Fosmicin

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Untuk apa fosmicin digunakan?

Fosmicin adalah merek obat berupa serbuk injeksi yang mengandung bahan aktif fosfomycin sodium. Dari sediaannya, cairan ini dimasukkan ke dalam tubuh melalui jarum suntik. Fosfomycin adalah salah satu jenis antibiotik yang memerangi infeksi bakteri.

Obat ini digunakan untuk mengatasi masalah infeksi bakteri di saluran kemih, paru-paru, tulang, otak (meningitis) dan hanya bisa didapatkan di apotek dengan resep dokter. Obat ini juga bisa diresepkan oleh dokter untuk tujuan pengobatan lain.

Bagaimana cara penggunaan fosmicin?

Saat menggunakan obat ini, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dan perhatikan, di antaranya termasuk berikut ini:

  • Obat ini akan diberikan untuk Anda melalui pembuluh darah dengan cairan infus yang sudah ditetesi serbuk injeksi fosmicin.
  • Infus akan dilakukan selama 15-60 menit, tergantung pada dosis yang diberikan dokter untuk kondisi Anda.
  • Obat ini mungkin diberikan untuk Anda sebanyak 2, 3, hingga 4 kali dalam sehari.
  • Lama waktu penggunaan obat akan ditentukan oleh dokter berdasarkan respon tubuh Anda terhadap pengobatan menggunakan fosmicin.
  • Tetap gunakan obat ini hingga waktu yang telah ditentukan dokter. Jangan berhenti menggunakan obat meski merasa lebih baik.
  • Obat ini akan diberikan oleh ahli medis profesional seperti dokter atau perawat.

Bagaimana cara penyimpanan fosmicin?

Ada beberapa tata cara yang harus Anda ketahui saat hendak menyimpan fosmicin, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Jauhkan obat ini dari jangkauan dan pandangan anak-anak serta hewan peliharaan.
  • Jauhkan obat ini dari paparan sinar matahari atau cahaya langsung.
  • Jangan menyimpan obat ini di tempat yang lembap.
  • Jika Anda hendak menyimpannya di dalam lemari pendingin, jangan biarkan sampai beku dan pastikan suhu lemari pendingin tersebut berkisar antara 2-8 derajat celsius.
  • Jangan menyimpan obat ini di dalam kamar mandi.

Jika obat ini sudah tidak Anda gunakan atau masa berlakunya telah habis, segera buang obat ini dengan cara yang tepat. Jangan membuangnya di dalam toilet atau saluran pembuangan air. Tanyakan kepada apoteker atau petugas dari instansi pembuangan sampah setempat mengenai cara yang tepat untuk membuang obat ini dengan aman.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis fosmicin untuk orang dewasa?

Dosis dewasa untuk infeksi bakteri pada saluran kemih

2-4 gram yang digunakan dalam 2-4 dosis yang terpisah. Masing-masing dosisnya dilarutkan di dalam cairan infus sebanyak 100-500 mililiter (mL) dan diberikan melalui pembuluh darah dengan jarum infus selama 1-2 jam.

Dosis dewasa untuk operasi area perut

8 gram digunakan dalam dosis tunggal yang diberikan melalui infus selama 30-60 menit sebelum operasi.

Dosis dewasa untuk ginjal yang tidak berfungsi dengan baik

8 mg dosis yang dicampur dengan 500 mL cairan infus yang diberikan sebanyak 10-15 mL setiap menitnya ke dalam tubuh melalui pembuluh darah dengan jarum infus.

Bagaimana dosis fosmicin untuk anak-anak?

Dosis anak-anak untuk infeksi bakteri pada saluran kemih

100-200 mg/kilogram (kg) berat badan yang digunakan dalam 2-4 dosis yang terpisah. Masing-masing dosisnya dilarutkan di dalam cairan infus sebanyak 100-500 mililiter (mL) dan diberikan melalui pembuluh darah dengan jarum infus selama 1-2 jam.

Dalam dosis apa fosmicin tersedia?

Fosmicin tersedia dalam bentuk serbuk injeksi: 1 gram, 2 gram

Efek Samping

Apa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan fosmicin?

Sama halnya dengan penggunaan obat-obatan lain, fosmicin juga dapat menimbulkan risiko efek samping penggunaan obat. Efek samping yang cukup serius termasuk:

  • Reaksi alergi, Meski jarang, tetapi mungkin efek samping ini terjadi. Gejalanya termasuk kesulitan bernafas dan menelan, mengi atau nafas berbunyi, pusing, pembengkakan pada kelopak mata, wajah, bibir, lidah, serta gatal dan ruam kulit.
  • Diare akut yang tidak kunjung sembuh yang biasanya ditandai dengan sakit perut atau demam yang juga mungkin menjadi pertanda terjadinya radang usus.
  • Sakit kuning yang ditandai dengan kulit dan mata berwarna kuning.
  • Otot terasa kaku dan lemas, dan detak jantung menjadi tidak beraturan.
  • Terdapat pembengkakan, rasa sakit, atau sensasi terbakar di area sekitar pembuluh darah tempat diberikan infus untuk kondisi Anda.
  • Anda lebih mudah mendapat luka dan lebam daripada biasanya.

Jika Anda mengalami kondisi yang telah disebutkan di atas, segera hubungi dokter dan dapatkan perawatan medis segera.  Ada juga efek samping yang lebih ringan namun lebih sering terjadi, seperti:

  • Sakit perut
  • Mual
  • Nafas terengah-engah, atau nafas menjadi pendek
  • Nafsu makan berkurang
  • Lebih mudah lelah
  • Sakit kepala

Efek samping ini akan lebih mudah hilang dengan sendirinya. Namun, jika tidak kunjung hilang, segera hubungi dokter.

Peringatan & Pencegahan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan fosmicin?

Sebelum memutuskan menggunakan obat ini, pastikan Anda mengetahui hal-hal berikut:

  • Jangan menggunakan obat ini jika Anda memiliki alergi terhadap fosmicin atau bahan aktif di dalamnya, yaitu fosfomycin. Konsultasikan dengan dokter jika dokter masih meresepkan obat ini untuk Anda.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hipernatremia atau kadar natrium yang tinggi di dalam darah, gangguan ginjal, dan penyakit hormon tertentu.
  • Ada efek samping penggunaan obat yang dapat menyebabkan Anda pusing dan kesulitan berkonsentrasi. Jika Anda mengalaminya, jangan berkendara, mengoperasikan alat berat, atau melakukan kegiatan lain yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
  • Jangan memberikan obat ini kepada anak-anak di bawah usia 12 tahun.
  • Jangan memberikan obat ini kepada orang lain, sekalipun orang tersebut juga mengalami kondisi yang sama dengan Anda.

Apa fosmicin aman digunakan ibu hamil dan menyusui?

Sebelum menggunakan obat ini, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apakah obat ini dapat memberikan dampak negatif terhadap Anda dan bayi Anda. Belum diketahui dengan pasti apakah obat ini dapat dikonsumsi oleh bayi yang berada di dalam kandungan atau bayi yang sedang menyusui. Hanya gunakan obat ini jika dokter menyatakan bahwa manfaat penggunaan obat lebih besar dibanding risiko penggunaan yang mungkin terjadi pada Anda dan bayi.

Interaksi

Obat apa yang dapat berinteraksi dengan fosmicin?

Interaksi antar obat dapat meningkatkan risiko efek samping atau cara kerja obat di dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, selalu catat segala obat-obatan yang pernah, sedang, atau hendak Anda gunakan, termasuk obat resep, obat nonresep, multivitamin, hingga produk herbal.

Mengingat obat ini diberikan melalui cairan infus, interaksi antar obat hampir tidak mungkin terjadi. Namun, berikut adalah daftar obat-obatan yang sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan fosmicin, di antaranya:

  • balsalazide
  • bcg
  • metoclopramide
  • vaksin kolera
  • vaksin typhoid

Apa makanan dan alkohol yang dapat berinteraksi dengan fosmicin?

Obat-obat tertentu sebaiknya tidak dikonsumsi pada waktu makan atau saat memakan jenis makanan tertentu karena dapat terjadi interaksi. Mengonsumsi alkohol atau produk yang berasal dari tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya interaksi.

Akan tetapi, fosmicin yang diberikan melalui pembuluh darah dengan cairan infus mungkin tidak memiliki kemungkinan untuk berinteraksi dengan makanan dan alkohol yang Anda konsumsi. Untuk lebih jelasnya, hubungi dokter atau ahli medis profesional.

Apa kondisi kesehatan yang dapat berinteraksi dengan fosmicin?

Penggunaan fosmicin mungkin berinteraksi dengan beberapa kondisi kesehatan yang Anda miliki, seperti:

  • colitis, yaitu radang usus
  • hemodialisis, atau cuci darah
  • ginjal tidak berfungsi dengan baik

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan jika melewatkan satu dosis?

Hampir tidak mungkin Anda akan melewatkan dosis penggunaan obat ini karena dosis yang Anda gunakan akan diberikan oleh ahli medis profesional seperti dokter atau perawat. Tetapi, jika Anda tidak sengaja melewatkan satu dosis penggunaan obat ini, diskusikan dengan dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    5 Cara Efektif Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

    Ibu hamil rentan terkena infeksi saluran kemih atau ISK yang dapat menimbulkan risiko kesehatan. Lalu, bagaimana mencegah infeksi saluran kemih saat hamil?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 02/05/2020 . Waktu baca 4 menit

    Mewaspadai TB Laten, Perlukah Melakukan Pengobatan?

    Dalam penularan penyakit tuberkulosis ada yang disebut infeksi TB laten. Apa itu infeksi TB laten? Apakah hal ini berbahaya?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Kesehatan Pernapasan, TBC 31/03/2020 . Waktu baca 6 menit

    5 Penyakit dari Kucing yang Bisa Menular ke Anak Anda

    Bermain dengan kucing memberikan manfaat bagi perkembangan anak. Namun, orangtua tetap perlu waspada karena anak juga bisa tertular penyakit dari kucing.

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Kesehatan Anak, Parenting 25/02/2020 . Waktu baca 4 menit

    5 Cara Jitu Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK) Kembali Lagi

    Cara mencegah infeksi saluran kemih dapat dimulai dengan banyak minum air putih, menjaga kebersihan, mengenakan celana katun, juga minum suplemen cranberry.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Hidup Sehat, Tips Sehat 05/11/2019 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    bakteri pada uang kertas

    Mengenal Bakteri pada Uang Kertas dan Koin dan Dampaknya bagi Kesehatan

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Dipublikasikan tanggal: 30/06/2020 . Waktu baca 4 menit
    mengobati isk tanpa antibiotik

    Bisakah Infeksi Saluran Kemih Bisa Diobati Tanpa Antibiotik?

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Dipublikasikan tanggal: 26/06/2020 . Waktu baca 7 menit
    gedung perkantoran ditinggal kosong

    Ancaman Kesehatan Selain COVID-19 Saat Masuk ke Gedung yang Lama Tak Dihuni

    Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Dipublikasikan tanggal: 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit
    puasa saat flu saat puasa

    Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020 . Waktu baca 3 menit