Nama Generik: Adapalene Merek: adapalene, Adapalene, Adapalene dan Adapalene.

Penggunaan

Untuk apa Adapalene digunakan?

Adapalene adalah obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Obat ini dapat mengurangi jumlah dan tingkat keparahan jerawat, serta mempercepat penyembuhan jerawat yang muncul.

Adapalene termasuk dalam golongan obat yang disebut retinoid. Cara kerja obat ini adalah dengan mempengaruhi pertumbuhan sel dan mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Bagaimana cara penggunaan Adapalene?

Cucilah  tangan Anda sebelum menggunakan obat ini. Lalu, bersihkan kulit dengan pembersih yang lembut atau bebas sabun dan keringkan. Saat mengoleskan sedikit obat ini dengan tipis pada area yang terkena jerawat, gunakan ujung jari untuk mengoleskannya. Biasanya obat ini digunakan satu kali sebelum tidur, atau sesuai dengan petunjuk dokter. Kain kasa atau kapas dapat digunakan untuk mengoleskan obat.

Gunakan obat ini hanya pada kulit. Jangan oleskan ke area dalam bibir atau ke dalam hidung atau mulut. Jangan gunakan pada luka, lecet, kulit yang terbakar matahari atau eksim serta hindari penggunaan obat ini dari mata. Jika obat ini terkena mata, segera basuh dengan air. Hubungi dokter jika iritasi mata terjadi. Cuci tangan setelah menggunakan obat ini untuk menghindari obat terkena mata.

Selama beberapa minggu pertama penggunaan adapalene, jerawat Anda mungkin tampak lebih buruk karena obat bekerja pada jerawat yang di dalam kulit. Hasil akan mulai terlihat pada penggunaan 8-12 minggu kemudian.

Untuk hasil yang maksimal, obat ini sebaiknya digunakan secara rutin. Untuk membantu Anda mengingat, gunakan obat ini di waktu yang sama setiap hari agar tidak ada waktu penggunaan yang terlewat.

Jangan gunakan lebih banyak atau lebih sering dari petunjuk. Sebab, kulit tidak akan membaik lebih cepat, dan hanya akan meningkatkan risiko kemerahan, pengelupasan dan rasa sakit.

Obat ini tersedia dalam berbagai kekuatan dan bentuk (gel, krim, larutan). Jenis obat yang paling baik tergantung pada kondisi kulit dan respon Anda pada terapi. Beri tahu dokter jika kondisi tidak membaik atau bahkan memburuk.

Bagaimana cara penyimpanan Adapalene?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan dan jauh dari paparan cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan menyimpan adapalene di kamar mandi dan jangan pula dibekukan.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Adapalene untuk orang dewasa?

Dosis biasa: Oleskan pada area yang berjerawat sekali sehari sebelum tidur.

Bagian wajah yang berjerawat sebaiknya dibersihkan dengan air secara menyeluruh dan dikeringkan sebelum diolesi oleh adapalene. Akan ada sensasi panas atau hangat setelah penggunaan formulasi krim dari adapalene.

Pada awal-awal penggunaan, jerawat Anda mungkin akan terlihat memburuk, namun jangan hentikan penggunaan, karena efek nyata baru muncul setelah penggunaan dalam waktu yang cukup lama, antara 8-12 minggu.

Bagaimana dosis Adapalene untuk anak-anak?

Untuk 11 tahun ke bawah: Keamanan dan efisiensi belum ditentukan.

Untuk 12 tahun ke atas: Oleskan pada area yang berjerawat sekali sehari sebelum tidur.

Bagian wajah yang berjerawat sebaiknya dibersihkan dengan air secara menyeluruh dan dikeringkan sebelum diolesi oleh adapalene. Akan ada sensasi panas atau hangat setelah penggunaan formulasi krim dari adapalene.

Pada awal-awal penggunaan, jerawat Anda mungkin akan terlihat memburuk, namun jangan hentikan penggunaan, karena efek nyata baru muncul setelah penggunaan dalam waktu yang cukup lama, antara 8-12 minggu.

Dalam dosis apakah Adapalene tersedia?

Adapalene tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

Gel, Topical: 3 mg.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Adapalene?

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Selama 4 minggu pertama dari penggunaan adapalene topical, kulit Anda mungkin terasa kering, merah dan bersisik. Anda juga mungkin merasa perih. Hubungi dokter jika efek samping ini semakin parah. Tetapi, hal tersebut adalah efek samping yang mungkin terjadi pada awal penggunaannya.

Efek samping yang kurang serius mungkin dapat terjadi, seperti perih ringan, hangat, pedas, kesemutan, gatal-gatal, merah atau iritasi. Efek samping seperti ini tidak membutuhkan perawatan medis khusus. Terlebih lagi, kondisi tersebut akan menghilang saat tubuh Anda telah berhasil beradaptasi dengan adapalene.

