Definisi

Apa itu blighted ovum?

Blighted ovum (kehamilan anembrionik atau kehamilan kosong) adalah kondisi yang muncul ketika sel telur yang dibuahi menempel di dinding uterus, tapi tidak berkembang menjadi embrio. Blighted ovum terjadi dalam trimester pertama, sering kali sebelum wanita tahu kalau dia hamil.

Blighted ovum adalah sejenis keguguran. Namun, wanita mungkin melewatkan periode menstruasi dan memiliki tes kehamilan positif. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon kehamilan yang dikeluarkan dari plasenta yang memicu beberapa gejala kehamilan. Meskipun demikian, ketika plasenta berhenti tumbuh dan kadar hormon menurun, gejala kehamilan hilang. Pada saat ini, kram perut dan bintik-bintik ringan atau perdarahan mungkin mulai muncul.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala blighted ovum?

Blighted ovum dapat menyebabkan beberapa tanda kehamilan pada beberapa bulan pertama, yang membuat Anda percaya bahwa Anda masih hamil. Namun, setelahnya, Anda mungkin mengalami:

  • Kram perut
  • Vagina berbintik atau berdarah
  • Menstruasi yang lebih berat dari biasanya.

Beberapa gejala atau tanda lainnya mungkin tidak tercantum di atas. Jika Anda merasa cemas tentang gejala tersebut, segera konsultasi ke dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda atau gejala yang tercantum di atas atau ingin bertanya, konsultasikan ke dokter. Setiap tubuh berfungi berbeda satu sama lain. Selalu diskusikan dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik bagi situasi Anda.

Penyebab

Apa penyebab blighted ovum?

Blighted ovum sering disebabkan oleh masalah yang berhubungan dengan gen dari sperma atau sel telur berkualitas buruk. Terkadang, blighted ovum muncul karena pembelahan sel abnormal, yang memicu keguguran jika dikenal oleh tubuh.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk blighted ovum?

Blighted ovum lebih sering terjadi pada wanita yang lebih tua.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Bagaimana blighted ovum didiagnosis?

Kebanyakan wanita dengan blighted ovum mengira mereka hamil sampai gejala di atas muncul. Tes kehamilan normal tidak mampu mendiagnosis blighted ovum, yang menjelaskan mengapa dokter perlu menggunakan tes ultrasound untuk menentukan apakah kantong kehamilan kosong.

Apa saja pengobatan untuk blighted ovum?

Jika Anda terdiagnosis blighted ovum, dokter mungkin menasihati Anda agar menunggu keguguran alami, daripada menjalani prosedur kuret untuk mengangkat jaringan plasenta. Dipercaya bahwa tubuh wanita sanggup menghilangkan jaringan itu dengan sendirinya, dan tidak memerlukan prosedur operasi invasif dengan risiko komplikasi. Namun, Anda masih boleh memilih prosedur kuret bila Anda berencana memeriksakan jaringan ke ahli patologi untuk menentukan alasan keguguran.

Menggunakan obat-obatan seperti misoprostol pada basis pasien rawat jalan mungkin merupakan pilihan lain, tapi dengan adanya kemungkinan perdarahan dan efek samping. Setelah keguguran, dokter mungkin menyuruh Anda menunggu selama setidaknya 1 sampai 3 siklus menstruasi sebelum mencoba hamil lagi.

Jika ingin bertanya, konsultasikan kepada dokter untuk lebih mengerti solusi terbaik bagi Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 17, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 17, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan