3 Tips Minum Kopi yang Aman Buat Perut Jika Anda Punya Maag

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Anda yang punya maag sebenarnya tidak dianjurkan untuk minum kopi sebab kandungan kafeinnya bisa meningkatkan produksi asam lambung. Asupan kafein yang berlebihan juga dapat melonggarkan otot kerongkongan dan mengiritasi dinding lambung sehingga membuat gejala maag gampang kambuh. Namun, bagaimana kalau ternyata Anda adalah pecinta kopi? Adakah cara yang aman untuk pengidap maag minum kopi?

Tips aman buat pengidap maag minum kopi

Susah menahan hasrat ingin ngopi tapi ragu karena punya maag? Sesekali memuaskan ngidam kopi sebenarnya tidak masalah, tapi ingat dulu tiga hal ini.

1. Pilih jenis kopi yang tidak asam

penambah rasa kopi hitam

Tidak semua kopi itu sama. Tergantung dari cara pengolahannya, ada biji kopi yang mengandung lebih sedikit kafein dan memiliki rasa yang tidak begitu asam.

Melansir laman Very Well Family, semakin lama biji kopi dipanggang, rasanya akan makin asam, kandungan kafeinnya akan lebih tinggi, dan warnanya juga makin hitam.

Itu kenapa Anda sebaiknya pilih kopi Arabika yang rasanya sedikit manis dan lembut. Kandungan kafeinnya juga hanya sekitar 1,2% dibanding kopi robusta yang kafeinnya mencapai 2,2 persen.

Alternatifnya, pilih minuman kopi (dari biji Arabika) yang diolah dengan teknik cold brew. Teknik cold brew akan menghasilkan konsentrat kopi yang pekat tapi rasanya lebih manis dan rendah kafein. Tingkat keasaman kopi cold brew lebih tinggi (pH 6,31) daripada kopi hitam yang diseduh pakai air panas (pH 5,48). Dalam skala pH, semakin kecil angkanya semakin asam sifat zat tersebut.

Jika lebih suka kopi panas, pilih teknik seduhan dark roast dan fermentasi. Kedua jenis kopi ini memiliki kandungan senyawa yang lebih aman sehingga tidak terlalu berisiko meningkatkan asam lambung.

2. Tambahkan susu

minum susu saat sahur

Susu merupakan salah satu minuman yang baik untuk penderita maag atau asam lambung. Itu sebabnya meracik kopi pakai susu bisa jadi alternatif lebih aman untuk mencegah maag gampang kambuh.

Dengan catatan, pilih susu rendah lemak (susu skim) dan pastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi susu sapi. Kandungan lemak tinggi dalam susu full cream atau whole milk dapat melonggarkan cincin otot kerongkongan bagian bawah.

Protein dari susu murni ini juga dapat berinteraksi dengan sejumlah senyawa dalam kopi sehingga mendorong naiknya asam lambung ke kerongkongan.

3. Batasi porsinya

perut perih setelah minum kopi

Jangan mengorbankan lambung Anda hanya untuk memuaskan dahaga minum kopi. Apalagi sampai rela minum bercangkir-cangkir kopi dalam sehari.

Buat pengidap maag, sebaiknya batasi minum kopi maksimal 1 cangkir saja dalam sehari. Jika lebih dari takaran tersebut, dikhawatirkan asam lambung akan naik sehingga menyebabkan maag kambuh.

Lebih baik lagi bila Anda menggunakan cangkir atau gelas yang berukuran kecil.

Mencegah tetap lebih baik daripada mengobati

Sebijak apapun Anda mengakali kebiasaan ngopi Anda, para pakar kesehatan tetap tidak menganjurkan pengidap maag minum kopi. Sebab tidak menutup kemungkinan gejala maag dapat kambuh kapan pun setiap kali Anda minum kopi.

Konsultasikan juga dengan dokter terkait makanan dan minuman apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi dan hindari guna mencegah maag kambuh.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sudah Minum Kopi Tapi Masih Ngantuk, Apa Penyebabnya?

Gen ternyata berperan penting untuk mencerna kafein dari kopi Anda, lho. Tak percaya? Langsung simak dua alasan sudah minum kopi masih ngantuk berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 September 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

Memang benar makan tidak teratur bisa bikin Anda cepat gemuk. Tapi dari sisi kesehatan, ada banyak efek samping buruk lainnya. Apa saja?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Sering Mual Setelah Minum Kopi? Ini Penyebab dan Tips Mengatasinya

Salah satu efek yang paling sering dikeluhkan setelah minum kopi adalah rasa mual. Ini berbagai penyebab dan tips mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Tips Sehat 20 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Manfaat Bahan-bahan Herbal untuk Pengobatan Gangguan Lambung

Tak jarang orang memilih obat alami untuk bantu atasi maag. Apakah sajakah obat herbal yang bisa membantu atasi sakit maag? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Gastritis, Health Centers 18 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

alergi kafein

Mengulik Alergi Kafein Seperti pada Kopi yang Berbeda dengan Sensitivitas Kafein

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
Waktu Efektif Minum Kopi

Waktu Paling Sehat untuk Minum Kopi Ternyata Bukan Pagi Hari

Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
perut panas setelah makan; perut perih setelah makan; perut mulas

Perut Panas dan Ulu Hati Sakit Setelah Makan? Begini Mengatasinya

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 29 September 2020 . Waktu baca 4 menit
manfaat es kopi lebih sehat daripada kopi panas

Minum Es Kopi Ternyata Lebih Menyehatkan daripada Kopi Panas

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 28 September 2020 . Waktu baca 5 menit