Namun, jangan ragu untuk selalu berkonsultasi dengan dokter, sebab dokter mungkin dapat membantu Anda mencegah timbulnya efek samping atau bahkan mengurangi efek samping lainnya.

Tidak semua orang mengalami efek samping yang telah disebutkan. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Adapalene?

Sebelum menggunakan Adapalene, pastikan untuk menyampaikan beberapa informasi penting kepada dokter Anda.

  • Beri tahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap adapalene atau obat-obatan lain.
  • Beri tahu dokter dan apoteker apa saja obat-obatan dengan atau tanpa resep, vitamin, suplemen dan produk herbal yang sedang Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan semua produk perawatan kulit, termasuk sabun, pembersih, pelembab dan kosmetik. Banyak produk perawatan yang dapat mengiritasi kulit Anda jika Anda menggunakannya dengan adapalene. Hal ini dapat terjadi terutama jika Anda menggunakan produk yang keras, dapat mengeringkan kulit, atau mengandung alkohol, rempah-rempah, parutan jeruk nipis, sulfur, resorsinol, asam salisilat atau asam alfa hidroksi. Jika Anda pernah menggunakan produk-produk tersebut, dokter mungkin akan meminta Anda untuk menunggu hingga kulit Anda kembali normal sebelum menggunakan adapalene.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang atau pernah memiliki eksim atau kanker.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, berencana hamil, atau sedang menyusui. Jika Anda hamil saat menggunakan adapalene, hubungi dokter.
  • Hindari paparan sinar matahari asli dan buatan dan gunakan pakaian pelindung, kacamata hitam dan tabir surya dengan SPF 15 ke atas, terutama jika Anda mudah terkena sunburn. Hindari juga paparan dingin atau angin yang berkepanjangan. adapalene dapat menyebabkan kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari atau cuaca yang ekstrim.
  • Jangan gunakan lilin panas untuk mencabut rambut selama pengobatan dengan adapalene.

Apakah Adapalene aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA), sebab percobaan pada hewan menunjukkan bahwa obat ini memberikan efek samping pada bayi hewan tersebut. Belum ditemukan penanganan yang sesuai untuk penggunaannya pada bayi dan balita, oleh sebab itu, adapalene mungkin berisiko bagi ibu dan bayinya.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA:

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C= Mungkin berisiko,
  •      D= Ada bukti positif dari risiko,
  •      X= Kontraindikasi,
  •      N= Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Adapalene?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Adapalene dapat berinteraksi dengan 14 jenis obat, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • ammoniated mercury / salicylic acid topical (Emersal)
  • benzoic acid / salicylic acid topical (Whitfields Ointment)
  • benzoyl peroxide / salicylic acid topical (Cleanse & Treat, Inova 8/2, Cleanse & Treat Plus, BeyondClear, Inova 4/1)
  • coal tar / lactic acid / salicylic acid topical (SLT)
  • coal tar / salicylic acid topical (X-Seb T Pearl, X-Seb T Plus)
  • coal tar / salicylic acid / sulfur topical (Pazol XS, Sebutone, Ala Seb T)
  • doxycycline / salicylic acid topical (Avidoxy DK)
  • hydrocortisone / salicylic acid / sulfur topical (Scalacort DK, Coraz)
  • isotretinoin (Accutane, Claravis, Myorisan, Absorica, Amnesteem, Zenatane, Sotret)
  • pyrithione zinc / salicylic acid topical (X-Seb Plus)
  • salicylic acid topical (Compound W, Duofilm, Dermarest Psoriasis Skin Treatment, dan masih banyak lagi)
  • salicylic acid / sodium thiosulfate topical (Versiclear, Exoderm)
  • salicylic acid / sulfur topical (Sebex, SAStid, Fostex Medicated Cleansing Cream, Sebulex Shampoo and Conditioner, Sebulex Shampoo, Pernox Lotion, Pernox Regular, Pernox Lemon, Fostex Medicated Cleaning Bar, Sastid Soap, Meted, Sebulex, Pernox Scrub Cleanser, Pernox, Fostex Medicated, Ala Seb)
  • Salicylic acid / urea topical (Kerasal, Carb-O-Sal5, Salvax Duo Plus, Salvax Duo)

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Adapalene?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Adapalene?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Eksim. Penggunaan obat ini dapat menyebabkan iritasi serius pada kulit penderita eksim. Oleh sebab itu, tidak sebaiknya jika adapalene digunakan oleh penderita eksim.
  • Seborrheic dermatitis – Penggunaan obat ini dapat menyebabkan atau meningkatkan iritasi yang terkait dengan eksim atau seborrheic dermatitis

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Juni 17, 2019 | Terakhir Diedit: Juni 17, 2019

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan