Mana yang Lebih Baik untuk Anak, Susu Bubuk Atau Susu Cair?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 17 September 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

ASI adalah makanan utama untuk bayi baru lahir hingga ia mencapai usia 2 tahun. Namun, ada juga orangtua yang ingin menyapih anaknya lebih cepat, rata-rata saat bayi usia satu tahun. Nah, menyapih bayi berarti mengganti ASI dengan susu formula, yang tersedia dalam bentuk bubuk maupun cair. Bila Anda masih bingung memilih susu mana yang lebih baik; apakah susu bubuk atau susu cair, sebaiknya pahami ulasannya berikut ini.

Manfaat susu bagi tumbuh kembang anak

Susu memiliki manfaat yang penting untuk pertumbuhan anak, seperti mendukung pertumbuhan dam kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi susu seperti vitamin D, vitamin B12, kalsium, protein, fosfor, serta kalium membantu kinerja organ dan hormon di dalam tubuh anak. Selain itu, susu juga menyediakan kalori yang berguna sebagai sumber energi.

Walaupun menyehatkan, seberapa banyak anak minum susu juga harus diperhatikan. Asupan susu bagi anak-anak adalah dua sampai tiga gelas ukuran 250 ml per hari. Jika berlebihan, maka akan ada tambahan kalori yang bisa membuat berat badan anak bertambah.

Mengenal susu bubuk dan susu cair

anak minum susu

Berdasarkan bentuknya, susu di pasaran ada yang dikemas menjadi bubuk kering atau tetap dalam keadaan cair. Susu bubuk berasal dari susu cair yang mengalami proses pemanasan dengan bantuan alat spray drier.

Sementara susu cair memiliki dua jenis, yaitu fresh milk (susu segar) dan juga susu cair olahan. Fresh milk adalah jenis susu yang berasal dari perahan langsung dari hewan ternak penghasil susu, yang bebas dari bahan pemanis atau perasa tambahan.

Berbeda dengan fresh milk, susu cair olahan harus melewati proses pemanasan untuk membunuh bakteri dan diberi tambahan perasa supaya lebih enak dan tahan lama. Susu cair olahan dapat berupa susu UHT, susu pasteurisasi, dan susu lainnya.

Lebih baik susu bubuk atau susu cair?

susu uht

Kandungan nutrisi susu yang paling utuh ada pada susu cair fresh milk. Sementara susu yang sudah mengalami proses pengolahan dan pemanasan, kadar nutrisinya akan sedikit berubah, salah satunya jumlah kalori.

Lemak pada susu skim milk atau low fat, baik itu bubuk atau cair, jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan fresh milk. Sayangnya, susu fresh milk tidak bisa bertahan lama dan akan cepat basi jika dibandingkan dengan susu cair olahan atau susu bubuk. Beberapa produk susu cair olahan dan susu bubuk juga mangandung bahan tambahan, contohnya penstabil nabati, perisa buah atau pemanis tambahan. Jadi, mana yang lebih baik?

Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, seorang ilmuwan nutrisi, ketika ditemui di Kidzania, Pasific Place, Jakarta Selatan, Jumat (14/9) menuturkan, “Susu bubuk mengalami proses spray drying yang bisa menimbulkan kolesterol teroksidasi. Lebih baik pilih makanan atau minuman yang segar dan alami, contohnya fresh milk.

Susu fresh milk memang lebih lengkap nutrisinya dibanding susu lainnya. Namun, bukan berarti produk susu cair olahan dan susu bubuk lainnya tidak sehat. Selama Anda cermat memilih susu dan memberikan susu sesuai asupan, kesehatan anak tetap terjaga. Lakukan konsultasi pada dokter jauh lebih baik jika Anda ragu menentukan susu mana yang paling baik untuk anak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Tips Mengonsumsi Susu untuk Penderita Intoleransi Laktosa

Seseorang yang intoleransi laktosa umumnya akan mengalami gangguan pencernaan sesudah mengonsumsi produk susu. Berikut cara aman menghindarinya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Hanya Minum Susu untuk Sarapan, Sehatkah Kebiasaan Ini?

Banyak orang minum susu untuk sarapan karena praktis dan mudah disiapkan. Namun, apakah kebiasaan tersebut benar-benar sehat ?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Hidup Sehat, Tips Sehat 11 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Sudah Osteoporosis, Masih Bisakah Minum Susu untuk Menguatkan Tulang?

Susu disebut sebagai minuman wajib untuk menjaga kesehatan tulang. Namun jika tulang sudah telanjur keropos, apakah susu masih efektif untuk menguatkannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Osteoporosis, Health Centers 12 Januari 2020 . Waktu baca 6 menit

Mengenal Nutrisi Susu Oat alias Susu Gandum yang Tak Kalah Sehat

Oat tidak hanya dinikmati sebagai sereal, tapi juga sebagai susu. Ini dikenal sebagai susu gandum. Penasaran dengan nutrisi dan manfaatnya? Baca di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Nutrisi, Hidup Sehat 23 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

susu anak

9 Jenis Susu Anak dan Tips Memilihnya Sesuai Kebutuhan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit
perlukah lansia minum susu

Apakah Lansia Masih Perlu Minum Susu? Berapa Banyak yang Dibutuhkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
diet susu risiko diabetes

Diet Susu Dinilai Dapat Menurunkan Risiko Diabetes dan Hipertensi

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 7 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
susu hangat susu dingin

Mana yang Lebih Sehat, Susu Hangat atau Susu Dingin?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 3 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit