home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Rambut Kering Jadi Mudah Rapuh? Yuk Kembalikan Kelembapannya Dengan 5 Cara Alami Ini

Rambut Kering Jadi Mudah Rapuh? Yuk Kembalikan Kelembapannya Dengan 5 Cara Alami Ini

Memiliki rambut kering sudah pasti membuat tampilannya menjadi kurang menarik. Rambut yang kering juga cenderung rapuh dan sulit ditata. Nah, agar kelembapan dan keindahan rambut Anda dapat kembali, yuk simak berbagai cara mengatasi rambut kering yang mudah tanpa perlu ke salon.

Cara mudah dan alami mengatasi rambut kering

Bermasalah dengan rambut yang kering? Tak usah khawatir, yuk coba cara-cara alami berikut untuk mengembalikan kelembapannya.

1. Menggunakan masker rambut

membuat masker rambut alami

Sudah pernah mencoba masker rambut? Jika belum, nampaknya Anda perlu mulai mencobanya. Pasalnya, masker dapat membantu mengembalikan kelembapan rambut. Dikutip dari Livestrong, campuran yoghurt dan minyak zaitun dapat membantu memperbaiki rambut yang kering, rapuh, dan juga rusak.

Cara membuatnya sangat mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 1/2 cangkir yoghurt tawar dan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk campuran hingga rata sebelum mengoleskannya ke tiap helaian rambut Anda.

Sebelum mengoleskannya, basahi rambut terlebih dahulu agar campuran ini dapat meresap dengan sempurna. Setelah itu, tutup rambut yang telah dimasker dengan handuk hangat atau topi mandi. Kemudian, diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

Untuk hasil yang lebih maksimal, ulangi sebanyak dua hingga tiga kali seminggu. Anda juga bisa mengkreasikan masker dengan bahan lain seperti mencampurkan alpukat, madu, dan minyak zaitun.

2. Mengonsumsi omega 3 dan antioksidan

omega 3 untuk ibu hamil

Omega 3 membantu mengembalikan kilau alami rambut yang hilang akibat terlalu kering. Sementara antioksidan membantu melawan stres oksidatif yang membuat rambut tampak lebih kusam. Untuk itu, agar mendapatkan kombinasi manfaat dari keduanya Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan yang kaya akan kedua zat tersebut.

Omega 3 bisa didapatkan dari ikan kembung, sarden, tuna, dan juga salmon. Sementara antioksidan bisa didapat dari kacang merah, brokoli, tomat, dan kacang kenari.

3. Mengoleskan minyak kelapa

khasiat minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan pelembap alami yang mampu mengisi celah di tiap helai rambut saat mengalami kerusakan akibat matahari yang menyebabkan kekeringan. Sebuah penelitian di tahun 2005 menunjukkan fakta bahwa minyak kelapa sangat bagus untuk menembus serat-serat rambut.

Dengan begitu, minyak yang satu ini mampu menghaluskan kembali helaian rambut yang telah kering. Anda bisa merawat rambut dengan mengoleskan minyak kelapa hangat ke rambut setiap minggunya.

Oleskan minyak kelapa pada rambut dari mulai akar hingga ujung. Kemudian pijat kepala secara perlahan agar minyak lebih meresap ke dalam helai rambut dan kulit kepala. Setelah itu, diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan air bersih dan sampo.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Home Remedies for Dry Hair

https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-dry-hair accessed on October 25th 2018

How do I stop my hair from being dry?

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321850.php accessed on October 25th 2018

Home Remedies for Very Dry Hair

https://www.livestrong.com/article/156214-home-remedies-for-very-dry-hair/ accessed on October 25th 2018

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Widya Citra Andini Diperbarui 29/10/2018
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x