home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Tips Mempersiapkan MPASI Bayi untuk Bepergian

4 Tips Mempersiapkan MPASI Bayi untuk Bepergian

Jalan-jalan dengan bayi pastinya menyenangkan, tapi jangan lupa untuk mempersiapkan semua kebutuhan bayi sepanjang perjalanan agar bayi tetap nyaman. Nah, salah satu hal penting yang tidak boleh ketinggalan adalah makanan untuk bayi selama perjalanan. Terlebih jika bayi sudah tidak menyusu ASI lagi. Bagaimana, sih, cara mempersiapkan MPASI bayi untuk berpergian? Ayo, simak tipsnya berikut ini.

Bagaimana mempersiapkan MPASI bayi untuk bepergian?

Bepergian dengan bayi bukanlah alasan bayi menjadi kurang asupan makan. Dengan persiapan yang baik untuk membawa bekal makanan bayi, hal ini bisa dihindarkan. Selain agar asupan makan bayi tetap terjaga, membawa bekal makanan juga dapat membuat bayi lebih nyaman selama di perjalanan. Nah, ini dia tips mempersiapkan MPASI bayi untuk bepergian.

1. Bawa bekal makanan yang praktis

biskuit makanan bayi
Sumber: MamaPapaBubba.com

Selama bepergian, tentu alat dan bahan untuk mempersiapkan MPASI bayi menjadi terbatas. Nah, makanan bayi yang praktis menjadi solusi selama dalam perjalanan. Contohnya pepaya, roti, biskuit bayi, kentang rebus, dan sereal.

Untuk bayi di bawah usia 1 tahun atau yang belum bisa makan makanan padat, Anda bisa membawa buah dalam bentuk pure. Misalnya pure pisang, pure pepaya, pure mangga, dan lainnya. Sedangkan, untuk bayi di atas 1 tahun atau yang sudah bisa mengunyah makanannya, Anda bisa membawakannya buah potong.

2. Anda juga bisa menyiapkan MPASI homemade sebelum bepergian

makanan bayi
Sumber: Colourbox

Selain membawakan makanan praktis yang bisa langsung dimakan bayi, Anda juga bisa menyiapkan makanan olahan sebelum bepergian. Contohnya saja seperti bubur yang berisikan sayuran serta lauk.

Anda cukup merebus beras dalam air secukupnya. Kemudian, masukkan sayuran yang sudah dipotong-potong, seperti wortel dan brokoli. Anda juga bisa menambahkan potongan ayam dan daging. Aduk hingga kental seperti bubur. Tunggu hingga dingin dan masukkan dalam wadah yang tertutup rapat.

Anda bisa membawa bekal MPASI ini dalam 2-3 porsi, sehingga bisa untuk 2-3 kali makan. Nah, sebelum memberikannya ke bayi, Anda bisa menghangatkannya dengan cara merendam wadah makanan tersebut dalam mangkuk yang berisikan air panas. Atau, jika sedang di restauran, Anda bisa minta tolong pada pelayan untuk menghangatkannya di microwave.

Tentunya, MPASI homemade ini lebih kaya gizi, sehingga tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi bayi dalam sehari.

3. Simpan makanan dengan baik

makanan bayi
Sumber: New Mum Tips

Tentunya Anda harus menyediakan tempat khusus untuk makanan bayi. Selain, tempat makan atau toples, Anda juga perlu membawa mangkuk, sendok, dan botol minum. Nah, pilihlah peralatan makan bayi ini yang bebas BPA, sehingga aman untuk bayi.

Anda mungkin juga perlu membawa cooler bag atau cooler box untuk menyimpan makanan bayi. Jangan lupa juga untuk membawa termos berisi air panas untuk membuat susu atau untuk mencuci tempat makan bayi sebelum digunakan.

4. Jangan lupa bawa lap

lap bayi
Sumber: Baby Space

Ini dia salah satu barang yang jangan sampai ketinggalan. Lap basah atau tisu dirasa sangat perlu untuk dibawa dalam perjalanan. Selain untuk membersihkan mulut dan tangan bayi yang kotor karena ketumpahan makanan, lap atau tisu juga bisa menghindari makanan agar tidak tumpah ke baju bayi.

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot mengganti baju bayi karena kotor setelah makan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

BabyCentre UK. (2014). Travelling with an eight-month-old to 15-month-old. [online] Available at: https://www.babycentre.co.uk/a7268/travelling-with-an-eight-month-old-to-15-month-old [Accessed 15 Jul. 2018].

(2017). Travelling with Baby: 6 Best Foods (6-12 Months). [online] Available at: https://www.babygogo.in/traveling-with-baby/ [Accessed 15 Jul. 2018].

Hemapriya, et al. (2015). 34 Easy HomemadeTravel Food Ideas for Babies and Toddlers. [online] My Little Moppet. Available at: https://www.mylittlemoppet.com/homemade-travel-food-ideas-for-babies-and-toddlers/ [Accessed 15 Jul. 2018].

Travel with Homemade Baby Food | Taking Homemade Baby Food on Vacation, to Play Dates, on Car Rides and Day Trips – Pack Your Baby Food Cubes. [online] Available at: http://wholesomebabyfood.momtastic.com/travelwithhomemadebabyfood.htm [Accessed 15 Jul. 2018].


Foto Penulis
Ditulis oleh Arinda Veratamala, S.Gz pada 29/08/2018
Ditinjau oleh Arinda Veratamala, S.Gz
x