Hyaluronidase

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa obat Hyaluronidase?

Hyaluronidase adalah obat berupa protein yang dirancang secara genetik. Hyaluronidase berguna untuk membantu menyerap obat-obatan yang disuntikkan lainnya. Hyaluronidase juga berguna untuk membantu memperlihatkan pewarna kontras dalam tubuh dengan lebih jelas lagi pada jenis x-ray atau scan tertentu. Hyaluronidase mungkin juga digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum di dalam panduan pengobatan ini.

Bagaimana aturan pakai Hyaluronidase?

Obat ini disuntikkan di bawah kulit. Penyedia layanan kesehatan akan memberikan suntikan ini.

Bagaimana cara menyimpan Hyaluronidase?

Simpan obat pada suhu ruangan jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di dalam kamar mandi dan membekukan obat. Obat dengan merek yang berbeda-beda mungkin mempunyai cara menyimpan yang berbeda. Periksa kotak produk untuk mencari tahu instruksi bagaimana cara menyimpannya, atau menanyakan apoteker. Jauhi obat dari anak-anak dan binatang peliharaan.

Dilarang mengguyur obat di dalam toilet atau membuangnya ke dalam saluran pembuangan jika tidak disuruh. Buang produk ini dengan benar jika sudah melewati batas waktu atau tidak dibutuhkan lagi. Konsultasi dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal untuk detail lebih mendalam tentang bagaimana membuang produk dengan aman.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Hyaluronidase untuk orang dewasa?

  • Dosis orang dewasa untuk ekstravasasi: Hentikan pemberian infus dan berikan lima 0,2 ml suntikan larutan 15 unit/mL di bawah kulit atau di dalam kulit di sekitar area ekstravasasi, menggunakan 25 atau 26 jarum pengukur untuk setiap suntikan. Berikan dalam satu jam setelah ekstravasasi untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Dosis orang untuk hipodermolisis: Setelah memasukkan jarum, mulailah clysis dengan ujung jarum yang dapat bergerak bebas di antara kulit dan otot. Cairan harus siap masuk tanpa rasa sakit atau benjolan. Kemudian hyaluronidase harus disuntikkan ke dalam pipa karet yang dekat dengan jarum.
  • Metode lain: suntikkan hyaluronidase di bawah kulit sebelum clysis. 150-200 unit akan memudahkan penyerapan 1000 mL atau lebih larutan.
  • Dosis orang dewasa untuk urografi bawah kulit: Suntikkan 75 unit pada setiap scapula, disusul oleh suntikan medium kontras di area yang sama.

Bagaimana dosis Hyaluronidase untuk anak?

Dosis anak untuk ekstravasasi:

Hentikan pemberian infus dan berikan lima 0,2 ml suntikan larutan 15 unit/mL di bawah kulit atau di dalam kulit di sekitar area ekstravasasi, menggunakan 25 atau 26 jarum pengukur untuk setiap suntikan. Berikan dalam satu jam setelah ekstravasasi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Beberapa pusat menggunakan 150 unit/mL larutan hyaluronidase dan, tanpa pengenceran lebih lanjut, berikan suntikan 0,2 mL di bawah atau dalam kulit ke dalam area ekstravasi terdepan sesegera mungkin (dalam 1 jam) setelah ekstravasasi diketahui.

Dosis anak untuk hipodermolisis

  • Bayi prematur atau baru lahir: Dosis harian clysis tidak boleh melampaui 25 mL/kg dan jumlah pemberian tidak boleh melampaui 2 mL per menit.
  • Kurang dari 3 tahun: Volume clysis tidak boleh melebihi 200 mL.
  • Bayi dan anak-anak: 15 unit ditambahkan pada setiap 100 ml cairan pengganti yang akan diberikan atau 150 unit disuntikkan di bawah kulit, disusul oleh pemberian cairan isotonik di bawah kulit pada jumlah yang cocok bagi umur, berat badan, dan kondisi klinis pasien 150 unit memudahkan penyerapan lebih dari 1000 mL larutan. Dosis, jumlah suntikan, dan jenis larutan harus dibedakan. Jumlah dan volum clysis harus dikontrol untuk menghindari kelebihan cairan. Hypovolemia mungkin terjadi jika larutan bebas elektrolit diberikan. Penambahan jumlah elektrolit memadai dan/atau pengendalian volum dan jumlah pemberian akan mencegah hypovolemia.

Dosis anak untuk urografi bawah kulit

Suntikkan 75 unit pada setiap scapula, disusul oleh suntikan medium kontras di area yang sama.

Dalam dosis dan sediaan apakah Hyaluronidase tersedia?

Hyaluronidase disimpan steril sebagai 150 unit USP non-preserved recombinant human hyaluronidase per mL dalam botol kaca kecil sekali pakai.

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Hyaluronidase?

Dapatkan pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda reaksi alergi ini: gatal-gatal sulit bernapas pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Efek samping yang lebih ringan mungkin termasuk nyeri, gatal-gatal, merah, atau bengkak pada daerah suntikan obat.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda mengalami kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Hyaluronidase?

Anda dilarang menerima obat ini apabila alergi. Dokter mungkin melakukan tes kulit untuk melihat apakah Anda alergi hyaluronidase sebelum Anda menerima obat.

Apakah Hyaluronidase aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Tidak ada penelitian memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan pada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C (A= Tidak berisiko, B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C= Mungkin berisiko, D= Ada bukti positif dari risiko, X= Kontraindikasi, N= Tidak diketahui)

Tidak ada penelitian memadai pada wanita untuk menentukan risiko bayi jika menggunakan obat ini selama menyusui. Pertimbangkan kemungkinan manfaat melawan risiko sebelum menggunakan obat ini selagi menyusui.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Hyaluronidase?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak berisikan semua kemungkinan interaksi obat-obatan. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/tanpa resep dan produk herbal) serta beritahu dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Sebelum menerima hyaluronidase, beritahu dokter jika Anda menggunakan obat-obatan berikut:

  • Furosemide (Lasix)
  • Phenytoin (Dilantin)
  • Obat penenang atau cemas (macam Valium, Xanax, Tranxene)
  • Aspirin atau salicylates
  • Cortisone atau ACTH (Corticotropin)
  • Estrogen atau
  • Antihistamine (macam obat flu atau alergi).

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Hyaluronidase?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional mengenai penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau tembakau.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Hyaluronidase?

Adanya gangguan medis lain mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika Anda mengalami gangguan medis lain. Adanya gangguan medis lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan hyaluronidase. Pastikan Anda memberitahu dokter bila Anda mengalami gangguan medis lainnya.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Hubungi dokter untuk mendapatkan instruksi apabila Anda melewatkan jadwal suntikan hyaluronidase.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa yang Harus Dilakukan Saat Terkena Gigitan Serangga?

Ada banyak cara mudah untuk mengobati gigitan dan sengatan serangga di rumah tanpa harus berobat ke dokter. Simak selengkapnya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Kulit, Penyakit Kulit Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

4 Macam Komponen Darah Manusia dan Fungsinya

Darah terdiri dari beberapa jenis komponen penyusun. Anda mungkin sudah tahu soal sel darah merah dan putih, lalu ada apa lagi? Cek komponen darah di sini!

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Penyakit Kelainan Darah, Penyakit Kelainan Darah Lainnya 27 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Telinga Tersumbat Bikin Tidak Nyaman Beraktivitas? Sontek 5 Cara Ini

Telinga yang tersumbat bikin Anda sulit mendengar baik. Jangan khawatir, Anda bisa mengatasi telinga tersumbat dengan beberapa trik berikut.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan THT, Gangguan Telinga 27 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

10 Gerakan Olahraga Untuk Meraih Kelenturan Tubuh

Jika Anda termasuk yang bertubuh kaku dan tidak fleksibel, gerakan olaharga ini bisa dilakukan di rumah untuk melatih kelenturan tubuh.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Latihan Kelenturan, Kebugaran 27 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara kerja obat kuat

Ragam Obat Kuat Pria di Apotek, Apakah Bisa Bikin Tahan Lama di Ranjang?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
obat kuat alami

11 Pilihan Obat Kuat Alami yang Bikin Pria Lebih Tahan Lama di Ranjang

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
menelan sperma

Apakah Bisa Hamil Jika Kita Menelan Sperma?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
apakah penderita diabetes boleh minum susu

Apakah Penderita Diabetes Boleh Minum Susu?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit