6 Makanan Terbaik untuk Pria Usia 50 Tahun ke Atas

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Semakin tua, seseorang akan semakin berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan serius seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes, dan juga kanker. Namun, ancaman kesehatan ini dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dari makanan. Menurut  penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association, mempraktikkan diet sehat membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang. Oleh karena itu, demi kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik, berikut berbagai makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk pria usia 50 tahun ke atas.

Makanan yang dianjurkan untuk pria usia 50 tahun ke atas

1. Beri-berian

jenis buah beri

Buah beri seperti blackberry, blueberry, dan raspberry termasuk jenis buah yang kaya akan antioksidan dan sangat baik dikonsumsi oleh pria usia 50 tahun ke atas. Kandungan antioksidan di dalamnya sangat baik untuk mengurangi risiko kanker. Dikutip dari Everyday Health, penelitian menunjukkan bahwa sifat antikanker pada blueberry mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, penelitian yang dilakukan di Medical College of Wisconsin Cancer Center di Milwaukee menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi raspberry hitam dan stroberi juga mengalami perlambatan perkembangan kanker esofagus sebesar 30 hingga 70 persen dan kanker usus besar sebesar 80 persen. Cara terbaik mengonsumsinya ialah dengan memakannya langsung dalam keadaan segar atau ditambahkan pada salad dan yoghurt.

2. Jamur

manfaat jamur dan risikonya bagi kesehatan

Jamur termasuk salah satu makanan untuk pria usia 50 tahun ke atas yang baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet.

Menurut Leslie Bonci, RDN, kepala prodi nutrisi olahraga di University of Pittsburgh Medical Center’s Sports Medicine Center menyatakan bahwa jamur hanya memiliki 20 kalori per cangkirnya. Selain itu, jamur juga mengandung kalium yang membantu mengimbangi efek natrium dan menurunkan tekanan darah.

3. Telur

cara memasak telur

Saat pria mulai menua, massa ototnya akan menurun. Biasanya, massa otot akan menurun secara signifikan setelah seseorang berusia 50 tahun. Oleh karena itu, penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Community Nursing menyarankan orang-orang yang lebih tua untuk meningkatkan asupan proteinnya.

Salah satu sumber protein terbaik yang disarankan yaitu telur. Selain mengandung protein, telur juga mengandung lutein yang dapat mengurangi risiko seseorang terkena degenerasi makula akibat penuaan.

Selain itu, usahakan untuk makan lebih sering dalam porsi kecil untuk membantu menyehatkan otot dan mencegah sarkopenia. Sarkopenia adalah kondisi dimana massa otot perlahan menghilang seiring dengan pertambahan usia.

4. Alpukat

manfaat alpukat

Tekanan darah dan kolesterol tinggi sangat umum terjadi pada pria usia 50 tahun ke atas. Kedua hal ini menjadi faktor risiko utama penyakit jantung yang masih menjadi penyakit pembunuh yang perlu diwaspadai.

Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi makanan yang membantu menjaga kadar kolesterol. Alpukat termasuk salah satu makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol tetap rendah.

Selain itu, lemak tak jenuh yang terdapat di dalam alpukat juga membantu mengoptimalkan hormon insulin dan mengendalikan kadar gula darah.

5. Kacang-kacangan

jenis kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein, magnesium, kalium, dan serangkaian vitamin serta mineral lainnya. Kacang-kacangan termasuk makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung karena mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dan trigliserida.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan di Archives of Internal Medicine menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin setiap hari selama tiga bulan juga memiliki tekanan darah dan gula darah yang lebih rendah.

Anda juga akan mendapatkan berat badan yang ideal karena kacang-kacangan mengandung serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama tanpa perlu mengonsumsi kalori berlebih.

6. Kefir

susu kefir

Memiliki sistem pencernaan yang sehat menjadi kunci kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, kondisi usus yang sehat menunjang sistem kekebalan tubuh yang kuat, bagaimana tubuh menyerap nutrisi, dan bagaimana tubuh mengatur suasana hati.

Untuk itu, bagi pria berusia di atas 50 tahun ke atas, disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang membantu perkembangan bakteri baik di dalam usus, salah satunya kefir.

Kefir adalah susu fermentasi yang mengandung prebiotik dan probiotik yang membantu menjaga keberlangsungan hidup bakteri baik di usus.

Dengan mengonsumsi kefir, Anda membantu tubuh mencegah masalah pencernaan di kemudian hari. Pasalnya para ahli juga menemukan fakta bahwa kefir membantu mengurangi peradangan pada usus tikus dan mengurangi kadar gula darah pada pasien diabetes.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Tiba-Tiba Susah Kentut? Tak Perlu Pusing, Begini Cara Mengatasinya

Pernah merasakan tidak bisa kentut? Tentu rasanya sangat mengganggu dan membuat perut terasa sakit. Tenang, atasi masalah susah kentut dengan cara alami ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Cara Jitu untuk Mengusir Semut Bandel di Rumah

Setiap rumah pasti ada semutnya. Apalagi rumah yang kotor. Jangan panik dulu, air lemon ternyata bisa jadi cara mengusir semut di rumah yang terjamin ampuh.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Ragam Makanan dengan Kandungan Bakteri yang Baik untuk Usus

Tubuh kita membutuhkan bakteri dalam usus untuk menjaga fungsinya. Cari tahu makanan yang baik untuk usus dalam artikel berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan Pencernaan 25 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Tak Hanya Lemak, Kebanyakan Makan Garam Juga Bikin Tubuh Gemuk

Makanan berlemak selalu dinilai sebagai penyebab kenaikan berat badan. Eits, jangan salah, kebanyakan makan garam juga bisa membuat Anda lebih cepat gemuk.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Obesitas, Nutrisi 25 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gula darah turun

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
ciri dan gejala infeksi parasit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit
tidak enak badan

6 Cara Mengurangi Rasa Tidak Enak Badan saat Demam

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
makan makanan yang sama

Sehatkah Kalau Makan Makanan yang Sama Terus Setiap Hari?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit