home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mengenal Manfaat Sekaligus Efek Samping Sabun Pepaya

Mengenal Manfaat Sekaligus Efek Samping Sabun Pepaya

Sudah bukan rahasia umum bahwa buah pepaya punya banyak manfaat untuk tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa buah berwarna jingga ini bisa diolah menjadi produk sabun untuk kulit yang sehat? Simak selengkapnya seputar sabun pepaya di sini.

Apa itu sabun pepaya?

manfaat kandungan gizi pepaya

Sabun pepaya adalah sabun yang berasal dari ekstrak pepaya. Selain untuk dimakan, buah pepaya bisa dijadikan sebagai produk kecantikan. Salah satu produk kecantikan yang berasal dari pepaya ini dibuat menjadi produk sabun mandi.

Pembersih badan ini terbilang lembut dan aman digunakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Sama seperti sabun biasa, pembersih alami ini dapat membersihkan dan menghilangkan kotoran.

Hanya saja, sabun batangan ini terbuat dari bahan alami yang mengandung enzim papain, yaitu enzim yang memecah protein. Tidak hanya baik untuk pencernaan, papain bisa menimbulkan aktivitas anti-peradangan yang berguna bagi kulit.

Manfaat sabun pepaya

Berkat kandungan nutrisi pada pepaya, sabun berwarna jingga ini berkontribusi terhadap perawatan untuk kulit. Pasalnya, pembersih badan pepaya kaya akan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang berkhasiat bagi kulit.

Di bawah ini sederet khasiat sabun pepaya yang tentu sayang dilewatkan.

1. Membantu mengatasi jerawat

Salah satu manfaat sabun pepaya yang cukup populer di kalangan masyarakat yaitu membantu menghilangkan jerawat. Bagaimana tidak, enzim papain pada pepaya membantu mengurangi peradangan.

Papain yaitu enzim yang memecah protein dan biasa dijumpai pada produk untuk mengelupasi kulit. Produk-produk yang disebut exfoliating ini bertujuan mengurangi jerawat dengan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori.

Bahkan, enzim pemecah protein ini juga membantu menghilangkan keratin yang rusak dan mencegah penumpukan yang dapat membentuk benjolan kecil. Sementara itu, kandungan vitamin A pada pepaya juga membantu mengobati bekas jerawat.

2. Mengurangi tanda penuaan

Selain jerawat, produk pembersih kulit dari pepaya juga berkhasiat dalam mengurangi tanda-tanda penuaan. Begini, papaya mengandung likopen yang cukup tinggi, yaitu antioksidan yang dipercaya dapat menghambat penuaan.

Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dimuat dalam jurnal PLos One. Para peneliti mengungkapkan bahwa sebagian besar kerusakan kulit dan kerutan akibat penuaan dapat dikaitkan dengan paparan radikal bebas.

Untungnya, antioksidan pada pepaya membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu, kulit pun tetap terasa halus dan awet muda. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan apakah efek yang sama berlaku pada sabun pepaya.

7 Makanan Sumber Antioksidan Tinggi untuk Lawan Radikal Bebas

3. Membantu mengencangkan kulit

Salah satu ciri-ciri penuaan kulit yang paling terlihat yaitu kulit yang terasa kendur. Namun, Anda tak perlu khawatir. Sabun pepaya juga bisa membantu mengencangkan kulit yang bermasalah tersebut. Bagaimana caranya?

Menurut penelitian dari Bosnia, pepaya dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit tubuh dan wajah. Tingkat elastisitas ini dapat mengurangi risiko kemunculan kerutan atau keriput pada kulit.

Sayangnya, penelitian ini baru diujicobakan pada tikus. Itu sebabnya, para ahli masih memerlukan studi terkait produk pembersih kulit dari pepaya dengan elastisitas kulit pada manusia.

Efek samping pemakaiannya

Walaupun terbuat dari bahan alami, tidak semua orang dapat menggunakan sabun pepaya. Pasalnya, kandungan bahan lain pada sabun ini mungkin memicu sejumlah reaksi alergi bagi beberapa orang.

Sebagai contoh, orang yang alergi terhadap pepaya atau lateks mungkin perlu menghindari pembersih ini. Hal ini dikarenakan enzim papain berasal dari getah buah pepaya mentah, sehingga mungkin dapat memicu reaksi alergi lateks.

Maka dari itu, usahakan untuk menguji sabun pada sebagian kecil kulit sebelum digunakan. Bila Anda merasakan gejala alergi, seperti benjolan atau bengkak, sebaiknya hentikan pemakaian.

Bahaya menggunakan produk kecantikan palsu

manfaat sabun pepaya

Sama seperti produk kecantikan lainnya, produk pembersih kulit dari pepaya yang palsu tentu bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Umumnya, sabun palsu belum diuji tingkat keamanan produknya. Beberapa bahan yang digunakan pada sabun tersebut bisa memengaruhi penglihatan dan menimbulkan alergi pada kulit.

Cobalah untuk memperhatikan apakah sabun pepaya yang Anda pilih sudah lolos uji klinis dan diizinkan beredar oleh lembaga setempat. Bila mempunyai pertanyaan lebih lanjut, hubungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Dangers of Fakes. (n.d). The Anti-Counterfeiting Group. Retrieved 10 March 2021, from https://www.a-cg.org/useful_info/the-dangers-of-fakes 

Fujita, Y., Tsuno, H., & Nakayama, J. (2017). Fermented Papaya Preparation Restores Age-Related Reductions in Peripheral Blood Mononuclear Cell Cytolytic Activity in Tube-Fed Patients. PloS one, 12(1), e0169240. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0169240. Retrieved 10 March 2021. 

Kammeyer, A., & Luiten, R. M. (2015). Oxidation events and skin aging. Ageing research reviews, 21, 16–29. https://doi.org/10.1016/j.arr.2015.01.001. Retrieved 10 March 2021. 

Mohamed Sadek K. (2012). Antioxidant and immunostimulant effect of carica papaya linn. Aqueous extract in acrylamide intoxicated rats. Acta informatica medica : AIM : journal of the Society for Medical Informatics of Bosnia & Herzegovina : casopis Drustva za medicinsku informatiku BiH, 20(3), 180–185. https://doi.org/10.5455/aim.2012.20.180-185. Retrieved 10 March 2021. 

Higuera, V. (2019). What Is Papaya Soap and When Should I Use it? Healthline. Retrieved 10 March 2021, from https://www.healthline.com/health/papaya-soap

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 19/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro