backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

5

Tanya Dokter
Simpan

Mengurangi Gejala Eksim dengan Ceramide

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Fajarina Nurin · Tanggal diperbarui 02/11/2021

    Mengurangi Gejala Eksim dengan Ceramide

    Gejala eksim (dermatitis atopik) yang dialami masing-masing orang berbeda-beda. Umumnya, kondisi peradangan kulit kronis ini memiliki gejala utama, seperti kulit kering, ruam kemerahan, hingga gatal yang hebat. Salah satu cara untuk membantu mengurangi gejala eksim ini adalah dengan menggunakan losion pelembap kulit. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

    Gejala eksim ringan hingga parah

    gambar kulit dermatitis adalah

    Dermatitis atopik (eksim) adalah suatu kondisi yang membuat kulit merah dan terasa gatal. Kondisi ini biasa terjadi pada anak-anak, tetapi bisa terjadi pula pada usia berapa pun. 

    Eksim merupakan kondisi yang berlangsung lama (kronis) dan cenderung kambuh secara berkala. Kondisi ini mungkin dapat disertai penyakit atopik lain seperti asma. 

    Gejala eksim pun bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya. Dikutip dari Mayo Clinic, berikut tanda dan gejala eksim yang mungkin muncul.

    • Kulit kering.
    • Gatal, yang mungkin terasa lebih parah saat malam hari.
    • Muncul bercak merah hingga abu-abu kecoklatan, terutama di tangan, kaki, pergelangan kaki, pergelangan tangan, leher, dada bagian atas, hingga kelopak mata.
    • Terdapat benjolan kecil menonjol yang dapat mengeluarkan cairan dan mengeras saat tergores.
    • Kulit menebal, pecah-pecah, bersisik.
    • Permukaan kulit menjadi sensitif dan bengkak karena garukan.

    Gejala-gejala di atas sering kali mulai muncul sebelum usia 5 tahun dan bertahan hingga remaja atau dewasa. Bagi sebagian orang, gejala eksim selalu datang dan pergi selama bertahun-tahun.

    Dermatitis atopik saat ini tidak bisa disembuhkan, tetapi perawatan yang tepat dapat membantu mengendalikan dan meringankan gejalanya. Salah satu perawatan tambahan untuk meringankan gejala dermatitis atopik adalah menggunakan losion khusus eksim. 

    Cara meredakan gejala eksim dengan losion

    ciri-ciri krim yang mengandung kosmetik

    Eksim merupakan kondisi yang persisten. Artinya, Anda mungkin akan mengalami kondisi ini secara terus-menerus, bertahun-tahun lamanya.

    Penting untuk mendeteksi eksim sejak dini supaya Anda bisa segera menanganinya dengan tepat. Salah satu cara yang digunakan untuk meredakan gejala eksim adalah menggunakan pelembap kulit.

    Bukan tanpa alasan, faktor lingkungan, seperti angin, kelembapan rendah, suhu dingin, hingga kontak terlalu lama dengan air, dapat menyebabkan kulit kering dan memicu munculnya gejala eksim.

    Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana dan kapan Anda harus melembapkan kulit. Memilih produk pelembap yang tepat juga berpengaruh besar dalam pengendalian gejala eksim.

    Lotion merupakan salah satu jenis pelembap yang dapat dipilih untuk membantu meredakan gejala eksim.

    Lotion untuk eksim mengandung paling sedikit minyak karena sebagian besar berbahan dasar air. Pilihlah lotion dengan kandungan yang bermanfaat baik untuk kulit, salah satunya ceramide.

    Manfaat kandungan ceramide dalam losion untuk eksim

    manfaat ceramide

    Ceramide merupakan salah satu jenis asam lemak yang secara alami ada pada sel kulit manusia. Asam lemak ini membentuk sekitar 50% lapisan kulit terluar (epidermis).

    Ceramide kini menjadi salah satu kandungan unggulan pada produk perawatan kulit, termasuk losion untuk meringankan gejala eksim. Pasalnya, ceramide terbukti mampu mengurangi gejala eksim yang mengganggu, seperti kulit kering.

    Sebuah penelitian yang dipublikasikan Clinical, Cosmetic, And Investigational Dermatology menyebutkan bahwa kandungan ceramide mampu meningkatkan kelembapan kulit dan memperbaiki lapisan kulit. Studi tersebut pun merekomendasikan penggunaan ceramide dalam mengatasi kulit kering.

    Studi yang disebutkan dalam The Journal Of Clinical And Aesthetic Dermatology juga menyebutkan bahwa kandungan ceramide yang dicampur dengan beberapa kandungan perawatan kulit lainnya mampu mengurangi tanda dan gejala dermatitis atopik dari ringan hingga sedang.

    Hasil senada juga ditunjukan dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Dermatology And Therapy. Studi tersebut menyimpulkan bahwa krim dan losion yang mengandung ceramide mampu meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kekeringan kulit pada orang dengan gejala eksim.

    Tips menggunakan losion untuk mengurangi gejala eksim

    obat salep krim gatal saat hamil

    Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam menggunakan losion untuk mengurangi gejala eksim.

    • Jika Anda menggunakan obat topikal resep, oleskan sesuai petunjuk dokter, sebelum menggunakan losion.
    • Oleskan losion ke seluruh permukaan kulit tubuh Anda setelah mandi.
    • Pilihlah losion pelembap yang tanpa tambahan pewangi dan pewarna agar tidak menyebabkan iritasi.
    • Gunakan alat yang steril untuk mengambil losion dari kemasan.
    • Sebelum mengoleskan ke permukaan kulit, gosok losion terlebih dahulu dengan kedua tangan Anda.
    • Selalu gunakan losion untuk eksim setiap kali setelah Anda mencuci tangan.

    Eksim merupakan kondisi kulit yang mungkin mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, terlebih jika sedang kambuh. Jangan ragu untuk melakukan konsultasi ke dokter untuk saran dan solusi terbaik.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Carla Pramudita Susanto

    General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


    Ditulis oleh Fajarina Nurin · Tanggal diperbarui 02/11/2021

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan