terimakasih

0
173k
2 komen

2 komentar

Hallo Linda Ayu Puspita, terima kasih atas pertanyaan nya.

Asam folat untuk program hamil mempunyai peran penting sebagai nutrisi untuk meningkatkan kesuburan, membantu tumbuh kembang janin dalam kandungan,serta mencegah cacat janin.asam folat menjadi salah satu kiat sukses bagi para pasutri yang sedang merencanakan untuk mendapatkan momongan.Kebutuhan asam folat untuk wanita yang sedang menjalankan program hamil adalah 400 mikrogram (mcg) atau 0,4 miligram (mg) per hari. Setidaknya dikonsumsi sebulan sebelum masa konsepsi atau pembuahan. Dosis 400 mcg atau 0,4 mg asam folat tersebut bisa didapatkan dari makanan yang mengandung asam folat atau pun dari suplemen.

Makanan sumber asam folatyang bisa Anda temukan dengan mudah, antara lain:

  • Sayuran hijau,seperti asparagus, brokoli, bayam, sawi hijau, kubis Brussel.
  • Buah-buahan,seperti jeruk, alpukat, dan bit.
  • Kacang-kacangan,seperti kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang tanah, dan kacang kedelai.
  • Biji-bijian,seperti gandum dan sereal.
  • Hati sapi,makanan laut, salmon, telur,dan susu rendah lemak.Hati sapi memang tinggi asam folat tapi juga tinggi kolesterol, jadi dianjurkan untuk tidak banyak dalam mengonsumsinya.

Penggunaan suplemen asam folat untuk program hamil disarankan sesuai anjuran dan resep dokter. Hal tersebut untuk menghindari efek samping dan reaksi merugikan yang mungkin dapat ditimbulkan setelah mengonsumsi asam folat. saran saya anda bisa melakukan konsultasi program hamil dengan dokter kandungan sehingga mendapatkan solusi yang tepat.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Berdasarkan informasi yang Anda berikan, dosis asam folat yang Anda konsumsi sebesar 1000 mcg (1 mg) per hari sebenarnya sudah melebihi kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk wanita yang merencanakan kehamilan, yaitu sekitar 400-800 mcg per hari. Konsumsi asam folat dosis tinggi dapat menyebabkan efek samping seperti mual, rasa tidak enak pada mulut, kehilangan selera makan, dan gangguan pola tidur. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menyesuaikan dosis asam folat yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berdasarkan kondisi kesehatan dan rencana kehamilan Anda. Dokter akan dapat memberikan saran yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Apakah Anda memiliki pertanyaan lain terkait masalah ini atau hal lainnya?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan