backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Bu, Ini Pentingnya DHA di 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Luthfiya Rizki · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

Bu, Ini Pentingnya DHA di 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil

Sebagian dari Ibu mungkin sudah mengetahui betapa pentingnya DHA (Docosahexaenoic acid) bagi pertumbuhan otak si Kecil. Periode terbaik untuk mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil adalah pada saat 1000 hari pertama kehidupan (mulai dari konsepsi hingga si Kecil berusia dua tahun). Oleh karena itu, dari mulai ibu hamil hingga menyusui, kebutuhan harian DHA untuk anak perlu terus diperhatikan.

Apa saja manfaat DHA untuk anak?

DHA sangat penting bagi si Kecil karena dapat mendukung perkembangan kognitif, mengurangi gejala ADHD, sampai meningkatkan kesehatan mata.Berikut paparan lebih lanjut mengenai manfaat DHA untuk anak.

Perkembangan otak

Pengaruh DHA untuk anak dalam mendukung perkembangan otak si Kecil telah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Salah satunya penelitian yang dilaksanakan di Australia.

Hasilnya menunjukan bahwa si Kecil dengan ibu yang mendapat asupan minyak ikan dengan dosis 45 mg perhari (termasuk DHA) saat trimester kedua kehamilan, memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes koordinasi antara mata dan tangan.

Berdasarkan fakta bahwa 90% perkembangan otak yang mendukung fungsi kognitif anak terjadi di 5 tahun pertama (Dekaban, 1978)

Berat badan saat lahir

Para peneliti di Maastricht University, Belanda, menemukan “hubungan positif yang signifikan” antara tingkat DHA ibu (terutama di awal kehamilan) dan berat badan serta ukuran lingkar kepala si Kecil saat lahir.

Penelitian lain menunjukkan, mengonsumsi sumber makanan atau suplemen DHA untuk si Kecil selama masa kehamilan mungkin memberi manfaat (meski kecil) untuk mengurangi risiko si Kecil lahir prematur, bagi ibu yang pernah mengalami persalinan prematur.

Melindungi si Kecil dari penyakit

Sebuah studi pada tahun 2011 menemukan bahwa manfaat DHA untuk anak yang didapat karena ibu mengonsumsi sumber makanan atau suplemen dapat membantu melindungi si Kecil dari penyakit di awal kehidupan setelah dilahirkan.

Studi ini mengikutsertakan 1.100 ibu hamil dan 900 si Kecil. Dari penelitian ini ditemukan bahwa anak-anak dengan ibu yang mengonsumsi 400 mg DHA setiap hari dan hampir selama masa mengandung, risiko untuk terkena gejala pilek selama beberapa bulan pertama kehidupan lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang lahir dengan ibu yang diberi plasebo selama hamil.

Selain ketiga manfaat yang telah disebutkan, DHA juga sering disebut-sebut sebagai cara alami untuk mencegah keguguran. Beberapa ibu juga mengonsumsi DHA untuk mengurangi risiko depresi pascapersalinan.

Berapa kebutuhan asupan DHA per hari?

World Health Organization (WHO) merekomendasikan asupan ideal DHA dan EPA untuk balita, disesuaikan dengan usia dan kondisi tubuhnya, yaitu:

  • Usia 1 – 2 tahun: 10 – 12 miligram DHA per kilogram berat badan per hari.
  • Usia 2 – 4 tahun: 100 – 150 miligram DHA dan EPA per hari.
  • Usia 4 – 6 tahun: 150 – 200 miligram per hari.

Makanan sumber DHA untuk si kecil

Sumber makanan yang bisa diberikan untuk mendukung asupan DHA bagi si kecil di antaranya ikan, telur, kacang-kacangan, serta susu.

Susu pertumbuhan bisa menjadi pilihan susu terbaik untuk anak usia satu tahun ke atas dibandingkan dengan susu jenis lainnya.

Pasalnya, susu pertumbuhan umumnya difortifikasi dengan DHA, salah satunya bersumber dari minyak ikan.

Sementara pada susu jenis lain, seperti susu pasteurisasi, susu UHT, dan susu cair lain yang umumnya beredar di pasaran, relatif tidak mengandung DHA.

Susu pertumbuhan yang terfortifikasi juga memiliki nutrisi penting lainnya seperti kombinasi unik zat besi dan vitamin C yang mendukung penyerapan nutrisi secara maksimal, sehingga dapat mendukung tumbuh kembang optimal si Kecil termasuk pertumbuhan fisik, daya pikir, serta daya tahan tubuhnya.

Salah satu susu pertumbuhan yang dapat menjadi pilihan tepat untuk si Kecil adalah SGM Eksplor. Pasalnya, SGM Eksplor mengandung DHA 100% berkualitas dari Minyak Ikan Tuna yang lebih baik dari Minyak Ikan lainnya, serta Omega 3 & 6.

Dukung perkembangan daya pikir dengan nutrisi dan stimulasi tepat untuk jadi Generasi Maju yang Berpikir Cepat.

Selain itu, SGM Eksplor juga satu-satunya susu pertumbuhan dengan IronCTM*, kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C untuk mendukung penyerapan zat besi 2x lipat.

Tidak hanya itu, SGM Eksplor juga Tinggi Protein, mengandung Vitamin D, serta Kalsium untuk dukung pertumbuhan fisik. Semua hal ini, dapat mendukung tumbuh kembang si Kecil dengan nutrisi & stimulasi tepat sesuai usianya.

Sejumlah penelitian telah menunjukan efek positif DHA untuk kesehatan ibu dan si Kecil. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan DHA setiap hari agar si Kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

*IronC adalah Kombinasi Unik Zat Besi & Vit C dengan molar rasio 1:2 untuk meningkatkan penyerapan Zat Besi 2x Lipat (WHO/FAO,2006)

***Berdasarkan perbandingan Informasi Nilai Gizi yang tercantum dalam SGM Eksplor 1+ dan rata-rata produk susu cair anak pada bulan Februari 2024

****Berdasarkan harga per kemasan SGM Eksplor 1+ dan rata-rata produk susu cair anak pada bulan Februari 2024. Produk susu cair anak yang paling banyak dijual mencakup 80% kategori susu cair anak di Indonesia (Market *****Research Data, FY 2023)

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Luthfiya Rizki · Tanggal diperbarui seminggu yang lalu

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan