Propantheline

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa obat Propantheline?

Propantheline adalah obat untuk mengatasi ulkus peptikum. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi produksi asam pada lambung.

Propantheline juga dapat digunakan dengan obat-obatan lain untuk mengatasi kelebihan asam lambung (Zollinger-Ellison syndrome) atau gangguan usus tertentu (irritable bowel syndrome). Untuk gangguan usus, obat ini bekerja dengan mengurangi pergerakan lambung atau usus.

Bagaimana aturan pakai Propantheline?

Minum obat ini, biasanya 30 menit sebelum makan dan sebelum tidur atau sesuai petunjuk dokter.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Dosis berdasarkan kondisi medis dan respon Anda terhadap terapi. Minum obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini di waktu yang sama setiap hari.

Beri tahu dokter jika kondisi tidak membaik atau bahkan memburuk.

Bagaimana cara menyimpan Propantheline?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Propantheline untuk orang dewasa?

Dosis untuk Ulkus Peptikum

Dosis awal: 15 mg secara oral, diminum 30 menit sebelum makan dan 30 mg oral sebelum tidur (total 75 mg/hari)

Pasien dengan gejala ringan dan pasien dengan perawakan kecil dapat diberikan 7,5 mg tiga kali sehari, diminum 30 menit sebelum makan.

Dosis untuk Ulkus Peptikum pada lansia

Dosis awal: 7.5 mg diminum 3 kali sehari, 30 menit sebelum makan.

Bagaimana dosis Propantheline untuk anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa saja berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis dan sediaan apakah Propantheline tersedia?

Tablet 15 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Propantheline?

Mulut kering, berkurangnya keringat, pusing, mengantuk, pandangan kabur, pupil melebar, mual atau muntah, atau konstipasi dapat terjadi. Jika salah satu efek tersebut tidak kunjung hilang atau bahkan memburuk, segera beri tahu dokter atau apoteker.

Ingatlah dokter Anda memberikan obat ini karena ia telah mempertimbangkan manfaat yang melebihi risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak mengalami efek samping serius.

Segera beri tahu dokter jika efek samping yang serius namun kemungkinan tidak terjadi: perubahan mental atau mood, tekanan atau nyeri pada mata, detak jantung berdebar cepat, kesulitan buang air kecil.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Propantheline?

Sebelum menggunakan propantheline, beri tahu dokter atau apoteker jika Anda alergi terhadap obat ini, atau jika Anda memiliki alergi lainnya. Produk ini dapat mengandung kandungan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lainnya. Bicarakan dengan apoteker untuk detail lebih lanjut.

Obat ini dilarang digunakan jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Sebelum menggunakan obat ini, konsultasikan dengan dokter atau apoteker jika Anda memiliki: glaukoma, myasthenia gravis, gangguan pergerakan/penyumbatan pada lambung atau usus (paralytic ileus, pyloroduodenal stenosis, achalasia, intestinal atony), kesulitan bernapas (prostatic hypertrophy), ulcerative colitis parah.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker sejarah medis Anda, terutama: tiroid yang overaktif (hipertiroidisme), penyakit hati, penyakit ginjal, penyakit jantung atau pembuluh darah (gagal jantung kongestif, penyakit arteri koroner, tachycardia), gangguan esofagus (asam lambung), gangguan saraf (autonomic neuropathy), diare, gangguan pernapasan (asma), ulcerative colitis ringan atau menengah.

Sebelum menjalankan operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi jika Anda menggunakan obat ini.

Obat ini dapat membuat Anda pusing, mengantuk atau menyebabkan pandangan kabur. Jangan mengendarai, menggunakan mesin, atau melakukan aktivitas yang memerlukan kesadaran atau pandangan yang jelas hingga Anda yakin Anda dapat melakukan aktivitas tersebut secara aman. Batasi konsumsi minuman beralkohol.

