Bolehkah Memakai Bra yang Sama Lebih dari Sehari?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Sebelum melempar bra Anda ke dalam bak cucian, pasti Anda pernah merasa ragu-ragu. Sebaiknya langsung dicuci atau dipakai sekali lagi, ya? Kalau hal tersebut pernah Anda alami, maka Anda tidak sendirian. Kebanyakan wanita memang sering merasa bingung soal pemakaian bra yang baik. Padahal, merawat dan menjaga kebersihan bra adalah salah satu cara untuk menjaga keindahan payudara Anda. Ada yang sekali pakai langsung dicuci, tapi ada juga yang memakainya berkali-kali baru dicuci. Lalu yang mana yang lebih baik untuk merawat bra Anda? Nah, untuk menjawab kebingungan kaum Hawa ini, Hello Sehat telah menghimpun informasi seputar cara menyimpan dan mencuci bra yang benar. Simak baik-baik jawabannya berikut ini.

Risiko mencuci bra terlalu sering

Hati-hati kalau Anda adalah tipe orang yang langsung mencuci bra Anda setelah dipakai satu kali. Pasalnya, mencuci bra terlalu sering bisa merusak bentuk dan kualitasnya. Bra yang kerap dicuci, entah dengan mesin cuci atau dengan tangan, akan kehilangan kelenturannya. Bentuk cup bra juga akan lama-lama berubah karena kena tekanan, gesekan, dan tekukan saat mencuci. Selain itu jika terlalu sering direndam dalam air dan dikeringkan, bra Anda jadi lebih mudah melar dan memuai. Masalahnya, kadang perubahan ini tidak begitu terasa ketika Anda mengenakan bra. Anda pun akan tetap mengenakan bra tersebut meskipun kualitasnya sudah jauh berkurang.  

Kalau bra yang Anda kenakan bentuknya sudah berubah atau bahkan melar, bra tersebut sudah tak bisa lagi menopang payudara dengan baik. Ada berbagai risiko mengenakan bra yang sudah melar atau bentuknya tidak sempurna. Risiko tersebut antara lain payudara mengendur, nyeri payudara, nyeri punggung, dan postur tubuh jadi tidak ideal.

BACA JUGA: 9 Aturan Penting Dalam Memilih, Memakai, dan Menyimpan Bra

Kapan seharusnya saya mencuci bra?

Jika mencuci bra terlalu sering bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan, Anda bisa menyiasatinya dengan mengenakan bra yang sama sebanyak dua hingga tiga kali. Menurut dr. Josh Zeichner, seorang spesialis kulit dari Amerika Serikat, sebenarnya bra boleh dipakai bahkan hingga lima kali. Akan tetapi, berapa kali Anda bisa memakai bra yang sama sebelum dicuci tergantung pada banyak faktor.

Jika Anda adalah orang yang jarang berkeringat dan Anda tidak mengenakan bra tersebut untuk beraktivitas fisik yang cukup berat, Anda bisa memakai bra yang sama berkali-kali. Mengingat Indonesia adalah negara dengan iklim tropis, idealnya memang bra bisa dipakai dua sampai tiga kali sebelum masuk ke cucian. Banyak orang yang takut memakai bra sekali lagi sebelum dicuci karena kuman dan bakteri yang menempel pada kainnya. Pada kenyataannya, kulit manusia memang selalu menjadi tuan rumah bagi berbagai organisme kecil seperti sel kulit mati, bakteri, atau sebum bahkan setelah Anda mandi. Selama pemakaian bra tidak terlalu lama (misalnya sepanjang hari), Anda boleh saja memakai bra yang sama sekali atau dua kali lagi.

Namun, kalau Anda berkeringat cukup banyak atau Anda habis berolahraga, silakan langsung mencuci bra tersebut setelah dipakai. Pertimbangkan juga aktivitas fisik seperti berjalan kaki di bawah terik matahari, berada di ruangan yang lembap, atau kalau Anda habis kehujanan. Memakai bra yang sama dari pagi hingga malam hari juga dihitung sebagai penggunaan dua kali, bukan satu kali. Untuk membantu Anda menghitung jumlah pemakaian, bandingkan dengan jadwal Anda mengganti celana dalam.

Tips untuk menyimpan dan mencuci bra

Merawat bra agar awet dan kualitasnya tetap terjaga memang sedikit rumit. Bahan dan bentuk bra mudah sekali rusak. Maka, perhatikan tips-tips berikut ini supaya bra Anda tetap ampuh menopang keindahan payudara.  

1. Tidurlah tanpa bra

Jika Anda memutuskan untuk memakai bra yang sama sekali lagi, Anda bisa mengangin-anginkan bra tersebut selama semalam penuh saat Anda tidur. Hal tersebut bisa membantu bra serta payudara Anda untuk “bernapas” dan mendapat sirkulasi udara yang lancar. Selain itu, menangin-anginkan bra bisa mencegah bra melar karena terlalu sering meregang ketika Anda kenakan.

BACA JUGA: Ayo Rutin Ganti Seprai Anda Jika Tak Mau Terkena Penyakit Ini

2. Hindari mencuci bra dalam mesin cuci

Perhatikan instruksi yang biasanya dituliskan dalam label bra Anda. Kebanyakan akan menganjurkan Anda untuk mencuci bra dengan air dingin secara terpisah dari pakaian lainnya. Usahakan juga untuk tidak mencampurkan bra ke dalam mesin cuci. Putaran dan tekanan air dari mesin cuci bisa merusak kualitas bra. Sebaiknya cuci bra Anda dengan tangan secara perlahan-lahan.

3. Jemur sampai kering

Hindari memeras bra supaya cepat kering. Bentuk cup bra Anda akan cepat berubah jika Anda memerasnya. Anda juga sebaiknya tidak mengeringkan bra di dalam mesin pengering otomatis. Panas yang dihasilkan mesin pengering berisiko membuat bra cepat memuai. Maka, cara terbaik untuk mengeringkan bra adalah menjemurnya di tempat yang sirkulasi udaranya lancar sampai benar-benar kering.

4. Simpan dengan rapi

Untuk menjaga bentuk bra, letakkan bra dengan posisi kedua cup menghadap ke atas. Letakkan bra berikutnya di depan bra pertama sampai membentuk barisan yang rapi, persis seperti di toko-toko yang menjual bra. Jangan menumpuk koleksi bra Anda sembarangan karena cup-nya akan mudah tertekuk dan rusak.

BACA JUGA: Cara Memilih Bra Sesuai Ukuran dan Tipe Payudara

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

    Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
    Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

    4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

    Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

    Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

    Ngantuk atau lemas habis makan adalah hal yang biasa. Lalu, bagaimana kalau Anda justru sakit kepala setelah makan? Cari tahu penyebabnya di sini, yuk.

    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

    Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    mencium bau

    Sering Mencium Sesuatu Tapi Tak Ada Wujudnya? Mungkin Anda Mengalami Phantosmia!

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

    Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
    penis bengkok

    Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Andisa Shabrina
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    memotong kuku

    Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit