Komplikasi Penyakit Mata yang Biasa Terjadi pada Pasien Psoriasis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Psoriasis adalah penyakit autoimun yang menyerang kulit. Namun, penyakit ini juga bisa menimbulkan masalah kesehatan pada bagian mata. Apa saja penyakit mata yang biasanya muncul pada pasien psoriasis?

Penyakit mata menjadi komplikasi pada pasien psoriasis

Sebenarnya, belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan pasien dengan kondisi psoriasis berisiko terhadap penyakit mata. Kemungkinannya, penyakit mata bisa didorong oleh faktor genetik, daya tahan tubuh, dan paparan kotoran dari lingkungan sekitar. Berikut daftarnya.

1. Uveitis

uveitis

Uveitis merupakan salah satu komplikasi mata yang umum terjadi pada pasien psoriasis. Penyakit ini menyerang lapisan jaringan tengah di dinding mata bernama uvea.

Gejalanya serupa dengan peradangan yang membuat mata menjadi merah dan perih serta bisa menyebabkan penglihatan menjadi buram. Pada beberapa kasus, uveitis dapat menyebabkan mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya.

Biasanya, jenis penyakit uveitis yang paling banyak menyerang pasien psoriasis adalah uveitis anterior, di mana peradangan terjadi pada bagian iris mata. Menurut data yang didapatkan dalam sebuah penelitian, terdapat 7-20% pasien psoriasis yang mengalami penyakit ini.

2. Katarak

penyakit mata pada psoriasis
Sumber: NVISIONS Eye Center

Biasanya katarak terjadi pada orang-orang yang mulai memasuki usia lanjut usia, tapi masalah mata yang satu ini ternyata juga rentan dialami oleh para penderita psoriasis. Belum ditemukan secara pasti apa yang membuat keduanya saling berhubungan.

Awalnya, katarak diduga sebagai hasil dari penggunaan obat kortikosteroid, yaitu obat untuk mengatasi gejala peradangan yang diminum pasien psoriasis. Namun, belum banyak dilakukan penelitian yang membahas penyebab ini.

Beberapa kasus malah menunjukkan bahwa terapi cahaya PUVA untuk pengobatan psoriasis bisa memengaruhi adanya risiko kelainan lensa mata. Meski demikian, hal ini juga belum bisa dipastikan.

3. Blefaritis

blefaritis blepharitis

Blefaritis merupakan peradangan yang terjadi pada kelopak mata. Penyakit ini juga merupakan masalah mata yang kerap menyerang pasien psoriasis. Gejala yang akan muncul berupa sensasi seperti terbakar dan gatal-gatal pada sekitar mata yang menimbulkan rasa tak nyaman.

Penyakit blefaritis disebabkan oleh adanya bakteri yang menumpuk pada kelopak mata. penumpukan bakteri inilah yang nantinya membentuk serpihan kecil berwarna kecil yang mirip dengan ketombe.

Untungnya, kondisi ini bisa diatasi dengan menjaga kebersihan kelopak mata menggunakan kompres hangat, pijat kelopak mata, atau bisa digosok perlahan menggunakan kapas pembersih telinga yang sudah dicelupkan dalam air hangat.

4. Konjungtivis

mata merah karena softlens

Menurut sebuah penelitian, pasien psoriasis bisa meningkatkan risiko setinggi 64,5% untuk mengalami penyakit konjungtivis. Umumnya, konjungtivitis disebabkan oleh alergi, infeksi bakteri atau virus, tapi bisa juga terjadi pada orang-orang dengan penyakit psoriasis.

Gejalanya meliputi kemerahan pada mata atau keluarnya kotoran berupa cairan tebal berwarna kuning. Jika tidak segera diatasi, konjungtivis bisa memengaruhi kulit yang ada di sekitar mata dan membuat kulit menjadi kering.

5. Mata kering

cara mengatasi mata kering dan sensitif

Beberapa studi menunjukkan pasien psoriasis memiliki risiko 18% lebih tinggi terhadap mata kering. Ini disebabkan karena pasien dengan psoriasis kerap mengalami ketidakstabilan tear film.

Tear film adalah lapisan pada mata yang memiliki fungsi untuk menghasilkan air mata. Lapisan ini terdiri dari tiga bagian yang berbeda, yaitu lapisan berminyak pada bagian terluar, lapisan berair pada bagian tengah, dan lapisan berlendir pada bagian terdalam.

Manfaat air mata adalah melindungi mata dari paparan partikel yang dapat menyebabkan iritasi. Jika mata dalam keadaan kering, risiko mengalami infeksi akan lebih tinggi.

Kebanyakan masalah mata yang terjadi pada pasien psoriasis memang hanya menimbulkan rasa tidak nyaman atau gatal-gatal di sekitarnya. Namun, masalah mata juga dapat berujung pada kehilangan penglihatan.

Oleh karena itu, bila gejala mulai muncul, sebaiknya segera pergi ke dokter mata untuk mendapatkan diagnosis penyakitnya agar bisa mendapatkan penanganan yang lebih cepat.

Dokter biasanya akan menggunakan obat-obatan golongan NSAID atau imunodulator. Namun, pengobatan tentunya juga akan disesuaikan dengan keparahan kondisi yang Anda miliki.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Psoriasis Guttata

Psoriasis guttata (gutata) adalah psoriasis yang menyebabkan bintik-bintik merah menyebar luas pada kulit. Ketahui penyebab dan pengobatannya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 27/02/2020 . Waktu baca 7 menit

Psoriasis Inversa

Psoriasis inversa adalah jenis psoriasis yang menyerang area kulit yang berlipat dan berkerak. Kenali gejala, penyebab, dan pengobatannya di ulasan ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 26/02/2020 . Waktu baca 7 menit

Psoriasis Eritroderma (Psoriasis Eritrodermik)

Psoriasis eritroderma adalah jenis psoriasis yang paling berbahaya dan berakibat fatal. Ketahui apa gejala, penyebab, dan obatnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 21/02/2020 . Waktu baca 8 menit

Psoriasis Pustulosa

Psoriasis pustulosa atau pustular adalah kondisi peradangan kulit yang ditandai dengan kemunculan bintil pustula. Ketahui secara lebih dalam di artikel ini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Penyakit A-Z, Kesehatan A-Z 19/02/2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

terapi untuk psoriasis arthritis

Pilihan Terapi Alternatif untuk Bantu Meringankan Psoriasis Arthritis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit
obat pemicu psoriasis

Punya Psoriasis? Waspada, 5 Obat Ini Bisa Jadi Pemicu Gejalanya Makin Parah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020 . Waktu baca 4 menit
Salep psoriasis

6 Pilihan Salep yang Ampuh Redakan Gejala Psoriasis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 25/04/2020 . Waktu baca 6 menit
Psoriasis kulit kepala

Benarkah Ada Hubungan Psoriasis dengan Insomnia?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18/03/2020 . Waktu baca 4 menit