Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Singing Bowl Ampuh Membuat Tubuh Rileks, Benarkah Manfaatnya?

Singing Bowl Ampuh Membuat Tubuh Rileks, Benarkah Manfaatnya?

Saat mengikuti kelas yoga atau meditasi, terkadang instruktur membunyikan sebuah mangkuk logam yang mengeluarkan suara menenangkan. Nah, benda yang bernama singing bowl ini dipercaya punya beragam manfaat bagi kesehatan. Benarkah itu?

Apa itu singing bowl?

Singing bowl adalah sejenis lonceng berbentuk mangkuk logam yang menghasilkan nada yang mampu memberikan efek relaksasi saat dimainkan.

Mangkuk tradisional ini umumnya terbuat dari material logam, misalnya besi, timah, tembaga, perak, dan emas. Namun, beberapa di antaranya juga terbuat dari batu kristal.

Alat untuk meditasi ini dipercaya berasal dari daratan Tibet sehingga beberapa kalangan juga menamainya sebagai Tibetan singing bowl.

Dikutip dari Verywell Mind, kepopuleran singing bowl makin meningkat sejak negara-negara Barat memperkenalkannya sebagai terapi komplementer pada tahun 1990-an.

Akan tetapi, manfaatnya untuk kesehatan mental maupun mengobati berbagai penyakit masih jadi perdebatan karena masih cukup terbatas penelitian ilmiah yang membahasnya.

Bagaimana cara menggunakan singing bowl?

cara menggunakan singing bowl

Terapi bisa Anda lakukan dengan berbaring di lantasi dan menempatkan mangkuk di sekitar tubuh, pada beberapa titik tubuh, atau di sekitar ruangan.

Untuk membunyikannya, sebuah palu kayu (mallet) akan dipukul atau diputar mengelilingi bibir mangkuk logam untuk menghasilkan getaran hingga bersuara.

Sejumlah teori menyebutkan gelombang suara dari mangkuk ini berpengaruh pada gelombang otak sehingga membuat tubuh Anda lebih rileks.

Sebagian kalangan juga menyamakan pemakaian mangkuk logam ini dengan terapi musik yang bisa menurunkan kadar kortisol atau hormon stres pada tubuh.

Penurunan hormon stres bisa membuat Anda rileks sehingga bermanfaat bagi kesehatan fisik maupun mental.

Beragam manfaat singing bowl

meditasi untuk adhd

Hingga saat ini, masih belum jelas bagaimana mekanisme singing bowl dalam meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran seseorang.

Terlepas dari hal tersebut, beberapa peneliti telah melakukan pengujian untuk mencari tahu apakah terapi suara dengan mangkuk logam ini bermanfaat atau tidak.

Berikut merupakan sejumlah manfaat alat meditasi ini, baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

1. Mengurangi stres dan depresi

Sebuah penelitian dalam Journal of Evidence-Based Complementary & Alternative Medicine (2016) menunjukkan terapi singing bowl cukup ampuh dalam memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Tubuh yang lebih rileks pada akhirnya mampu meningkatkan suasana hati sehingga akan membantu mengurangi stres dan depresi.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Penurunan stres dan kecemasan pada orang yang menjalani meditasi dengan mangkuk logam juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Hal ini juga membantu mencegah masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), penyakit jantung, dan diabetes yang disebabkan oleh pola tidur yang buruk.

3. Menyehatkan jantung dan paru-paru

Manfaat singing bowl juga bisa Anda rasakan untuk kesehatan jantung dan paru-paru, terutama dalam memperbaiki tekanan darah, detak jantung, dan laju pernapasan.

Sebuah studi dalam American Journal of Health Promotion (2014) menunjukkan terapi selama 12 menit mampu menurunkan tekanan darah sistolik dan detak jantung dari partisipan.

Terapi yang juga melibatkan meditasi dan latihan pernapasan juga membuat kerja paru-paru makin membaik.

Ringkasan


Singing bowl adalah sebuah lonceng berbentuk mangkuk logam yang menghasilkan nada dan memberikan efek relaksasi pada tubuh. Alat bantu meditasi ini dipercaya memiliki beragam manfaat, misalnya membantu mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, hingga menurunkan tekanan darah tinggi.

Adakah risiko efek samping yang perlu diperhatikan?

Meski terbilang cukup aman, penggunaan singing bowl sebaiknya dihindari oleh beberapa orang yang memiliki kondisi seperti berikut ini.

  • Orang yang rentan terkena sakit kepala akibat terlalu sering atau terlalu dekat dengan suara atau getaran yang dihasilkan.
  • Orang yang alergi logam tertentu harus menghindari kontak antara kulit dengan mangkuk logam.
  • Pengidap epilepsi mungkin mengalami kejang akibat suara dan getaran yang dihasilkan, tapi kasusnya jarang terjadi.
  • Wanita hamil karena efek dari suara dan getaran pada janin belum diketahui, terutama bila ditempatkan langsung pada tubuh.

Singing bowl pada dasarnya mampu membuat tubuh Anda lebih rileks. Hal ini bisa mengurangi stres dan kecemasan, bahkan menurunkan tekanan darah pada sebagian orang. Meski begitu, terapi ini tidak dapat menggantikan terapi medis untuk mengobati kondisi Anda.

Jika mengalami gejala atau didiagnosis terhadap kondisi tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda untuk memperoleh perawatan yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

About Music Therapy and AMTA. American Music Therapy Association (AMTA). (2022). Retrieved 13 May 2022, from https://www.musictherapy.org/about/

Stanhope, J., & Weinstein, P. (2020). The human health effects of singing bowls: A systematic review. Complementary therapies in medicine, 51, 102412. https://doi.org/10.1016/j.ctim.2020.102412

Goldsby, T., Goldsby, M., McWalters, M., & Mills, P. (2016). Effects of Singing Bowl Sound Meditation on Mood, Tension, and Well-being: An Observational Study. Journal Of Evidence-Based Complementary & Alternative Medicine, 22(3), 401-406. https://doi.org/10.1177/2156587216668109

Landry, J. (2014). Physiological and Psychological Effects of a Himalayan Singing Bowl in Meditation Practice: A Quantitative Analysis. American Journal Of Health Promotion, 28(5), 306-309. https://doi.org/10.4278/ajhp.121031-arb-528

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 2 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa