Rambut Si Kecil Kering dan Kusam? Yuk, Kembalikan Kilaunya Dengan 5 Cara Ini

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Masalah rambut kering dan kasar tak cuma terjadi pada orang dewasa, tapi juga anak-anak. Biasanya, masalah pada rambut ini lebih sering terjadi pada anak yang berambut keriting. Tentu saja, kondisi seperti ini membuat rambut si kecil terkesan berantakan dan tidak sehat. Apalagi, mereka yang masih belum bisa mengurus rambut dengan baik. Maka itu, Anda yang mesti membantu merawat rambutnya. Yuk, simak panduan merawat rambut kering pada anak-anak berikut ini.

Merawat rambut kering pada anak supaya tetap sehat

Ada banyak hal yang menyebabkan rambut si kecil jadi kering dan kasar. Mulai dari udara kering, produk perawatan rambut yang tidak cocok, hingga efek dari pengering rambut. Rambut kering akan sulit diatur, merusak penampilan, rapuh dan sangat mudah patah.

Bila Anda tidak segera mengatasi rambut kering pada anak tersebut dengan benar, rambut akan semakin rusak. Akibatnya, Anda akan lebih sulit mengatasinya. Untuk itu, perhatikan beberapa hal dalam perawatannya, seperti:

1. Memilih sampo yang tepat

Setiap sampo diformulasikan untuk jenis rambut yang berbeda-beda. Untuk mengatasi rambut kering pada anak, pilih sampo yang pH-nya seimbang, bebas alkohol, mengandung sodium lauryl sulfat, atau zat kimia keras lainnya.

Hindari memilih sampo yang diperuntukkan bagi orang dewasa atau tertarik dengan harumnya saja. Jika Anda masih ragu, Anda bisa bertanya pada dokter atau apotek.

2. Perhatikan tatanan rambut si kecil

Anak yang memiliki rambut keriting cenderung lebih mudah mengalami rambut kering. Supaya tidak kering, hindari mengeriting atau meluruskan rambut dengan pencatok panas. Selain itu, tidak mengepang tanpa kencang atau menggunakan jepitan terlalu banyak karena akan memberikan tekanan pada rambut sehingga mudah patah dan rontok.

3. Keramas jangan terlalu sering

Merawat rambut kering pada anak berbeda dengan rambut sehat, terutama ketika ia membersihkan rambut. Jika rambutnya berminyak dan berketombe, ia perlu membersihkan rambutnya lebih sering. Ini bertolak belakang dengan rambut kering. Anak tidak perlu keramas setiap hari supaya kondisi rambut tidak bertambah kering.

Kemudian, hindari menyisir rambut anak sat kondisinya masih basah. Mengapa? Rambut kering sangat sensitif, saat kondisinya masih basah, rambut jadi sangat mudah rusak. Keringkan lebih dahulu dengan handuk, setelah sedikit mengering barulah sisir rambut anak dengan rapih. Ini dilakukan untuk mengatasi rambut kering pada anak dari kerusakan yang lebih parah.

4. Pakai kondisoner lebih sering

Setelah keramas, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner. Tujuannya, agar kelembapan rambut tetap terjaga dan rambut tidak mudah kusut dan lebih halus.

Untuk kondisioner tanpa perlu dibilas, Anda bisa memakaikan kondisioner saat rambut masih basah. Sementara kondisioner yang perlu dibilas, sebaiknya diamkan selama 1 hingga 2 menit supaya rambut menyerap kondisioner lebih maksimal dan bilas hingga bersih. Oleskan secara merata, dari akar hingga ke ujung rambut. Cara mengatasi rambut kering pada anak ini cukup ampuh jika Anda menerapkannya secara rutin.

5. Periksa ke dokter jika perlu

Meski Anda bisa merawat rambut kering pada anak di rumah, jangan sungkan untuk konsultasi ke dokter. Terutama, jika perawatan yang Anda lakukan tidak menunjukkan perubahan. Rambut kering pada anak bisa menjadi tanda anak kekurangan nutrisi atau masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca