🔥 Diskusi Menarik

Keputihan

Dok wajar ga sii kalo hamil itu keputihan, tapi keputihan nya bau gitu.. itu gimana ya dok

0
173k
2 komen

2 komentar

Hallo sobat sehat, terima kasih atas pertanyaan nya.

Keputihan saat hamil umumnya hal yang normal terjadi kondisi ini terjadi akibat peningkatkan kadar hormon estrogen dan aliran darah ke vagina, keputihan yang normal ditandai dengan keputihan yang berwarna bening atau putih, tidak berbau dan tidak menimbulkan gejala. Namun selain keputihan normal, terdapat juga keputihan abnormal yang bisa terjadi pada ibu hamil yang disebabkan oleh infeksi seperti :

  • Vaginosis bakterialis yang disebabkan oleh infeksi bakteri
  • Candidiasis yang disebabkan oleh infeksi jamur
  • Trikomoniasis yang disebabkan oleh parasit

Keputihan abnormal ditandai dengan keputihan yang berubah warna, berbau, dan menimbulkan keluhan gatal atau nyeri dan lainnya. Untuk kondisi anda jika berbau maka bisa mengarah pada keputihan abnormal, nah untuk mengatasinya anda perlu konsultasi lebih lanjut ke dokter secara langsung bisa sekalian periksa kehamilan anda juga. Dimana akan ditangani keputihan anda sesuai penyebab infeksinya, jika tidak ditangani dengan baik keputihan pada ibu hamil bisa mengalami resiko seperti kelainan pada janin, kelahiran prematur atau janin lahir dengan berat badan rendah.

1 bulan yang lalu
Suka
Balas

Hai Sobat Sehat, pertanyaan Anda telah kami terima. Kami akan membantu memberikan penjelasan secara umum terlebih dulu, sebelum pakar kami memberikan respons ya.


Keputihan saat hamil memang normal terjadi dan biasanya disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Namun, jika keputihan tersebut berbau tidak sedap, seperti bau yang menyengat, itu bisa menjadi tanda adanya infeksi. Infeksi jamur atau infeksi bakteri seperti bacterial vaginosis bisa menyebabkan keputihan berbau tidak sedap. Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan pengobatan yang sesuai. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes laboratorium untuk mengetahui penyebab keputihan yang berbau tidak sedap tersebut. Jangan ragu untuk segera mencari bantuan medis jika Anda mengalami keputihan yang tidak normal selama kehamilan. Semoga informasi ini membantu, apakah Anda memiliki pertanyaan lain?
1 bulan yang lalu
Suka
masukan
warningDisclaimer: Informasi yang disampaikan di atas adalah informasi umum, bukan pengganti saran medis resmi dari dokter atau pakar.
Related content
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan