5 Tanda Anda Terjebak Dalam Hubungan Asmara yang Tak Sehat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 18 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kisah asmara Anda mengalami masalah? Tidak perlu khawatir, semua orang pasti mengalaminya. Akan tetapi, jika terjadi beberapa hal yang menyebabkan siklus hubungan Anda menjadi tidak sehat dan sudah sepatutnya untuk diwaspadai.

Pertama-tama mungkin Anda akan menyangkal bahwa hubungan yang Anda sedang jalani tidaklah sehat. Nah, maka itu pahami dulu apa saja tanda dari hubungan yang tidak sehat berikut ini. 

Tanda hubungan yang tidak sehat

Terjebak di dalam sebuah hubungan yang tidak membahagiakan tentu bikin hidup penuh dengan kecemasan dan tekanan. Bahkan bisa memengaruhi tingkat kepercayaan diri dan dapat berdampak pada kesehatan psikologis Anda. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut mari dilihat lagi apa saja ya ciri-ciri hubungan tidak sehat.

1. Merasa tidak dapat melakukan apapun

manfaat air mata saat berduka

Selama menjalani hubungan dengan pasangan, Anda merasa bahwa apapun yang Anda lakukan tidak pernah cukup di mata pasangan. Hal tersebut ternyata bisa memunculkan perasaan kalau Anda tidak bisa melakukan apapun dengan benar dan kepercayaan diri pun berkurang.

Misalnya, Anda berubah menjadi pribadi yang terlalu waspada, terlalu memperhatikan gerak-gerik Anda sendiri, apakah ini sudah benar atau belum. Jika Anda melakukan kesalahan sedikit saja, pasangan Anda langsung mengkritik dan menyalahkan Anda.

Nah, hubungan ini sudah tidak sehat karena Anda terus menerus mencoba memenuhi keinginan pasangan, meskipun hal tersebut tidak baik untuk Anda.

2. Tidak menjadi diri sendiri

sedih

Nah, berlanjut dari poin di atas, karena dinilai selalu salah, Anda pun merasa harus mengubah diri sendiri menjadi orang lain. Misalnya, Anda tidak pernah bisa mengungkapkan pendapat pribadi atau bahkan jarang tertawa ketika berada di dekat pasangan Anda.

Anda terus berusaha untuk menjadi versi yang diinginkan oleh pasangan. Walaupun memang bertujuan untuk mengubah sosok diri menjadi lebih baik, pikirkan lagi apakah memang ini yang Anda mau dari diri Anda?

3. Emosi terkuras

sering kelelahan

Hari demi hari emosi Anda mulai tidak stabil dan sering merasa cepat lelah karena terlalu banyak pikiran. Hal tersebut dikarenakan secara psikologis Anda merasa tertekan dengan diri Anda sendiri yang harus diubah demi pasangan. Nah, untuk mengetahui apakah memang hubungan ini menguras emosi dan tenaga Anda, ini dia beberapa tanda-tandanya.

  • Tidak dapat berhenti memikirkan pasangan
  • Sering merasa lelah
  • Tidak sabar untuk menghabiskan waktu sendiri
  • Merasa pasangan terlalu banyak tanya

Nah, keempat hal tersebut tentu dapat membuat Anda cepat lelah dan mudah stres. Tidak ingin kan menjalani hubungan yang hanya menambah beban di pikiran Anda?

4. Menjaga nama baik pasangan

manusia bersosialisasi

Biasanya, orang yang berada di dalam hubungan tidak sehat, keluarga dan teman-temannya mengetahui hal tersebut. Oleh karena itu, agar tidak mendapatkan respon negatif seputar pasangan, Anda memilih untuk hidup dalam penyangkalan.

Misalnya, memberitahu teman dan keluarga bahwa pasangan Anda akan berubah dan memperlakukan dengan baik. Anda memilih untuk hidup di dalam penyangkalan ketimbang menerima bahwa kenyataannya tidak seperti itu.

Penyangkalan dapat memberikan efek buruk kepada emosi Anda. Konsekuensi yang bisa didapatkan dapat berefek panjang dan akan memperdalam luka Anda.

5. Tidak mempercayai pasangan

mitos tentang perselingkuhan

Kunci utama dari hubungan yang langgeng adalah kepercayaan. Jika Anda tidak mempercayai pasangan Anda sendiri, tentu patut dipertanyakan, apakah ini adalah sebuah hubungan pantas dilanjutkan?

Salah satu ciri hubungan yang tidak sehat adalah tidak adanya kepercayaan yang ditanam di dalam hubungan tersebut. 

Oleh karena itu, sulit untuk bertahan dalam hubungan yang tidak memiliki kepercayaan sedikit pun. Hal tersebut dapat menimbulkan perasaan khawatir dan selalu bertanya-tanya apakah ada yang tidak beres.

Intinya, jika Anda sudah tidak percaya lagi dengan pasangan Anda, pertimbangkan kembali, apakah hubungan ini pantas untuk dijalani lebih lama lagi?

Haruskah hubungan ini berakhir?

Siklus hubungan yang tidak sehat pada akhirnya akan berakhir dengan kekecewaan. Akan tetapi, jika Anda berhasil melepaskan diri dari jeratan ini, tentu saja beban yang selama ini ada di pundak perlahan menghilang. Janganlah menyangkal bahwa Anda berada di dalam hubungan yang tidak sehat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

‘Bucin’ Alias Budak Cinta, Fenomena Ketika Cinta Menjadi Candu

Fenomena bucin alias budak cinta kini marak dibicarakan sebagai orang yang terlalu sayang dengan pasangannya. Begini penjelasan dari sisi psikologis.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 24 Juni 2020 . Waktu baca 7 menit

7 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Berjalan Terlalu Cepat

Hubungan asmara yang berjalan terlalu cepat malah bisa berubah menjadi tidak sehat. Ini tanda-tandanya yang perlu Anda kenali.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 27 April 2020 . Waktu baca 5 menit

Mengenal Istilah ‘Demam Panggung’ dan Cara Menghadapinya

Pernahkah Anda merasa cemas sampai 'lupa' saat tampil di depan orang banyak? Jika iya, bisa jadi Anda mengalami demam panggung. Apa itu?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Mental, Gangguan Kecemasan 10 Maret 2020 . Waktu baca 6 menit

3 Dampak Merugikan yang Muncul Saat Anda Benci Kepada Diri Sendiri

Perasaan benci kepada diri sendiri tentu akan menimbulkan berbagai dampak yang bisa merusak kualitas hidup Anda. Apa saja dampak tersebut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 11 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

membangun kepercayaan diri

7 Siasat Ini Bisa Jadi Senjata Anda untuk Membangun Kepercayaan Diri

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Dampak Buruk Gaslighting dalam Hubungan Asmara

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 3 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
KDRT konflik rumah tangga

Alasan Psikologis Mengapa Korban KDRT Susah Lepas dari Jeratan Pasangan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 22 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
melatih otak agar percaya diri

3 Cara Melatih Otak Supaya Lebih Percaya Diri

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Dipublikasikan tanggal: 20 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit