🔥 Diskusi Menarik

Hamil

Dok, saya debby saya mau tanya, saya punya riwayat kehamilan pertama keguguran dan kuret, kehamilan kedua lahir prematur usia kandungan 26 minggu meninggal, dan kehamilan ketiga lahir prematur usia kandungan 27minggu selamat hanya sehari di ruang nicu, unt kehamilan kedua dan ketiga di usia itu saya tiba2 kontraksi dan di bawa ke RS selalu dibilang sudah pembukaan... Dokter terakhir bilang mulut rahim saya mudah terbuka dan harus ikat rahim krn saya dan suami selalu pindah kontrakan krn kerjaan suami, jd kami tdk balik ke dokter yg sblmnya... Hamil saya yg ke empat ini apa yg harus saya lakukan supaya tdk terjadi lahir prematur lagi dan suami saya selalu gak mau kalo proses ikat rahim atas permintaan sendiri krn akan dikenakan biaya sdngkan kami mengandalkan BPJS dok... Jadi saya harus gmn untuk bisa dpt konsultasi dan perawatan yg baik untuk kehamilan saya ini... Krn saya sudah selalu nyeri perut dan spt ada yg mau turun selama hamil ini usia kandungan 18minggu ... Mohon responnya dok 🙏

11
172k
1 komen

1 komentar

Halo Debby Fawzyah Untomo, terima kasih atas pertanyaannya.


Kelahiran prematur yang berulang dapat disebabkan oleh kondisi medis atau kondisi fisik ibu. Beberapa penyebab kelahiran prematur antara lain:

- cervix incompetence atau inkompetensi serviks yaitu lemahnya mulut rahim

- infeksi selama kehamilan

- gizi buruk saat ham

- ketuban pecah dini

- riwayat kelahiran prematur sebelumnya.


Poin terakhir mengenai riwayat kelahiran prematur sebelumnya dapat mempengaruhi kehamilan selanjutnya. Dalam sebuah penwlitian disebutkan bahwa ibu yang pernah melahirkan prematur satu kali beresiko 15% akan lahir prematur kembali di persalinan selanjutnya.


Hal ini perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Perlu dicari tahu penyebab persalina prematur berulang yang dialami.


Beberapa tips mencegah persalinan prematur:

- lalukan pemeriksaa kehamilan rutin dan lebih sering dibandingkan biasanya

- makan minum bergizi

- batasi kegiatan, jangan terlalu lelah

- istirahatn yang cukup

- manajemen stress ini samgat penting karena sedikit banyak akan mempengaruhi selama proses hamil

- jika permasalahan pada cerviks dapat dilakukan pencegahan dengan cerclage. Wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan terdekat


Oleh karena itu, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kandungan perihal pencegahan persalinan prematur ini mengingat riwayat sebelumnya lebih dati 1x dan tentunya membutuhkan usaha luar biasa salah satunya lebih rutin lagi berkonsultasi.

2 tahun yang lalu
Suka
Balas
Temukan komunitas Anda
Jelajahi berbagai jenis komunitas yang ada dan paling sesuai dengan kondisi kesehatan yang Anda hadapi.
Iklan
Iklan