Obat ini dapat mengurangi keringat. Untuk mencegah heat stroke, hindari merasa kepanasan pada cuaca yang panas, sauna dan selama olahraga atau aktivitas berat lainnya.

Apakah Propantheline aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  • A= Tidak berisiko,
  • B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  • C= Mungkin berisiko,
  • D= Ada bukti positif dari risiko,
  • X= Kontraindikasi,
  • N= Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Propantheline?

Obat ini dilarang digunakan dengan obat-obatan berikut karena interaksi serius dapat terjadi: pramlintide.

Jika Anda sedang menggunakan obat-obatan yang disebutkan di atas, beri tahu dokter atau apoteker sebelum memulai penggunaan propantheline.

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter atau apoteker semua obat-obatan dengan atau tanpa resep, atau produk herbal yang Anda gunakan, terutama: antihistamin (e.g., diphenhydramine, meclizine), antispasmodics (e.g., dicyclomine), belladonna alkaloids (e.g., scopolamine, atropine), obat-obatan antiarrhythmic tertentu (e.g., quinidine, procainamide), obat-obatan tertentu untuk penyakit Parkinson’s (e.g., amantadine, levodopa, benztropine, trihexyphenidyl), corticosteroids (e.g., prednisone), digoxin (slow-dissolving type), obat yang mempengaruhi pergerakan lambung (e.g., metoclopramide), obat yang tergantung pada keasaman lambung (e.g., ketoconazole), MAO inhibitors (isocarboxazid, linezolid, methylene blue, moclobemide, phenelzine, procarbazine, rasagiline, selegiline, tranylcypromine), phenothiazines (e.g., promethazine, chlorpromazine), potassium tablets/capsules, tricyclic antidepressants (e.g., amitriptyline).

Beri tahu dokter atau apoteker jika Anda juga menggunakan obat yang menyebabkan rasa kantuk seperti: obat-obatan anti kejang (e.g., carbamazepine), obat tidur atau untuk kegelisahan (e.g., alprazolam, diazepam, zolpidem), relaksan otot, penawar rasa sakit narkotik (e.g., meperidine, codeine), obat psikiatris (e.g., chlorpromazine, risperidone, trazodone).

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Propantheline?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Propantheline?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Komplikasi Gastritis yang Patut Diwaspadai

Apa Anda punya gastritis? Mulai sekarang jangan sepelekan gejalanya, karena gastritis bisa menyebakan komplikasi. Apa saja? Cari tahu di sini.

Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gastritis, Health Centers 23 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

Pengobatan Gastritis, Mulai dari Perawatan Dokter Hingga Cara Alami

Munculnya gejala gastritis bisa mengganggu aktivitas. Jangan khawatir, simak pengobatan gastritis berikut ini agar gejalanya tidak lagi kumat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gastritis, Health Centers 18 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

Beragam Cara Pencegahan Gastritis yang Paling Ampuh

Salah satu masalah lambung yang umum terjadi adalah gastritis. Kondisi ini menandakan adanya peradangan pada lambung sehingga menimbulkan berbagai gejala, seperti mual dan mulas. Kabar baiknya, gastritis bisa dicegah ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Gastritis, Health Centers 17 Mei 2020 . Waktu baca 6 menit

Panduan Berpuasa Bagi Penderita Maag

Makan sekaligus dalam porsi besar baik saat berbuka maupun sahur, justru bisa memicu serangan maag kambuh. Simak berbagai tips berpuasa untuk penderita maag.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hari Raya, Ramadan 30 April 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perut kosong hindari makan pedas dan asam

Kenapa Makanan Pedas Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 30 Oktober 2020 . Waktu baca 3 menit
makan tidak teratur

6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
obat maag alami herbal asam lambung

Manfaat Bahan-bahan Herbal untuk Pengobatan Gangguan Lambung

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 18 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Konten Bersponsor
gambar junk food yang menyebabkan asam lambung naik, namun obat alami asam lambung dapat mengatasinya

Junk Food Bikin Asam Lambung Naik, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 18 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit