Nama Generik: Snake Venom Antisera Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa obat Snake Venom Antisera?

Snake venom antiserum adalah obat yang digunakan untuk mengatasi racun yang disebabkan oleh gigitan ular.

Bagaimana aturan pakai Snake Venom Antisera?

Snake Venom Antiserum diberikan melalui intravena yang tidak dicairkan pada angka tidak lebih dari 1 ml per menit atau dicairkan pada 500 ml cairan intravena (Sodium Chloride Injection atau 5% Dextrose Injection) dan diberikan secepat yang dapat ditolerir selama 1-2 jam. Saat mencairkan Snake Venom Antiserum, aduk dengan memutar dan bukan dengan mengocok untuk mencegah obat dari berbusa.

Infusi tambahan harus diulang setiap jam hingga pembengkakan progresif pada area yang tergigit berkurang dan tanda-tanda serta gejala sistemik menghilang. Jika dosis yang cukup tercapai, perkembangan pada tanda-tanda klinis pasien seringkali terlihat.

Bagaimana cara menyimpan Snake Venom Antisera?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu 2C – 8C. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.             

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Snake Venom Antisera untuk orang dewasa?

Dosis awal tergantung pada perkiraan envenomation berikut:

  • Envenomation minimal – Pembengkakan lokal progresif namun tidak ada gejala sistemik. 5 botol kecil (50 ml) direkomendasikan untuk diberikan.
  • Envenomation sedang – Pembengkakan melebihi area gigitan, gejala sistemik ringan, dan/atau kelainan hematologis dan koagulasi terjadi. 5 – 10 botol kecil (50 – 100 ml) direkomendasikan untuk diberikan.
  • Envenomation parah – Efek lokal yang progresif seecara cepat dan ekstensif, gejala sistemik dan bukti hemolisis atau koagulopati. 10 – 20 botol kecil (100 – 200 ml) atau lebih direkomendasikan untuk diberikan.

Bagaimana dosis Snake Venom Antisera untuk anak?

Pada anak-anak dan dewasa yang bertubuh kecil (berat badan kurang dari 40 kg): hingga 50% lebih dosis Snake Venom Antiserum direkomendasikan untuk diberikan.

Dalam dosis dan sediaan apakah Snake Venom Antisera tersedia?

Snake venom antisera tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:
Suntikan 10 mL

Efek Samping

Efek samping apa yang mungkin terjadi karena Snake Venom Antisera?

Efek merugikan yang parah dan ireversibel dari Snake Venom Antisera, yang dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut termasuk urtikaria, nyeri artritis, shock, reaksi anafilaksis.

Reaksi simptomatik yang dihasilkan Snake Venom Antisera kurang lebih dapat ditolerir dan jika menjadi parah, reaksi dapat diatasi secara simptomatis, seperti dispnea, hipotensi, serum sickness.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan Snake Venom Antisera?

Sebelum menggunakan obat apapun yang dipersiapkan dari horse serum, langkah-langkah yang tepat harus dilakukan untuk mendeteksi adanya sensitivitas yang berbahaya.

  • Pemeriksaan yang hati-hati pada sejarah pasien, termasuk laporan asma, urtikaria atau manifestasi alergi lainnya.
  • Reaksi alergi terhadap paparan atau suntikan serum kuda sebelumnya.
  • Tes kecocokan untuk mendeteksi sensitivitas (Tes kulit) direkomendasikan untuk setiap pasien sebelum pemberian obat dengan sejarah klinis apapun.

Apakah Snake Venom Antisera aman untuk ibu hamil atau menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Snake Venom Antisera?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi. Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter.

Risiko meningkatnya keparahan anaphylaxis akut saat digunakan dengan β-adrenergic blockers.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Snake Venom Antisera?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Snake Venom Antisera?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 15, 2017 | Terakhir Diedit: Maret 15, 2017

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan