Definisi

Apa itu kateterisasi jantung?

Kateterisasi jantung adalah tes untuk memeriksa jantung Anda. Tes ini menggunakan pipa tipis fleksibel disebut kateter yang dimasukkan ke dalam jantung melalui pembuluh darah. Tes ini dapat termasuk angiografi koroner, yang memeriksa arteri koroner. Kateterisasi jantung dapat memeriksa aliran darah dalam arteri koroner, memeriksa aliran dan tekanan darah dalam rongga jantung, mencari tahu seberapa baik kerja katup jantung, dan memeriksa kerusakan pada pergerakan dinding jantung. Pada anak-anak, tes ini digunakan untuk memeriksa masalah jantung yang telah ada sejak lahir (kerusakan jantung bawaan). Angiogram koroner digunakan untuk mencari tahu bila Anda memiliki penyakit pada arteri koroner Anda (atherosklerosis). Bila Anda memiliki atherosklerosis, tes ini dapat menunjukkan ukuran dan lokasi deposit lemak dan kalsium (plaque) yang menyempit pada arteri koroner Anda.

Percutaneous coronary intervention (PCI) mirip dengan angiogram koroner, tetapi ini digunakan untuk membuka penyempitan koroner arteri dengan alat khusus. PCI mencakup:

  • angioplasti dengan atau tanpa coronary stents
  • atherectomy

Hasil dari angiogram koroner membantu menentukan pengambilan keputusan pengobatan dengan obat-obatan, operasi bypass, atau Percutaneous coronary intervention (PCI), seperti angioplasti, mungkin bisa efektif.

Kapan saya harus menjalani kateterisasi jantung?

Kateterisasi jantung dilakukan untuk melihat apakah terdapat masalah pada jantung, atau sebagai bagian dari prosedur untuk memeriksa masalah jantung yang dokter Anda sudah ketahui.

Bila Anda menjalankan kateterisasi jantung sebagai tes untuk penyakit jantung, dokter Anda dapat:

  • mengetahui lokasi penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah pada diri Anda yang mengakibatkan nyeri dada (angiogram)
  • mengukur tekanan dan kadar oksigen pada bagian berbeda di jantung Anda (penilaian hemodinamis)
  • memeriksa fungsi pompa jantung Anda (kanan atau kiri ventrikulogram)
  • mengambil sampel jaringan dari jantung Anda (biopsi)
  • mendiagnosis cacat jantung dari lahir (cacat jantung bawaan)
  • memeriksa bila terjadi masalah dengan katup jantung Anda

Kateterisasi jantung juga digunakan sebagai bagian dari beberapa prosedur untuk mengobati penyakit jantung. Prosedur ini mencakup:

  • angioplasti dengan atau tanpa penempatan stent
  • penutupan lubang pada jantung dan memperbaiki cacat bawaan lahir lainnya
  • memperbaiki atau mengganti katup jantung
  • balon valvuloplasty
  • pengobatan jantung arrhythmia (ablasi)
  • menutup bagian jantung Anda untuk mencegah pembekuan darah

Pencegahan & peringatan

Apa yang harus saya ketahui sebelum menjalani kateterisasi jantung?

Tes ini biasanya tidak dilakukan kepada orang-orang yang memiliki reaksi alergi parah terhadap bahan kontras, gagal jantung, gangguan detak jantung yang membahayakan nyawa, atau penyakit ginjal parah.

Kateterisasi jantung tidak dilakukan pada masa kehamilan karena sinar radiasi dapat membahayakan perkembangan janin. Tetapi pada situasi kritis, prosedur ini mungkin diperlukan untuk menyelamatkan nyawa ibu hamil. Pada kasus ini, janin akan dilindungi sebaik mungkin dari paparan sinar radiasi.

Proses

Apa yang harus saya lakukan sebelum menjalani kateterisasi jantung?

Anda sebaiknya meminta instruksi dari rumah sakit setempat untuk mengetahui apa yang perlu Anda lakukan. Instruksi tersebut mungkin akan meliputi:

  • jika Anda menggunakan warfarin atau obat ‘pengencer darah’ (anticoagulant) Anda akan diminta untuk menghentikan penggunaan selama 2-3 hari sebelum pemeriksaan. (Ini untuk mencegah perdarahan berlebih selama katerer dimasukkan)
  • jika Anda menggunakan insulin atau obat untuk diabetes, Anda mungkin akan perlu mengubah waktu penggunaan obat ini. Beberapa obat perlu dihentikan penggunaannya selama 48 jam. Dokter Anda akan mengklarifikasikannya kepada Anda
  • jika Anda sedang hamil, beri tahu dokter yang akan melakukan pemeriksaan ini
  • Anda mungkin akan diminta untuk berhenti makan dan minum selama beberapa jam sebelum tes
  • Anda mungkin akan diminta untuk mencukur bagian selangkangan sebelum pemeriksaan.

Bagaimana proses kateterisasi jantung?

Selama prosedur, Anda akan berada pada posisi telentang dan sadar. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengikuti instruksi dokter selama prosedur. Anda akan diberikan obat untuk membantu Anda tenang, yang dapat membuat Anda merasa mengantuk.

Dokter Anda akan membius bagian lengan, selangkangan (paha bagian atas), atau leher tempat di mana katerer akan masuk melalui pembuluh darah. Kemudian, jarum suntik akan diperlukan untuk membuat lubang kecil pada pembuluh darah. Dokter Anda akan meletakkan pipa runcing yang disebut sheath melalui lubang tersebut.

Selanjutnya, dokter Anda akan memasukkan kabel tipis fleksibel melalui sheath ke dalam pembuluh darah Anda. Dokter akan memasukkan benang kabel melalui pembuluh darah ke jantung Anda. Dokter Anda akan menggunakan pemandu kabel untuk menempatkan katerer dengan tepat. Dokter akan memasukkan katerer melalui sheath dan membiarkannya melewati panduan kabel dan masuk ke dalam koroner arteri.

Video spesial sinar-X akan diambil dari kabel panduan dan katerer saat mereka bergerak ke dalam jantung. Video ini akan membantu dokter untuk mengetahui di mana katerer harus diletakkan. Ketika katerer berada pada tempat yang tepat, dokter Anda akan menggunakannya untuk melakukan tes atau pengobatan pada jantung Anda. Sebagai contoh, dokter Anda mungkin akan melakukan angioplasti atau stenting.

Katerer akan dikeluarkan dari tempat awal dia dimasukkan. Untuk mencegah perdarahan, bagian tersebut perlu ditutup menggunakan tekanan, jahitan, atau penutup khusus lainnya. Sebagai contoh, jika katerer dimasukkan melalui pergelangan tangan atau selangkangan, maka penekanan kuat akan diterapkan pada bagian tersebut selama 10 menit untuk menghentikan perdarahan. Kemudian akan digantikan dengan pressure dressing pada bagian tersebut. Bila katerer dimasukkan melalui siku, sedikit jahitan akan diperlukan untuk menutup luka tersebut.

Tes ini berlangsung selama 30 menit. Tetapi Anda membutuhkan untuk mempersiapkan diri dan penyembuhan. Total waktu tes ini bisa sampai 6 jam. Lamanya waktu pemeriksaan tidak mengindikasikan seriusnya kondisi Anda.

Apa yang harus saya lakukan setelah menjalani kateterisasi jantung?

Setelah tes selesai, Anda akan diantar ke ruang observasi, dan pada waktu berkala tenaga medis akan memeriksa detak jantung Anda, tekanan darah, serta suhu dan memeriksa bila terjadinya perdarahan pada bagian yang disuntikkan. Denyut nadi, warna, dan suhu pada lengan serta kaki di mana tempat katerer dimasukkan juga akan diperiksa secara berkala. Anda mungkin akan diberikan obat untuk meredakan rasa sakit.

Jika katerer dimasukkan melalui selangkangan, Anda mungkin harus berbaring dengan meluruskan kaki Anda selama beberapa jam (misalnya 1 hingga 4 jam), tergantung pada prosedur yang digunakan dan kondisi medis Anda. Setelah itu, Anda dapat bergerak bebas. Jika katerer dimasukkan melalui lengan, Anda dapat duduk dan bangun dari tempat tidur segera. Tetapi lengan Anda perlu istirahat dan tidak banyak bergerak selama beberapa jam.

Seorang anak yang baru saja melakukan kateterisasi jantung mungkin perlu dipegangi atau diawasi oleh orang tuanya seusai tes untuk mencegah anak menggerakkan kaki atau lengannya. Anda harus banyak minum air selama beberapa jam setelah tes. Hal ini untuk mencegah dehidrasi dan membantu mengeluarkan bahan kontras keluar dari tubuh Anda.

Tergantung dengan hasil tes yang diperoleh, Anda mungkin diizinkan pulang setelah observasi singkat (contohnya 6 jam) atau pada keesokan hari. Bila jahitan terletak pada lengan Anda, maka jahitan dapat dilepas dalam waktu 5 sampai 7 hari. Jangan melakukan olahraga serta mengangkat barang yang berat hingga dokter memperbolehkan. Ini mungkin hanya berlangsung selama satu atau dua hari.

Jika Anda sedang menyusui dan melakukan tes angiogram di mana pewarna disuntikkan ke dalam tubuh Anda, maka jangan memberikan ASI kepada bayi selama 2 hari setelah tes ini. Selama periode waktu ini, Anda bisa memberikan bayi Anda ASI yang telah Anda simpan sebelumnya, atau Anda bisa memberikan susu formula pada bayi Anda. Buang ASI yang telah Anda pompa selama 2 hari setelah tes.

Apabila Anda memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan proses tes ini, konsultasikanlah kepada dokter Anda untuk pemahaman yang lebih baik.

Penjelasan dari Hasil Tes

Apa arti hasil tes yang saya dapat?

Hasil tes akan ditinjau oleh kardiologis dan akan tersedia setelah selesainya prosedur. Dokter akan membicarakannya dengan Anda segera terkait beberapa hasil tes setelah tes selesai dilakukan.

Hasil akan mencakup apakah:

  • arteri koroner normal atau mengalami penyempitan atau penyumbatan
  • kerja pompa jantung (fraksi ejeksi) dan tekanan dalam rongga jantung serta pembuluh darah normal
  • katup jantung bekerja dengan normal

Banyak kondisi yang dapat mempengaruhi hasil dari kateterisasi jantung. Dokter akan mendiskusikan dengan Anda bila terdapat hasil yang tidak normal terkait dengan gejala atau riwayat kesehatan Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca