Apa Penyebab Bisul dan Kapan Perlu Diperiksa Dokter?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bisul adalah infeksi kulit yang menyerang folikel rambut atau kelenjar minyak di bawah kulit. Ciri khas bisul adalah munculnya bintil bernanah yang terasa sakit saat disentuh. Apa sebenarnya penyebab munculnya bisul?

Apa penyebab bisul?

perbedaan bisul dan jerawat

Penyebab utama bisul adalah bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini biasa ditemukan di kulit, hidung, dan tenggorokan. Dari seluruh populasi di dunia, diperkirakan ada sekitar 10 – 20% orang yang membawa bakteri ini.

Belum diketahui secara pasti bagaimana mekanisme kemunculan kondisi ini. Namun, biasanya hal ini berawal saat kulit tergores atau bergesekan dengan sesuatu.

Seperti yang telah diketahui, struktur kulit manusia dibuat sebagai pertahanan kekebalan tubuh manusia terhadap zat asing penyebab penyakit. Ketika kulit yang tergores rusak, bakteri ini dapat masuk ke dalam dinding folikel rambut lalu menginfeksi kulit di sekitarnya.

Bisul biasanya muncul pada area kulit yang ditumbuhi rambut, di mana area ini akan lebih sering berkeringat atau mengalami gesekan. Bisul juga sering muncul di wajah, belakang leher, ketiak, paha, dan bokong. Bahkan ada pula bisul di selangkangan.

Karena proses kemunculannya, infeksi dari rambut yang tumbuh ke dalam kerap menjadi penyebab bisul pada beberapa orang.

Faktor risiko yang bisa menjadi penyebab bisul

Siapa saja bisa bisulan, baik laki-laki maupun perempuan, tua atau muda. Namun, ada beberapa orang yang lebih rentan mengalami hal ini.

Bisul lebih mudah menyerang orang-orang dengan sistem imunitas yang rendah. Pasalnya, orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah akan lebih sulit untuk melawan infeksi.

Beberapa kondisi yang dapat melemahkan sistem imunitas adalah penyakit seperti diabetes, gagal ginjal, dan HIV, faktor usia, atau bila Anda menjalani perawatan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu yang bekerja untuk menekan kerja sistem kekebalan tubuh.

Sejumlah penyakit kulit yang merusak lapisan pelindung kulit, seperti jerawat dan eksim (dermatitis atopik) juga dapat menjadi penyebab Anda lebih mudah bisulan.

Bisul dapat menular dari satu orang ke yang lainnya melalui kontak langsung antara kulit sehat dengan nanah. Sementara itu, penularan tidak langsung dapat terjadi jika Anda saling meminjam barang pribadi dengan seseorang yang bisulan.

Apakah telur penyebab bisul?

Sumber: Once Upon A Chef

Anda tentu sering mendengar anjuran untuk tidak terlalu banyak makan telur, karena dikhawatirkan kebiasaan ini akan berujung pada munculnya bisul di kulit.

Padahal, telur bukan penyebab bisul. Faktanya, telur sendiri merupakan salah satu makanan sehat yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Meski demikian, terdapat beberapa makanan pemicu berkembangnya jerawat batu yang mana memiliki ciri-ciri yang mirip dengan bisul.

Makanan tersebut adalah makanan manis yang tinggi kandungan gulanya dan makanan yang mengandung lemak jenuh. Kedua jenis makanan ini dapat menaikkan kadar gula darah dan produksi hormon yang mirip insulin.

Peningkatan gula darah akan mendorong produksi minyak di wajah serta membuat folikel kulit lebih rentan terinfeksi dari luar. Nantinya, hal inilah yang menjadi penyebab kulit lebih rentan terhadap jerawat yang serupa dengan bisul.

Kapan bisul perlu diperiksakan ke dokter?

Bisulan jarang membutuhkan penanganan medis oleh dokter. Bila bisul berukuran kecil, Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan mengompresnya menggunakan kain yang direndam air hangat.

Walaupun begitu, ada kalanya bisul membutuhkan penanganan khusus, terlebih bila munculnya lebih dari satu di waktu yang bersamaan, atau jika disertai salah satu atau lebih gejala di bawah ini.

  • Muncul di wajah.
  • Timbul demam dan menggigil.
  • Diameter lebih dari 5 cm.
  • Tidak sembuh dalam dua minggu (tidak kunjung pecah setelah pengobatan sendiri).
  • Kelenjar getah bening Anda membengkak.
  • Timbul garis-garis atau kemerahan di kulit sehat sekitar bisul.
  • Rasa sakitnya semakin parah atau sangat menyakitkan.
  • Anda memiliki murmur jantung, diabetes, masalah dengan sistem kekebalan tubuh, atau menggunakan obat-obatan yang melemahkan imun tubuh (misalnya kortikosteroid atau kemoterapi) dan muncul bisul di kulit.

Jika infeksi telah menyebar ke jaringan yang lebih dalam atau meluas, sampel nanah dapat diambil untuk mengidentifikasi jenis bakteri penyebab infeksi lebih akurat.

Hasil sampel nanah dapat memandu dokter tentang pilihan antibiotik yang dapat digunakan untuk mengobati masalah Anda. Contoh obat yang telah digunakan dalam pengobatan bisul meliputi salep clindamycin, mupirocin, dan cephalexin.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Penyebab Mulut Kering Selain Dehidrasi yang Perlu Diketahui

Mulut kering wajar terjadi saat Anda merasa haus atau dehidrasi. Selain itu, mulut kering bisa disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan, lho.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 27 November 2020 . Waktu baca 6 menit

Panduan Lengkap Seputar Anatomi Vagina

Tahukah Anda bahwa yang namanya vagina sebenarnya hanya lubang jalan lahir bayi saja? Lalu apa nama organ-organ di sekitarnya? Simak anatomi vagina di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Seks & Asmara 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Alami Memanjangkan Bulu Mata Supaya Lebih Lentik

Tidak semua orang ingin melakukan extension bulu mata. Namun Anda bisa memanjangkan bulu mata dengan cara yang aman dan murah meriah.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Kecantikan 26 November 2020 . Waktu baca 6 menit

4 Jenis Gangguan Kesehatan Akibat Terlalu Sering Bermain Smartphone

Tak hanya membuat kita lupa waktu, bermain smartphone terlalu lama juga bisa memicu berbagai jenis gangguan kesehatan. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Psikologi 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat garam untuk kesehatan

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Belum Anda Tahu

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit
perubahan pola tidur

Mengubah Jam Tidur Ternyata Berpengaruh Pada Kesehatan

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit
tanda-tanda menstruasi

8 Tanda Anda Sebentar Lagi Mau Haid

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 29 November 2020 . Waktu baca 3 menit
penyebab bau mulut

Wajib Tahu 15 Penyebab Bau Mulut yang Mengganggu!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 27 November 2020 . Waktu baca 9 menit